Pengertian Dropbox Adalah: Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Sebagai Cloud Storage

Posted on

Kalian yang sering menggunakan komputer harus tahu Dropbox adalah: dilengkapi fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangannya sebagai cloud storage – Di jaman serba digital ini banyak yang menyediakan layanan untuk menyimpan data secara online salah satunya yang populer yaitu Dropbox yang memungkinkan pengguna menyimpan data secara cloud dengan kemanan yang terjamin.

A. Apa itu Dropbox?

Pengertian dropbox adalah suatu layanan penyimpanan data secara online yang dikembangkan Dropbox, Inc, layanan ini bisa digunakan untuk menyimpan maupun berbagi data melalui Internet dengan cara sinkronisasi data. Dropbox dapat menjadi pilihan jika harddisk komputer kamu sudah penuh, dengan layanan ini kamu dapat menyimpan data secara online (Cloud Storage) sehingga data bisa diakses kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan.

Saat ini Dropbox memiliki dua jenis yaitu mode gratis yang memiliki penyimpanan 2 GB dan mode berbayar dengan mode penyimpanan hingga 3000 GB, hal tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dropbox didirikan oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi lulusan dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 2007.

Seperti penyeimpanan internal komputer, Dropbox-pun bisa menyimpan berbagai jenis data, mulai dari file dokumen, aplikasi, foto, video, dan lain-lain. Untuk soal keamanan pengguna jangan khawatir karena dilengkapi dengan sistem keamanan sehingga data tetap aman. Selain itu pengguna bisa mengakses file yang tersipnan kapan saja melalui perangkat apapun muali dari PC, Laptop, tablet, dan smartphone. Selain itu aplikasi Dropbox juga kompetible dengan berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Mac, Linux, iOS, dan Android. Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Jenisnya

dropbox adalah
Sumber gambar: flickr.com

B. Fungsi Dropbox Paling Utama

Secara umum fungsi dropbox yaitu untuk menyimpan data secara online atau yang dikenal dengan istilah Cloud Storage, pengguna hanya perlu mengunggah data yang ingin di simpan, lalau bisa di sinkoronisasi dengan perangkat yang digunakan seperti Laptop, PC, dan Smartphone sehingga data bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

C. 5 Manfaat Dropbox

1. Menyimpan Data Secara Online

Manfaat yang paling utama adalah untuk menyimpan data secara online, jadi beban harddisk komputer dapat berkurang. Selain itu kemanan data yang tersimpan terjamin serta bisa disinkronisasi dengan perangkat yang digunakan.

2. Data Bisa Diakses Kapan Saja

Karena data disimpan secara online, maka pengguna bisa mengakses data tersebut kapan saja saat di butuhkan. Selain itu data juga bisa dibagikan kepada orang yang diberikan akses. Biasanya juga Dropbox sering digunakan untuk membackup data yang dianggap penting.

3. Untuk Keamanan Data

Kemanan data yang tersimpan dapat dikatakan Terjamin, menurut informasi yang didapatkan bahwa keamanan data yang tersipan di dropbox dienskripsi dengan AES (Advanced Encryption Standard) 256 bit. Selain itu SSL atau TLS yang berguna untuk melindungi data yang di kirimkan antara Dropbox ke server. Pengguna juga bisa memanfaatkan verifikasi sandi melalui pesan singkat SMS.

4. Untuk Back Up Data

Manfaat Dropbox lainnya yaitu pengguna dapat melakukan back up data. Tentunya fitur ini sangat dibutuhkan banyak orang terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak data yang penting, dengan begitu kekhawatiran akan kehilangan data bisa teratasi karena ada back up nya.

5. Berbagi File atau Data

Selain sebagai tempat menyimpan data secara Cloud, Dropbox juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi data kepada orang lain. Setiap data yang tersimpan bisa di bagikan kapan saja tanpa perlu men-unggah ulang. Misalnya ada file yang akan dikirimkan melalui email cukup membagikan linknya saja, hal ini bermanfaat terutama saat mengirimkan data ke banyak orang. Baca Juga: Pengertian File Secara Jelas

D. 4 Kelebihan Dropbox

1. Flexsibel atau Praktis

Sebagai Cloud Storage, dropbox sangat praktis untuk penyipanan data karena bisa diakses kapan dan dimana saja, serta didukung berbagai macam Sistem Operasi komputer hingga smartphoe.

2. Kemanan Data Terjamin

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Dropbox memiliki keamanan yang cukup terjamin karena dienkripsi denagn Advanced Encryption Standard 256 bit, lalu diamankan dengan SSL atau TLS untuk melindungi data saat ditransfer antara Dropbox ke server. Pengguna juga bisa memanfaatkan verifikasi sandi melalui pesan singkat SMS.

3. Berbagi File Dengan Cepat

Cukup mengirimkan link datanya maka bisa diunduh dengan cepat oleh orang lain, data masih bisa diakses oleh orang lain meskipun tidak memiliki akun Dropbox.

4. Akses Yang Cepat

Salah satu keunggulan Dropbox yang paling diminati user adalah dalam hal kecepatan akses karena dapat di sinkronisasi data maupun dengan perangkat yang digunakan, selain itu cukup hanya drag file saja untuk menyipan data ke akun Dropbox, lalu diukung dengan banyak beragam Sistem Operasi komputer dan Smartphone.

E. Kekurangan Dropbox

1. Kapasitas Terbatas

Kekurangan yang paling dirasakan tentunya kapasitas penyimpanan yang besar harus menggunakan versi premium yang tentunya tergolong cukup mahal untuk perorangan, tapi hal ini sebandig dengan layanan dan fitur yang diberikan.

F. Jenis Paket Dropbox

1. Basic

Layan gratis yang disedikan Dropbox, penyimpanan yang disediakan 2 GB. Bisa menyimpan data seperti dokumen, foto, hingga video, cocok digunakan untuk pemula.

2. Paket Plus / Individu

Layanan yaitu layanan penyimpanan data yang disediakan Dropbox yang hanya bisa digunakan oleh perorangan dengan harga US$9,99 per Bulan. Layanan ini memiliki penyimpanan Cloud yang terenkripsi sepesar 2000 GB, fitur lainnya seperti otomatis menbackup file dari komputer, mengakses file secara offline, dapat memulihkan file yang sudah dihapus dalam waktu 30 hari, melindungi folde dengan PIN, dan lain-lain.

3. Paket Family

Layanan yang bisa digunakan hingga 6 orang, storagge yang disediakan hingga 2000 GB dengan harga US$16,99 per Bulan. Fitur lainnya sama dengan Pake Individu, yang membedakannya akses bisa digunakan sampai 6 oarang.

4. Paket Profesional

Layanan yang digunakan untuk para profesional penyimpanan yang disediakan hingga 3000 GB, dengan harga US$ 24,99 per Bulan. Fitur yang dimiliki semua fitur yang sama dengan paket Individu, lalu fitur validasi data untuk memastikan keakuratan mengenai informasi, dapat mengirim dokumen dengan jumlah tak terbatas untuk di tandatangani, dapat memulihkan file yang sudah diubah atau dihapus dalam waktu 180 hari, melindungi file dengan watermark, dukungan obrolan secara langsung, kontrol yang modern, dan lain-lain.

Akhir kata, jadi pengertian Dropbox adalah suatu layanan penyimpanan Data Online/Cloud Storage yang dikembangkan oleh Drobbox, Inc. yang saat ini sudah dipercaya sekitar 600 juta pengguna diseluruh dunia sebagai layanan Cloud Storage, dapat dikatakan salah satu yang populer saat ini. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat, dan jika ada kesalahan mohon maaf.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.