Pengertian Freeware adalah: Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Posted on

Membahasa pengertian freeware adalah: dilengkapi kelebihan, kekurangan, dan contoh softwarenya – Saat ini dimana teknologi digital yang semakin berkembang sangat pesat banyak bermunculan pengembang perangkat lunak baik itu yang bersifat berbayar, open source, dan yang bersifat freeware. Khusunya yang bersifat freeware ini kadang secara tidak sadar kita banyak menggunakannya baik itu di komputer hingga di smartphone.

A. Mengenal Software Freeware

Pengertian Freeware adalah suatu istilah yang sering digunakan untuk software yang dengan bebas bisa digunakan siapa saja. Jadi untuk menggunakan software yang bersifat freeware ini pengguannya tidak memerlukan biaya untuk mendapatkan lisensinya. Perangkat Lunak freeware atau bebas digunakan ini tentunya bersifat legal, asli, dan bisa di unduh secara langsung di pengembangnya.

Meskipun bersifat freeware tapi masih dilindungi oleh hak cipta, bisa saja memiliki perjajian lisensi saat di install dan membatasi pengunaannya, pengguna tidak bisa melakukan pengambangan atau melakukan edit kode programnya serta mendistribusikannya kembali, jadi cukup bisa digunakan saja sesuai fungsinya.

pengertian freeware adalah
gambar: pixabay.com

B. Kelebihan Freeware

1. Bebas Biaya

Yang paling utama kita bisa menggunakan software secara gratis tanpa biaya sedikitpun, jadi hanya mematuhi perjanjian lisensi saja. Selain gratis tentunya perangkat lunak yang digunakan asli berasal dari pengembangnya langsung.

2. Update Dengan Mudah

Maksudnya kita juga bisa mendapatkan pembaruan perangkat lunak dari pengembangnya secara langsung dengan mudah dan tidak ribet. Biasanya jika ada update secara langsung mendapatkan pemberitahuan dan tentunya bersifat gratis.

3. Software Asli

Meskipun bersifat gratis tapi software yang digunakan benar-benar asli / original berasal dari pengembangnya langsung dan tentunya cukup handal digunakan.

C. Kekurangan Freeware

Perangkat lunak gratis bukan berarti selalu bersifat open source, jadi pengguna tidak bisa mengubah atau mengembangkan kode programnya lalu mendistribusikannya lagi ke orang banyak. Pengguna hanya bisa memakainya saja dan sesekali mendapatkan update dari pengembanya.

Kadang ada juga perangkat lunak freeware yang memang bisa digunakan secara gratis tapi dengan fitur terbatas. Biasanya untuk menamba atau menggunakan fitur tambahan harus upgrade menjadi versi Pro dan itu harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan. Baca Juga: Pengertian Open Source Dan Contohnya

D. Contoh Freeware

1. Chrome

Google Chrome Merupakan software yang banyak sekali digunakan untuk berInternet atau lebih dikenal dengan web browser. Chorme dikembangkan oleh perusahaan raksasa yaitu google yang saat ini menjadi salah satu web browser yang bersifat freeware dan banyak sekali digunakan baik itu di komputer biasa, tablet hingga smartphone karena terkenal dengan kestabilannya saat mengakses Internet.

2. Mozilla Firefox

Sama seperti chrome merupakan sofware untuk berInternet atau disebut dengan web browser yang saat ini juga menjadi salah satu yang banyak digunakan untuk mengakses internet baik itu di komputer, Tablet, hingga smartphone. Baca Juga: Pengertian Web Browser Dan Contohnya

3. Whatsapp

Contoh freeware selanjunya yaitu whatsapp, merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk mengirim pesan baik itu berupa teks, suara, video, melakukan panggilan telepon, hingga video call dengan bermodal koneksi internet. Aplikasi ini banyak sekali digunakan karena handal untuk berkomunikasi secara cepat terutama di perangkat mobile seperti smartphone.

4. Telegram

Fungsinya sama seperti whatsapp, aplikasi ini bisa digunakan untuk kirim-mengirim pesan teks hingga yang bersifat multimedia dengan hanya bermodal koneksi internet dan banyak digunakan di perngkat mobile khususnya smartphone.

5. Notepad++

Merupakan perangkat lunak teks editor yang bisa digunakan di sistem operasi Windows. Notepad++ oleh sebagian orang khussunya progamer sering digunakan untuk membuat koding program karena mudah di pahami dan fiturnya yang lumayan kumplit.

6. Adobe Flash Player

Merupakan aplikasi yang harus atauwajib digunakan jika kita ingin menampilkan konten yang bersifat flas atau konten video saat membuka website di nternet.

7. VLC media player

Merupakan aplikasi yang berguna untuk membuka atau memutar file multimedia khususnya video dan audio serta mendukung berbagai macam format. Banyak pengguna yang menginstall VLC di perangkat komputer dan smartphonenya karena selain gratis memiliki kehandalan untuk membuka berkas multimedia.

Akhir kata, itulah pembahasan tentang pengertian freeware, beserta kelebihan, kekurangan, dan beberapa conthnya yang sering kita gunakan. Jika ada kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, semoga bermanfaat, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.