Perbedaan Intel dan AMD sebagai Processor Komputer dan Laptop

Posted on

Kamu harus tahu perbedaan Intel dan AMD sebagai brand processor komputer yang ada saat ini di pasaran – Hingga saat ini ada dua macam processor yang dikenal banyak orang dan digunakan oleh banyak komputer yaitu Intel dan AMD. Keduanya merupakan brand perusahaan yang memproduksi processor untuk gadget seperti laptop dan komputer PC. Processor sendiri bisa diartikan sebagai otak dari sebuah komputer yang melakukan pemerosesan data-data.

A. Pengertian Intel dan AMD

AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Devices, Inc. merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang berpusat di Santa Clara, California yang memproduksi dan mengembangkan processor untuk gadget seperti laptop dan komputer PC. Produk AMD sendiri seperti microprocessor, chipset, processor tertanam, processor grafis, workstatsion, dsb.

Sedangkan Intel adalah suatu brand dari Intel Corporation yang didirikan tahun 1968, merupakan perusahaan teknologi asal Amerika yang memproduksi maupun mengembangkan processor untuk laptop dan komputer PC. Intel juga memproduksi kartu jaringan, cipset, dsb.

Dua brand tersebut tentunya memiliki kelebihannya masing-masing sebagai pengembang teknologi processor yang memperoses data pada perangkat komputer, untuk lebih lengkapnya mari kita bahas perbedaanya. Baca Juga: Pengertian Processor Dan Cara Kerjanya

perbedaan intel dan amd
Logo intel dan amd

B. 6 Perbedaan Intel dan AMD

1. Perbandingan Harga Intel dan AMD

Pertama-tama kita bahas harga terlebih dahulu, jika kita lihat di pasaran laptop atau PC yang memiliki processor AMD tergolong lebih murah daripada Intel. Meski AMD lebih murah bukan berarti memiliki kualitas yang tidak bagus, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas jika ingin membeli laptop dengan harga yang murah tapi dengan spek yang lumayan maka carilah yang memiliki processor AMD.

2. Manajemen Suhu

Banyak orang yang mnegatakan bahwa manajemen suhu Intel lebih baik daripada AMD. Hal ini bisa dikatakan tidak sepenuhnya salah, karena terdapat seri-seri AMD yang memiliki manajemen suhu yang kurang baik, jadi Intel lebih diunggulkan dalam urusan manajmen suhu. Tapi seiring perkembangannya sejak seri Rayzen AMD manajeman suhunya sudah semakin membaik.

3. Kecepatan Pemerosesan

Kalau masalah kecepatan kedua brand tersebut sama-sama cepat, meski menurut sebagian orang berpendapat bahwa Intel lebih cepat, hal ini tergantung seri yang digunakan, kalau menggunakan versi terbaru sama saja tidak jauh berbeda.

4. Ketahanan Grafis Saat Bermain Game

Dari segi grafis, dari dulu bisa dikatakan AMD lebih unggul dibandungkan intel. Jika dibandingkan dengan seri yang sepadan kekuatan processor AMD akan terasa lebih baik daripada Intel terutama saat bermain game, AMD mampu bertahan dalam grafis game yang stabil walau suhunya meningkat. Selain itu kartu grafis yang diproduksi AMD juga terkenal akan keunggulan visualnya yang lebih baik, jadi Hal ini juga yang menjadikan AMD lebih baik dari segi grafis game. Tapi bukan berarti Intel tidak bagus, cuma jika ingin yang mempuni harus versi terbaru atau lebih canggih dan harganya jauh lebih mahal. Baca Juga: Pengertian Game Online serta Jenis, Grafis, dan Cara Bayarnya

5. Multimedia

Perbedaan AMD dan Intel selanjutnya Intel bisa dikatakan lebih unggul daripada AMD dari sisi multimedia. Intel lebih unggul dalam menampilkan gambar multimedia karena gambar yang ditampilkan lebih jelas dan lebih tajam. Maka tak heran orang yang bekerja di bidang yang berkaitan dengan multimedia umumnya selalu memilih processor dari Intel untuk komputernya.

6. Tingkat Kepopuleran

Intel jauh lebih populer dari pada AMD, oleh sebab itu maka banyak komputer dan lamptop yang dijual di pasaran menggunakan processor Intel, dan karena Intel lebih dahulu memproduksi processor dari pada AMD. Intel juga terkenal karena keawetannya, meski hal ini tak sepenuhnya benar karena tergantung pemakaian komputernya juga. Tapi AMD lebih disukai oleh banyak gamers dan orang yang memiliki anggaran terbatas karena murah, berkualitas, dan sudah dilengkapi VGA ATi Radeon di dalamnya.

Kesimpulannya… Balik lagi ke diri sendiri, pilih yang mana sesuai kebutuhan. Misalnya jika memiliki budget terbatas tapi ingin yang spesifikasi cukup handal bisa mempertimbangan membeli laptop dengan processor AMD. Jika ingin laptop multimedia bisa mempertimbangkan Intel, atau ingin laptop game tapi dengan processor Intel? ya bisa saja tapi harus mengeluarkan anggaran yang lebih. Semua hal tersebut tergantung kebutuhan dan pemakaian masing-masing, karena kedua brand tersebut memliki keunggulan masing-masing juga.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.