Pengertian SSD adalah: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Tulisan kali ini menjelaskan tentang pengertian SSD adalah salah satu jenis perangkat penyimpanan data pada komputer atau laptop – Teknologi semakin berkembang pesat terutama pada bagian perangkat keras untuk menyimpan data pada komputer dan laptop. Saat ini banyak yang mengenal HDD atau Harddisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, tapi saat ini sudah muncul media penyimpanan baru yang dikenal dengan SSD yang digadang-gadang lebih cepat dan memiliki banyak keunggulan, untuk mengetahuinya mari kita bahas bersama-sama.

A. Mengenal Definisi SSD

Pengertian SSD adalah singkatan dari “Solid – State Drive”, merupakan perangkat keras komputer yang menggunakan sirkuit terintegrasi atau IC untuk menyimpan data secara terus menerus. Perangkat SSD dalam penyimpanan datanya menggunakan memori flash dan sering digganakan sebagai pendamping harddisk biasa atau digunakan sebagai penyimpanan sekunder selain Harddisk. SSD merupakan penyimpanan data generasi terbaru, dikenal karena kecepatan bacanya yang lebih baik dari pada Harddisk biasa dan bisa di gunakan di PC atau laptop.

B. Perbedaan SSD dengan HDD

Fungsinya sama sebagai perangkat penyimpanan data pada komputer bedanya jika HDD dalam baca, tulis, dan menyimpan datanya menggunakan perangkat menyerupai piringan CD, sedangkan pada SSD menggunakan IC atau Chip flash yang lebih sederhana. Jadi SSD tidak menggunakan piringan yang bergerak untuk melakukan baca dan tulis data, maka hal inilah yang menjadikan SSD menjadi lebih cepat dibandungkan HDD. Baca Juga: Pengertian Harddisk Dan Fungsinya

pengertian ssd adalah
sumber: www.flickr.com

C. Fungsi SSD

Sama halnya seperti Harddisk biasa, Fungsi SSD sebagai tampat penyimpanan berbagai format data pada komputer seperti file dokumen hingga file multimedia. Meski fungsinya sama dengan HDD tapi bentuk SSD lebih ramping, selain itu kecepatannya yang lebih baik, memiliki daya tahan yang bagus terhadap panas dan guncangan.

SSD juga bisa digunakan untuk menyimpan data secara ekternal, jadi ada jenis SSD yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan eksternal layaknya flaskdis dengan ukuran penyimpanan yang besar.

D. Kelebihan SSD

1. Kecepatan Yang Lebih Baik

Yang paling utama kebanyakan orang menggunakan SSD yaitu kecepatan saat baca, tulis, hingga akses data saat membuka aplikasi yang berat. Maka banyak komputer gaming yang menggunakan penyimpanan dengan SSD karena kecepatan akses datanya lebih baik.

2. Lebih Tahan Guncangan

Karena SSD menggunakan rangkaian cihip atau IC maka tahan terhadap gunacangan, beda dengan HDD menggunakan piringan yang bergerak sehingga kurang tahan terhadap guncangan dan berpotensi mengalami kerusakan.

3. Hemat Daya

Kelebihan SSD selanjutnya yaitu hemat daya listrik. Daya yang digunakan kisaran 2-3 watt saja beda dengan Harddisk biasa yang bisa memerlukan daya hingga 7 watt.

4. Tidak Bising

Karena tidak memiliki komponen yang bergerak atau hanya menggunakan rangkaian IC, maka SSD tidak akan mengeluarkan suara maupun getaran saat baca, tulis, dan mengakses datanya.

5. Tidak Terpengaruh Medan Magnet

Medan magnet merupakan hal yang dapat bermasalah pada Harddisk, karena medan magnet dapat merusak dan mempengaruhi data yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tidak berlaku terhadap SSD karena tahan dari pengaruh medan magnet.

6. Booting Yang Cepat

Dengan menggunakan SSD maka sistem operasi seperti windows yang terinstall di dalamnya hanya membutuhkan sekitar 15 detik untuk melakukan booting, beda dengan harddisk biasa yang bisa membutuhkan hingga 1 menit untuk melakukan booting.

E. Kekurangan SSD

1. Harga Masih Mahal

Harga SSD relatif masih mahal, saat ini untuk ukuran 500 GB saja bisa mencapai lebih dari satu juta rupiah, hal tersebut tergantung merek juga, sedangkan untuk harddisk dengan harga lima ratus ribu rupiah sudah bisa mendapatkan 1000 GB (1 TB).

2. Sulit di recover

Jika terjadi kerusakan penyimpanan pada SSD sulit untuk di recover, karena data yang tersimpan berupa elektron beda dengan HDD.

3. Jangka Waktu Pakai

Kekurangan SSD selanjutnya dari segi umur pemakaiannya. Terdapat istilah Write Cycle pada SSD yang mempengaruhi umur pemakaian. Maka hindari melakukan full format karena hal tersebut akan menghabiskan umur pakainya.

Kesimpulannya menurut penulis jika kalian ingin menngkatkan kecepatan write, read, dan membuka program komputer terutama untuk kebutuhan gaming dan multimedia disarankan menggunakan SSD, tapi jika untuk keperluan sehari-hari seperti membuat dokumen atau aktivitas pekerjaan kantor biasa menggunakan HDD sudah cukup.

Akhir kata, jadi pengertian SSD adalah singakatan dari “Solid-State Drive”, merupakan perangkat keras komputer yang menggunakan sirkuit terintegrasi atau IC untuk menyimpan data. Demikian penjelasan yang dapat penulis berikan, jika ada kesalahan maupun kekeurangan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.