Pengertian Biaya Peluang serta Fungsi, Ciri, Jenis dan Contoh Sederhananya

Posted on

Seputar pengertian biaya peluang dilengkapi fungsi, ciri-ciri, jenis, dan contoh sederhananya dalam kehidupan kita – Istilah biaya peluang atau Opportunity Cost mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi nyatanya kegiatannya sering di lakukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu mari kita memahaminya bersama-sama.

A. Apa itu Biaya Peluang ?

Yang dimaksud Opportunity Cost atau pengertian biaya peluang adalah keuntungan atau manfaat yang bisa diterima jika memilih suatu pilihan daripada pilihan yang lain. Jadi manfaat yang bisa di dapatkan karena memilih pilihan yang dianggap potensial dari pada pilihan lain, misalnya ada opsi A, B dan C, lalu memilih opsi A karena dianggap berpotensial mendapatkan keuntungan.

Dengan memilih suatu opsi maka seseorang atau pembisnis akan kehilangan opsi lainnya, jadi biaya peluang bukanlah biaya berbentuk fisik. Biaya peluang tidak dapat dihitung secara pasti, setiap pembisnis dapat memperkirakan keuntungan yang di dapatkan karena memilih suatu opsi altenatif. Hal ini tetunya merupakan faktor yang dibutuhkan terutama dalam manajemen proyek dan manajemen strategi bisnis meskipun hingga saat ini belum ada cara yang di tetapkan untuk menghitung biaya peluang.

pengertian biaya peluang
gambar: pxhere.com

Biaya peluang juga bukanlah biaya yang bisa di masukan ke dalam laporan keuangan, tapi digunakan untuk membuat keputusan yang dianggap paling tepat, dengan memberikan banyak pilihan opsi lalu mengambil satu opsi dan meninggalkan opsi lainnya.

B. Fungsi Biaya Peluang Dalam Bisnis

1. Untuk Mengambil Keputusan

Biaya peluang berguna untuk membantu menilai sesuatu tidak dalam bentuk uang saja, tapi dengan mengambil keputusan tertentu yang tepat dan nantinya berkaitan dengan banyak hal. Sehingga apa yang dipilih bisa menghasilkan keputusan yang tepat dan mendapatkan banyak keuntungan yang di harapkan.

2. Perbandingan

Dalam memilih opsi tentunya setiap orang akan melakukan perbandingan, dengan begitu dapat membantu sesorang membandingkan pilihan satu dengan lainnya dalam permasalahan ekonomi maupun bisnisnya.

3. Mempermudah dalam memecahkan suatu pilihan ekonomi

Dengan mempertimbangkan suatu pilihan atau opsi yang berkaitan dengan ekonomi tentunya akan berdampak pada perekonomian individu atau perusahaan baik itu jangka pendek atau jangka panjang sesuai dengan kondisinya.

4. Membantu menghitung biaya Modal

Dengan mempertimbangkan pilihan biaya peluang maka seorang pembisnis dapat menebak-nebak modal yang diperlukan untuk memulai bisnisnya, serta dapat membantu dalam perencanaan bisnisnya juga.

5. Menentukan Pilihan Prioritas

Fungsi biaya peluang selanjutnya membuat seseorang dapat mempertimbangkan hal yang harus di dahulukan sehingga terhindar dari pilihan yang kurang tepat.

C. Ciri-Ciri Biaya Peluang

1. Tidak selalu berkaitan dengan Uang

Biaya peluang tidak selalu berkaitan dengan keuntungan fisik seperti uang, tapi bisa juga berkaitan dengan waktu, keuntungan untuk masa depan, kebahagiaan, dan keuntungan lainnya.

2. Keputusannya tergantung tujuan

Keputusan biaya peluang tergantung dari kondisi dan tujuan setiap orang maupun perusahaan, karena opsi yang diambil harus disesuaikan dengan kondisi serta tujuan yang di inginkan. Tujuannya tidak selalu berkaitan dengan uang bisa saja dengan hal lain seperti waktu, kelancaran operasional, dll.

3. Berkaitan denga kebutuhan sekunder

Sebagaian besar biaya peluang biasanya selalu berkaitan dengan kebutuhan sekunder atau kebutuhan yang paling di utamakan yang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap perusahaan atau keadaan sesorang.

Baca Juga: Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Dan Contohnya

Baca Juga: Pengertian Motif Ekonomi Dan Macam-Macamnya

D. Jenis-Jenis Biaya Peluang

1. Biaya peluang Implisit

Merupakan jenis biaya peluang yang tidak memiliki wujud sehingga tidak mudah di hitung, misalnya seperti waktu yang digunakan untuk bekerja atau waktu operasional perusahaan, jika di tambah apakah akan meningkatkan produksivitas perusahaan sehingga keuntungan meningkat atau hanya menghamburkan waktu maupun biaya.

2. Biaya peluang Eksplisit

Padaumunya berkaitan dengan biaya yang memiliki wujud dan mudah di hitung, misalnya jika perusahaan ingin menupgare komputer karyawannya dengan biaya 10 juta maka biaya eksplisitnya apa yang bisa dilakukan perusahaan dengan biaya 10 juta selain menupgrade komputer untuk karyawannya.

E. Contoh Biaya Peluang Yang Sederhana

1. Contoh Pertama

Sebuah perusahaan memiliki gudang yang tidak terpakai sebagai aset. Perusahaan tersebut memiliki pilihan bisa menyewakan gudang itu kepada perusahaan lain atau bisa menggunakannya sebagai warehouse tambahan. Jika di sewakan perusahaan akan mendapatkan keuntungan berupa uang sewa tapi perusahaan akan kehilangan peluang untuk menggunakan gudang tersebut jika suatu saat dibutuhkan.

2. Contoh Kedua

Jika kamu memiliki uang 15 juta kamu memiliki pilihan membeli handphone baru kelas atas atau membeli komputer dengan spek tinggi. Jika kamu memilih untuk membeli handphone kamu akan kehilangan kesempatan untuk membeli komputer, begitu juga sebaliknya. Disinilah pentingnya mempertimbangkan pilihan yang dianggap paling penting.

3. Contoh Ke Tiga

Kamu memiliki dua pilihan dalam bekerja, yaitu kerja jauh dengan gaji lumayan tinggi tapi kamu tidak bisa dekat dengan keluarga Atau kamu kerja dekat dengan gaji yang rendah tapi selalu dekat dengan keluarga. Disini kamu mempertimbangkan dua pilihan memprioritaskan gaji tinggi atau waktu bersama keluarga.

Akhir kata, itulah tulisan yang membahas tentang pengertian biaya peluang beseta manfaatnya yang bisa kita dapatkan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ditemukan kesalahan dalam pembahasannya mohon maaf.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.