Pengertian Era Digital dilengkapi Dampaknya Untuk Kita

Posted on

Membahas seputar pengertian era digital yang sering dihubungkan dengan cepatnya perkembangan teknologi terutama teknologi digital yang diklaim dapat mempermudah banyak aktivitas manusia, selain itu penulis juga membahas mengenai beberapa dampak yang ditimbulkannya.

A. Apa Definisi Era Digital ?

Pengertian era digital adalah suatu zaman dimana sebagian besar aktivitas manusia banyak didukung dan dipermudah oleh kecanggihan teknologi. Kaarena teknologi pada dasarnya dibuat untuk mempermudah segala aktivitas manusia, dan tentunya teknologi semakin berkembang dari masa-kemasa.

Era digital juga dapat diartikan sebagai istilah yang banyak digunakan sejak kemunculan Internet sehingga informasi mudah di dapatkan. Banyak media massa yang menggunakan media digital karena dipaksa harus mengikuti perkembangan teknologi terutama dalam menyampaikan Informasi.

Contoh seperti koran dan media cetak lainnya banyak beralih maupun yang menggunakan media digital untuk memberikan Informasinya kepada masyarakat, karena semakin berkembangnya teknologi digital mau tidak mau harus mengikutinya. Selain itu masyarakat -pun dituntut harus mempelajari setiap teknologi digital terbaru atau membiasakan dengan setiap perkembangannya.

pengertian era digital
gambar: pixabay.com

B. Bukti Perkembangan Era Digital

Yang paling bisa dirasakan dalam hal Media Informasi, contohnya dulu untuk berkomunikasi kita membutuhkan telepon rumah yang pada umumnya hanya bisa menerima suara. Lalu semakin berkembang lagi, munculah telepon genggam atau Hand Phone yang lebih praktis bisa di bawa kemana-mana selain bisa menerima pesan suara kita juga bisa mengirim pesan teks atau SMS.

Tentunya handp hone semakin berkembang lagi memiliki fitur kamera, bisa terkoneksi ke internet, hingga saat ini munculah smartphone atau telepon pintar yang semakin mempermudah manusia dalam berkomunikasi, makakses informasi dengan cepat, hingga bermain game online.

Selain itu bermunculan juga berbagai macam aplikasi yang dapat mempermudah manusia melakukan aktivitasnya misal dalam mentransfer uang cukup menggunakan mobile banking jadi tidak perlu ke ATM, membayar cicilan, berbelanja secara online, hingga bermain game online -pun cukup menggunakan smartphone, karena jika kita lihat beberapa tahun kebelakang untuk bermain game online perlu menggunakan komputer tapi saat ini sudah bisa menggunakan smartphone.

C. Dampak Positif Era Digital

1. Informasi mudah di dapatkan

Kita dapat mengakses informasi dengan cepat dimana saja dan kapan saja seperi cukup menggunakan smartphone dan koneksi Internet dari mulai informasi olahraga, berita, informasi bisnis, hingga mengakses media sosial. Selain itu kita juga bisa mengirim pesan yang beragam dengan cepat mulai dari pesan teks, pesan suara, pesan video, hingga melakukan video call.

2. Banyak Inovasi Di Bidang teknologi Digital

Banyaknya bermunculan inovasi yang berkitan dengan teknologi digital, seperti banyaknya bermunculan perusahaan Startup misalnya marketplace, toko online, hingga layanan transpotrasi seperti gojek. Baca Juga: Startup adalah Perusahan Yang Menggunakan Teknologi Digital

3. Terbukanya lapangan kerja baru

Karena banyaknya bermunculan inovasi baru di dunaia digital tentunya akan banyak perusahaan Startup yang bermunculan, hal ini berdampak positif karena karena menyerap banyak tenaga kerja, bisa kita lihat berapa banyak orang yang berkerja di perusahaan gojek, grab, dan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shoope, dll. Baca Juga: Marketplace adalah Tempat Aman Jualan dan Belanja Online

4. Mempermudah Bisnis

Era digital sangat menguntungkan dalam dunia bisnis, seorang pembisnis dapat melakukan promosi dengan mudah cukup menggunakan jaringan intenet, mulai dari promosi yang berbayar hingga yang gratis, sehingga produknya bisa dikenal banyak masyarakat dan menarik calon konsumen.

5. Orang Menjadi lebih Kreatif

Karena banyaknya peluang usaha yang dilihat, sehingga banyak yang bermunculan ide-ide kreatif sepeti menjadi konten kreator video, membuat website sendiri, menjadi blogger, penulis konten, dll.

D. Dampak Negatif Era Digital

1. Sering Lupa Waktu

Maksudnya, kadang saat mengakses media sosial atau bermain game online dapat membuat kita lupa waktu. Maka kita juga harus membatasi penggunaanya, terutama bagi para orang tua harus memberikan bimbingan maupun pengawasan kepada anak-anaknya dalam menggunakan smartphone yang dapat menganses Internet.

2. Boros Uang

Untuk mengakses informasi hingga bermain game online tentunya membutuhkan data atau kuota internet, untuk membeli data Internet tentunya membutuhkan uang. Maka jika tidak terkendali dalam pemakaianya dapat menguras dompet.

3. Bermunculan Informasi Bohong/Hoak

Dari sekian banyak dampak negatif, yang paling besar dampaknya yaitu banyak tersebarnya berita keliru hingga berita bohong. Maka saat mengakses informasi kita sebagai pengguna media digital haruslah bijak / cerdas dalam menaggapi setiap informasi, jadi jangan langsung percaya, pastikan informasi tersebut dari media yang memiliki kredibilitas yang baik serta dapat di percaya.

Akhir kata… itulah tentang pengertian era digital dielngkapi dengan dampak positif dan dampak negatifnya yang ditimbulkan bagi kehidupan, semoga pembahasan ini bermanfaat, jika ada kesalahan mohon maaf cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.