Notepad adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Sebagai Software Teks Editor

Posted on

Sekilas tentang pengertian notepad adalah suatu software teks editor simple yang ada di komputer tertuma dengan os windows – pada Banyak sekali software yang dapat kita gunakan untuk teks editor mulai dari yang ada di komputer hingga di smartphone. Perangkat lunak jenis ini berguna untuk membuat dokumen mulai dari yang simple hingga yang kompleks. Software yang digunakan seperti microsoft world, open ofice writer, wps writer, wordpad dan yang paling simple yaitu notepad.

A. Menganal Notepad

Pengertian Notepad adalah suatu software yang teks editor sederhana yang bisa digunakan user untuk membuat dokumen. Ada beberapa jenis notepad dapa komputer, yang paling dikenal yaitu microsoft notepad yang sudah ada sejak sistem operasi Windows 1.0 1985. Jadi setiap kamu menggunakn sistem operasi microsoft wondows maka sudah otomatis teristall notepad di dalamnya.

Seperti dari pengertiannya bahwa sotware ini berguna untuk membuat dokumen atau mengedit dokumen / text file sederhana jadi tidak bisa membuat atau mengedit dokumen kompleks hanya teks. Format file notpade yang asli yaitu .TXT.

Notepad juga bisa digunakan untuk menulis kode program, biasanya untuk menulisprogram yang kompleks dengan menggunakan syntax highlighting seorang rogramer menggunakan Notepad++ yang merupakan software pihak kedua. Tapi bukan berarti tidak bisa menggunakan notepad dari Microsoft, hanya untuk mempermudah saja menggunakan pihak kedua.

pengertian notepad adalah
tampilan notepad bawaan os windows

B. Kelebihan Notepad

Sebagai teks editor sederhana notepad memiliki beberapa kelebihan seperti:

1. Tampilam Yang Sederhana

Tampilannya yang sederhana dapat mudah dipahami terutama bagi anak yang baru pertamakali belajar mengetik menggunakan komputer dan menu di dalamnyapun tidak begitu membingungkan untuk anak yang baru belajar.

2. Untuk membuat program

Notepad dapat digunakan untuk membuat program sederhana yang berbasis html dan php. banyak programer yang menggunakannya, tapi kadang juga menggunakan notepad lain dari pihak ke dua seperti Notepad++.

3. Cocok Membuat catatan Kecil

Untuk membuat catatan kecil cukup menggunakan notepad saja, karena ukuran filenya kecil, mudah di buka di perangkat lain, simple dan cepat saat membuka maupun menggunakannya.

4. Menetralisir teks

Saat kamu menyalin dokumen dari Internet, biasanya kamu akan menyalin teks beserta gambar hingga tautan di dalamnya, tentunya kamu akan mengedit dokumen tersebut dan hal itu membutuhkan waktu cukup lama. Maka jika menyainnya terlebih dahulu ke notepad semua itu akan di netralisir dan dokumen mudah di edit, jadi tinggal teksnya saja seta tinggal pindahkan ke word.

C. Kekurangan Notepad

Karena notepad adalah software bawaan yang tampilannya sangat simple dan fiturnya sederhana, jika digunakan untuk membuat koding program yang kompleks rasanya kurang cocok, hal ini buakan berarti tidak bisa digunakan. Maka hal tersebut membuat para programer dalam membuat Bahasa program yang kompleks lebih memilih software lain yang kaya akan fitur seperti Notepad++, Sublime Text, Geany, dan lain-lain.

Baca Juga: Fungsi Utama Program Microsoft Excel

Baca Juga: Pengertian PowerPoint dilengkapi Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangnya

D. Apa itu notepad++ ?

Pengertian notepad++ adalah suatu software teks editor yang bisa digunakan terutama di komputer denagn sistem operasi windows. Notepad++ merupakan perangkat lunak yang bersifat bebas dan dikembangkan oleh Sourceforge.net hingga saat ini telah di unduh lebih dari 27 juta kali.

notepad++ adalah
tampilan notepad++

Banyak para programer yang menggunakan notepad++ ini sebagai software yang mendukung untuk membuat koding pemerogaman. Adapun bahasa pemerograman yang di di dukung yaitu HTML, PHP, C, C++, Java, Javascript, Perl, Pascal, CSS, dll. Selain itu notepad++ juga tentunya lebih baik dari notpad bawaan jika digunakan untuk membuat Bahasa pemerograman karena kaya akan fitur.

Akhir kata, itulah pengertian notepad serta kelebihan dan kekurangannya sebagai teks editor, semoga pembahasan kali ini dapat memberikan pengetahuan bagi kamu, terutama tentang jenis aplikasi teks editor. Jika ditemukan keselahan dalam pembahasna ini mohon maaf, cukup sekian dna terimakasih banyak.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.