Pengertian OneDrive Adalah: Kelebihan, Kekurangan, Fungsi dan Manfaatnya

Posted on

Berikut ini OneDrive adalah: dilengkapi Kelebihan, Kekurangan, fungsi dan manfaatnya yang bisa di dapatkan untuk menyimpan data secara coud – Banyak sekali layanan Cloud Storage saat ini, mulai dari yang gratis maupun premium, salah satunya yang popular saat ini yaitu OneDrive yang dikembangkan oleh Microsoft, kenapa termasuk yang populer? karena mulai dari layanan hingga fitur yang disediakan terbilang baik.

A. Apa itu OneDrive ?

Pengertian OneDrive adalah layanan Cloud Storage yang dikembangkan Microsoft, memungkinkan pengguna dapat menyimpan data secara online dan mensinkronisasi dengan perangkat lalu bisa mengaksesnya kapan saja melalui jaringan Internet. Selain dapat menyimpan data, layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk membagikan data/berkas file secara cepat hingga memberikan ijin akses kepada orang lain. Microsoft OneDrive tidak hanya bisa digunakan oleh perangkat bersistem operasi windows saja tapi mendukung Mac, iOS, hingga Android. Kapasitas penyimpanan yang bisa digunakan secara gratis / versi basic sebesar 5 GB.

OneDrive asalnya bernama SkyDrive, karena terjadi sengketa dengan merek dagang perusahaan lain yaitu British Sky Broadcasting Group pada tahun 2013 diputuskan supaya namanya diganti. Akhirnya pada tahun tersebut pengadilan Inggris menyatakan bahwa pihak Microsoft telah melanggar hak merek yang dimiliki British Sky Broadcasting Group, lalu SkyDrive diubah menjadi OneDrive dan di informasikan dalam halaman web resminya pada tanggal 27 januari tahun 2014 silam.

onedrive adalah
sumber gambar: betanews.com

B. Kelebihan OneDrive

1. Kapasistas Lumayan Untuk Versi Gratisan

Memang kapasitas 5 GB bukan termasuk kapasitas yang besar untuk menyipan file secara Cloud, tapi hal ini termasuk kapasitas yang cukup lumayan jika didapatkan secara gratis. Pengguna bisa menyimpan atau mencadangkan data yang memang dianggap sangat penting, terutama cocok digunakan untuk seorang pelajar.

2. Didukung Banyak Sistem Operasi

OneDrive di dukung banyak perangakat dan sistem operasi, meski dikebangkan Oleh Microsoft tapi bisa diakses dengan perangkat dengan sistem Operasi Mac, Android, iOS, dan bisa juga diakses via web.

3. Interface Yang Nyaman

Tampilannya bisa dikatakan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru. Pengguna akan merasa nyaman jika melihat Interfacenya serta tidak akan merasa kesulitan saat pertamakali menggunakannya.

4. Terintegrasi Office Online

Hal ini yang menjadi kelebihan OneDrive, dimana jika ingin melakukan edit dokumen di perangkat lain tapi tidak memiliki aplikasi Office yang dibutuhkan atau aplikasinya masih versi lama, maka dengan menggunakan OneDrive kapan saja pengguna bisa mengedit dan mengakses dokumen yang telah tersimpan di dalamnya.

5. Fitur Keamanan yang Canggih

Seperti adanya fitur vault pribadi yang membuat data tersimpan dengan aman, lalau data hanya bisa diakses dengan metode keamanan autentifikasi ataupun dengan verifiasi identitas dua langkah. Adapun fitur keamanan yang disediakan versi For Busines seperti scanning virus, fitur limit akses, hingga enkripsi data.

6. Berbagi Dokumen Secara Cepat

Fitur pada OneDrive For Bussines pengguna dapat berbagi data/dokumen secara cepat dengan orang lain, meski orang tersebut tidak memiliki akun OneDrive. Pengguna juga dapat membatasi akses terhadap file yang dibagikanya, seperti hanya bisa di baca atau bebas melakukan editing.

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Jenisnya

C. Kekurangan OneDrive

Dapat dikatakan mulai dari interface sampai Fitur yang disediakannya sangat baik. Tapi kekurangannya teretak pada kapasitas yang digunakan terutama versi gratis, maka untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan harus berlangganan ke versi premium. Sebenarnya kekurangan ini tidak berlaku bagi yang memiliki dana lebih, karena sebanding dengan fitur hingga dukungan yang disediakan.

D. Beberapa Paket Premium OneDrive

1. Onedrive Standalone

Untuk penyimpanan yang disediakan 100 GB dengan harga 28,999 Ribu per Bulannya. Fasilitas yang disediakan hanya kapasitas penyimpanan saja tanpa disertakan Office, dan keamanan tingkat lanjut.

2. For Business

Paket 1 penyimpanan yang disediakan 1 TB, tanpa disediakan aplikasi office dan keamanan tingkat lanjut. Adapun fitur yang disediakan seperti menulis bersama file Office via web, desktop, dan perangkat seluler, lalu kontrol akses file untuk penerima, menyimpan secara offline di aplikasi OneDrive seluler, membagikan file secara aman, dll. Harganya Rp78.200 per bulannya.

Lalu ada paket 2 dengan kapasitas penyimpanan cloud individu yang tak terbatas (mungkin syrat dan ketentuan berlaku), berbagi file dan penyimpanan, kemampuan keamanan tingkat lanjut, akses dimana saja dengan perangkat apa saja, menyimpan file secara offline di aplikasi OneDrive seluler, mengatur sandi untuk melindungi link berbagi dokumen, dll. Harganya Rp156.400 per bulannya.

Selain itu disedikan juga paket microsoft Office 365 beserta dukungan OneDrive dengan harga yang bermacam-macam bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Pengertian Dropbox Adalah: Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

E. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa OneDrive adalah suatu layanan memungkinkan pengguna dapat menyimpan data secara online dan mensinkronisasi dengan perangkat lalu mengaksesnya kapan saja melalui jaringan Internet.

Fungsi OneDrive adalah layanan untuk menyimpan File secara online atau dikenal dengan istilah Cloud Storange. Adapun Manfaatnya selain sebagai layanan untuk Cloud, kita dapat berbagi file dengan cepat, Back up file yang penting, hingga mengurangi beban harddisk komputer yang sudah terasa penuh.

Kapasitas untuk versi basic atau gratis sebesar 5 GB, tapi untuk versi premium bisa mencapai 1 TB hingga tanpa batas (mungkin ada syarat tertentu), lalu dilengkpi dengan keamanan tingkat lanjut, hingga bisa di Integrasikan dengan Office Online.

Bisa dikatakan bahwa OneDrive merupakan salah satu layanan Cloud Storange terbaik yang ada saat ini selain Google Drive dan DropBox karena dapat dipercaya mulai dari layanan, fitur, hingga kemanannya.

Akhir Kata, itulah pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan terutama mengenai layananCloud Storange yang ada saat ini. Jika ada kesalahan mohon maaf cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.