Pengertian PowerPoint dilengkapi Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangnya

Posted on

Mengenal pengertian PowerPoint yang dilengkapi sejarah, fungsi, kelebihan, dan kekurangannya sebagai softwere untuk membuat silide presentasi. Jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dapat mempermudah kita dalam menjalankan aktivitas pekerjaan seperti membuat laporan, merekap data perusahaan, hingga melakukan presentasi saat rapat atau diskusi. Saat ini terdapat softwere komputer yang sering digunakan salah satunya bernama Microsoft Office, didalamnya terdapat berbagai aplikasi seperti yang disebut Word, Excel, dan PowerPoint. Word digunakan untuk mengolah kata, sedangkan Excel biasanya digunakan untuk mengolah data tapi dalam bentuk angka, sedangkan PowerPoint digunakan untuk melakukan presentasi.

A. Penjelasan PowerPoint

Pengertian PowerPoint adalah suatu aplikasi atau softwere Microsoft yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk silide. Dengan menggunakan PowerPoint, silide presentasi dapat ditambahkan dengan berbagai macam objek seperti objek gambar, video, hingga suara, selain itu template silide presentasi bisa diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. Jadi intinya Microsoft PowerPoint adalah softwere yang berguna untuk merancang dan membuat bahan presntasi, sehingga mempermudah saat melakukan presentasi, terlihat profesional, dan lebih menarik.

Dennis Austin dan Bob Gaskins merupakan orang yang pertama kali mengembangkan program komputer ini. Dulu softwere presentasi ini sering digunakan oleh presenter suatu perusahaan yaitu Porethought, Inc. lalu program tersebut diubah namanya menjadi PowerPoint. Saat ini Microsoft PowerPoint merupakan salah satu softwere komputer yang sering digunakan selain Word dan Excel. Maka dengan PowerPoint, kita dapat menyisipkan teks, gambar, video, dan suara, dalam beberapa halaman presentasi yang sering disebut silide. Setiap silide presentasinya dapat di tampilkan pada layar (bisanya dengan proyektor) lalu dinavigasikan melalui perintah manual maupun otomatis, selain itu materinya tersebut bisa di cetak.

Dalam PowerPoint terdapat dua jenis pergerakan silide yaitu transition dan costum animation. Semua silidenya dapat di animasikan dengan berbagai banyak cara, desain presentasi juga dapat diatur menggunakan master silide dan tools lainnya. Jadi intinya fungsi dari Microsoft PowerPoint adalah untuk merancang atau membuat materi presentasi, sehingga audience dapat dengan mudah memahami inti dari materi yang di sampaikan, dan penyajiannya-pun terlihat menarik serta lebih profesional. Baca Juga: Pengertian Presentasi Dan Kegunaanya

pengertian powerpoint
sumber: pixabay.com

B. Sejarah Microsoft PowerPoint

Awalnya Softwere ini dikembangkan oleh Bob Ganeskins dan Dennis Austin sebagai presnter di perusahaan Forethoutght, Inc. yang selanjutnya aplikasi tersebut mereka ubah namanya jadi PowerPoint. Pada tahun 1987 resmi di rillis PowePoint ver. 1.0 dengan komputer yang digunakan yaitu Apple Machintohs. Softwere tersebut masih memiliki tampilan hitam-putih, yang hanya mampu membuat halaman teks dengan grafik bagi transparansi OHP (Overhead Projector). Setelah kurang lebih setahun munculah aplikasi PowerPoint dengan dukungan warna.

Setelah itu pada 31 juli tahun 1987 Perusahaan Microsoft mengakuisisi perusahaan Forethoutght, Inc. dan softwere PowerPoint. Selanjutnya munculah Microsoft PowerPoint ver 2.0 versi Microsoft Windows ke pasaran pada tahun 1990. Sejak tahun 1990 Softwere ini menjadi aplikasi yang tidak dapat terpisahkan dari paket Microsoft Office.

