Pengertian Afirmasi Adalah: Manfaat dan Contoh Kaliamatnya

Posted on

Mengenal pengertian afirmasi dan 7 manfaatnya jika di terapkan dalam diri kita – Mungkin masih banyak sekali yang tidak mengetahui arti afirmasi. Sebenarnya banyak orang yang sering melakukan atau memprektikannya dalam kehidupan sehari-hari tapi tidak menyedarinya. Oleh sebab itu mari kita bahas definisi afirmasi positif dan beberapa manfaatnya serta contohnya.

A. Apa Pengertian Afirmasi Positif ?

Secara umum afirmasi artinya sebagai bentuk penegasan terhadap sesuatu yang memiliki sifat positif. Atau pengetian afirmasi adalah suatu kalimat penegasan yang dapat menyemangati hidup, peneguhan niat yang dilandasi berfikir positif. Dengan hal positif tersebut dapat menegaskan pada dirikita sehingga sudut pandang pikir menjadi berubah. Sehingga dalam menyikapi kehidupan terutama menyikapi bebagai fenomena yang timbul saat bersosial, sehingga dengan afirmasi pikiran selalu positif.

Karena selalu berfikir positif dapat membantu dan membangun susana yang positif juga, sedangkan sebaliknya jika selalu beranggapan negatif maka dapay menimbulkan suasana yang negatif juga. Afirmasi sendiri tergantung diri sendiri apakah memiliki kemauan untuk mensugesti diri sendiri untuk tetap berfikir positif, tetap tenang, dan mengendalikan diri.

pengertian afirmasi
gambar: pixabay.com

B. 7 Manfaat Afirmasi Positif

1. Mengurangi Energi Negatif dalam Diri

Afirmasi yang positif dapat mengurangi energi negatif dalam pikiran secara perlahan-lahan. Karena afirmasi dapat mengubah cara pandang sesorag mengenai sesuatu sehingga sesuatu dilihat dari sisi positifnya yang dapat dijadikan pengaaman hidup.

2. Menciptakan suasana yang positif

Secara tidak langsung suasana akan menjadi positif terutama dalam hal interaksi dengan orang lain maupun saat mengalami suatu kejadian, selain itu dapat membuat seseorang selalu menghindari hal-hal yang bisa berdampak negatif pada dirinya dan lingkungannya.

3. Membawa Hal Baik Dalam Hidup

Banyak hal baik akan berdatangan jika selalu beranggapan positif, seperti meningkatkan kebahagiaan, meningkatnya rasa bersyukur, dan berkurangnya strees yang ditimbulkan dari aktivitas maupun kejadian yang dialami sehari-hari.

4. Mengurangi Stres dan Pikiran menjadi sehat

Manfaat afirmasi positif selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan pada fikiran terutama bisa menimbulkan sifat selalu optimis, selain itu pikiran yang berpotensi menimbulkan stres pun dapat berkurang karena selalu berfikir positif dan tidak selalu diambil pusing.

5. Menimbukan sifat selalu bersyukur

Salah satu kunci ketenangan hidup adalah dengan selalu bersyukur dengan apapun dalam kehidupan. Afirmasi positif membuat kita akan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, dengan begitu kita tidak akan pernah iri dengan orang lain, dan ketentraman hidup akan di dapatkan.

6. Menjadi Lebih Fokus

Lebih optimis dalam menjalani hidup tentunya akan lebih fokus dalam meraih impian dan tujuan, tentunya hal tersebut harus dilandasi juga dengan rencana-rencana maupun usaha yang pasti. Selain itu jika-pun gagal dalam mencapai tujuan tidak akan kecewa berlebihan karena selalu beranggapan positif dan bahwa segala hal dapat dijadikan pelajaran hidup yang berharga.

7. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Pikiran dan perilaku yang bersifat negatif bisa membuat seseotang menjadi rentan stres, berfikir berlebihan, cemas, hingga susah tidur. Jika kita memiliki afirmasi yang positif tentunya segala hal negatif dapat berkurang sehingga meningkatkan kebahagiaan hidup. Jadi pikiran yang positif dapat mempengaruhi imunitas tubuh kita, sehingga imunitas meningkat.

Baca Juga: Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya

Baca Juga: Pengertian Konsep Diri dan Menurut Para Ahli

D. Kesimpulan Pembahasan

Pengertian afirmasi adalah pernyataan atau penegasan yang bersifat positif yang ditanamkan pada pikiran untuk menentang pikiran negatif. Dalam penerapannya sederhana dengan memilih atau membuat pernyataan positif tanamkan pada fikiran dan alam bahwah sadar serta mengulanginya setiap hari untuk diri sendiri.Afirmasi membutuhkan latihan secara teratur jika ingin menanamkan afirmasi positif dalam jangka panjang dan tahan terhadap cara berfikir.

Kesimpulanya arti Afirmasi yaitu kata atau penegasan yang positif yang di tanamkan dalam fikiran maupun alam bawah sadar sehingga membuat seseorang lebih bersemangat, seperti berbahagaia dalam melakukan pekerjaan dan berfikiran positif dalam menyelesaikan perkejaan maupun permasalahan, contoh kalimat sedrhana yang bisa di tanamkan pada fikiran seperti:

  • Saya akan selalu bersemangat menjalani kehidupan.
  • Saya bersyukur dengan apa yang saya miliki, karena orang lain belum tentu memilikinya.
  • Saya dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik dan sungguh-sungguh.
  • Saya akan menjaga kesehatan, supaya saya sehat selalu.
  • Saya tidak akan ambil pusing apa kata orang lain terhadap saya.

Akhir kata, itulah arti afirmasi positif dan beberapa manfaatnya yang bisa kami jelaskan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat khusunya dalam menambah wawasan, jika ditemukan kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.