PDF adalah Singkatan Dari: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Pengertian PDF adalah singkatan dari: dilengkapi sejarah, fungsi, kelebihan, kekurangan dan beberapa aplikasi untuk membacanya – File bejenis PDF sering sekali kita temukan pada berbagai macam dokumen digital terutama pada komputer dan smartphone. Bagi orang yang kerja di kantor dan para pelajar pasti sering menemukan file jenis ini karena dapat membuat dokumen menjadi lebih fleksibel, supaya mudah di akses, maupun mempermudah dalam mendistribusiskan file.

A. Pengertian dan Sejarah PDF

PDF adalah singkatan dari “Portable Document Format”, merupakan jenis file digital yang dikeluarkan oleh Adobe System pada tahun 1993 yang pada awalnya digunakan untuk memermudah melakukan pertukaran dokumen secara digital. Saat ini file PDF berguna untuk mempresentasikan dokumen yang berisi teks, link, gambar, hingga grafik vektor 2D, dan saat ini juga PDF sudah menjadi standar ISO dokumen sejak tanggal 1 Juli 2008.

Sejarah PDF: Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 penggunaan PDF masih sedikit sekali, karena pada saat itu software untuk membaca filenya yaitu Acrobat Reader (saat ini Adobe Reader) tidak di distribusikan secara gratis, dan ukuran dokumennya relatif besar karena pada waktu itu kecepatan internet belum secepat saat ini, jadi dokumen PDF di kirimkan membuatnya lambat untuk di unduh. Lalu pada waktu itu juga bersaing dengan format lainnya seperti Envoy, Common, postscript. Penggunaan format PDF semakin bertambah saat Adobe Sytem mendistribusikan Acrobat Reader secara gratis dan memberikan kebebasan kepada semua pihak untuk membuat software lain untuk membaca file PDF.

pdf adalah
gambar: pixabay.com

C. Fungsi PDF Secara Umum

Seperti yang sudah di jelakan di atas, bahwa fungsi PDF adalah untuk menyimpan dokumen berisi teks, gambar, grafis, dll. sehingga bisa dengan mudah di buka oleh perangkat lain dengan program khusus seperti Adobe Reader dan struktur baku dokumennya tidak berubah. Fungsi lainnya untuk mempermudah dalam pendistribusian dokumen karena sudah menjadi standar ISO sejak tahun 2008.

D. Kelebiahan PDF

1. Membuat dna Menyimpan Dokumen

Fungsi yang paling utama adalah untuk menyimpan dokumen baik itu yang berisikan teks, link, gambar, grafis, atau format lain yang memungkinkan dapat di komputer lain. Baca Juga: Mengetahui Pengertian Dokumen Dan Dokumentasi

2. Membuat Bentuk Baku Dokumen

Kelebihan PDF selanjutnya dapat membuat bentuk baku dokumen atau tidak dapat diubah. Hal ini biasanya berguna untuk menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa sehingga file lebih mudah dan terstrukturnya tidak berubah saat di buka.

3. Dapat di Kunci

Memungkinkan dokumen yang dibuat dapat dikunci, sehingga membatasi siapa saja yang bisa mengakses dokumen tersebut, hal ini membuat kerahasiaan isi dokumen lebih aman.

4. Bisa Di Buka Software Lain

Saat ini untuk membuaka file PDF tidak selalu membutuhkan Adobe Reader, bisa juga menggunakan web browser seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Meski bisa dibuka software lain tapi struktur baku dokumen tidak akan berubah karen hal ini lah yang menjadikan PDF sebagai format standar untuk mendistribusikan dokumen digital.

E. Kekurangan PDF

1. Harus Dibuka Oleh Sotware Khusus

Untuk memebuka file PDF tentunya harus menggunakan program khusus seperti Adobe Acrobat Reader, Foxit Reader, meskipun saat ini bisa di buka oleh web browser seperti Chrome dan Mozila Firefox. Baca Juga: Pengertian Web Browser Dan Contohnya

2. Susah Diedit

Umumnya untuk mengedit file jenis PDF itu susah, maka banyak orang yang menggunakannya hanya untuk membuat dan mendistribusikan dokumen baku. Untuk mengeditnya kadang pengguna harus mengubah filenya dengan sofware khusus sehingga menjadi format lain seperti DOC.

E. Aplikasi Membuka PDF

Dibawah ini beberapa aplikasi untuk membuka file PDF, antara lain:

1. Adobe Acrobat Reader

Yang paling disarankan tentunya Adobe Acrobat Reader yang didalamnya terdiri dari Adobe Reader karena software ini yang pertama kali dibuat untuk membuka dokumen PDF, selain itu bisa juga melakukan penyimpanan pada Dropbox dan OneDrive.

2. Slim PDF

Di beri nama Slim PDF karena ukuran softwarenya hanya sekitar 2 MB saja, dan memberikan kecepatan load saat membuka dokumen PDF. Karena ukurannya yang kecil fiturnya kurang lengkap seperti tidak dilengkapi untuk memberikan komentar, tandatangan, dll. Tapi jika hanya untuk membuka atau membaca dokumen saja sangat bisa diandalkan.

3. Foxit Reader

Merupakan aplikasi yang bersifat gratis, selain dapat membaca, pengguna juga bisa membuat dokumen PDF dengan cepat dan dapat diintergrasikan dengan Ms. Office. Fitur yang disediakan-pun tergolong lengkap, pengguna bisa memberikan tandatangan, komentar, melakukan editing, dll.

4. Web Browser

Web Browser seperti Chrome dan Mozila Firefox ternyata bisa digunakan untuk membaca dokumen berjenis PDF, karena hampir semua perangkat komputer dan smartphone sudah terinstal web browser maka tidak perlu menginstall software khusus. Tapi hal ini berlaku hanya membuka atau membacanya saja, jadi pengguna tidak bisa melakukan editing dan memberikan komentar.

Akhir kata, itulah pembahsan mengenai pengertian PDF, semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah pengetahuan kamu, jika ditemukan beberapa kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.