C. Jenis Format PowerPoint

Setelah memahami pengertian PowerPoint dan sejarahnya, ketahui juga beberapa format filenya:

1. .PPT

.PPT adalah singkatan dari PowerPoint Presentation yang bentuknya merupakan data biner dan format ini terdapat pada semua versi Microsoft PowerPoint selain itu format .PPT juga menjadi format yang sering digunakan.

2. .PPS

.PPS adalah singkatan dari PowerPoint Show yang betknya data biner, bisanya format .PPS bersifat Ready Only Document artinya hanya bisa di tampilkan/akses dan di baca tapi tidak bisa di edit kecuali pembuat dokumen menggunakan cara tertentu.

3. .PPTX

.PPTX adalah singkatan dari PowerPoint Presentation, dimana hampir sama populer dengan format .PPT. Bedanya dalam bentuk data XML dan lebih fleksibel dengan dukumengan multimedia yang lebih baik serta memungkinkan bisa dibuka di perangkat seluler yang sudah terinstal aplikasi powerpoint.

4. .POT

.POT adalah singkatan dari PowerPoint Template, bentuknya merupakan data biner dan format PowerPoint ini tersedia di semua versi dari 97 hingga sekarang.

5. .PPSX

.PPSX adalah singkatan dari PowerPoint Show, merupakan pengembangan dari format .PPS tapi dengan bentuk XML. dan memungkinkan bisa di buka di perangkat seluler.

PowerPoint starting…

D. Kekurangan dan Kelebihan PowerPoint

1. Kelebihan PowerPoint

a. Mempermudah Pembuatan Slide Presentasi

Karena softwere ini sangat familiar digunakan khususnya oleh orang Indonesia, maka kita dapat membuat materi silide presentasi dengan mudah dalam hitungan jam bahkan hitungan menit. Dengan begitu kita juga bisa membuat dan menyiapkan presentasi yang berkualitas hingga mempermudah presentator menyampaikan point yang penting kepada para audiencenya.

d. Memiliki Fitur Export Ke File .PDF

Untuk ememudahkan audience memahami lebih lengkap mengeni materi presentasi, kita dapat melakukan sharing dokumen dalam bentuk PDF. Selain itu fitur ini juga berguna untuk mempermudah melakukan pencetakan dokumen silide presentasi, selain itu file .PDF juga banyak di suppot oleh perangkat lain.

c. Dilengkapi Oleh Banyak Tools

Kelebihan PowerPoint selanjutnya yaitu di dukungan banyak tools hingga media seperti bisa menyisipkan video, gambar, suara, link, tema, hingga animasi lainnya yang dapat mendukung dan mempercantik tampilan silide presentasi, karena inilah membuat orang banyak menggunakannya.

d. Dilengkapi Layanan Cloud dari Microsoft

Adanya fitur Cloud dari Microsoft, sehingga memugkinkan menyimpan file kita secara online selain di penyimpanan lokal dalam komputer. Tapi syarat jika ingin menyimpan secara Cloud, kamu harus memiliki akun OneDrive terlebih dahulu.

e. Berbagi Presentasi Secara Online

Umunya dalam melakukan presentasi kita akan menampilkannya dengan perangkat proyektor di layar yang besar suapaya semua audience melihatnya, tapi ada cara dengan membagikan silide secara online yang dapat menjadi alternatif lain. Presentasi tersebut bisa dilakukan di dalam web browser dengan layanan PowerPoint Online.

PowerPoint 2013

2. Kekurangan PowerPoint

a. Membutuhkan Perangkat Spesifikasi Relatif Tinggi

Semakin tinggi versinya maka semakin tinggi juga spesifikasi perangkat komputer yang di perlukan. Biasanya jika Komputer dengan spek rendah dan ingin menjalankan PowerPoint versi terbaru berpotensi mengalami maslah crash atau hang. Jika spesifikasi komputer yang digunakan tidak terlalu tinggi bisanya menggunakan alternatif memakai versi sebelumnya yang membutuhkan spesifikasi komputer lebih rendah.

b. Hanya Bisa Digunakan oleh Windows

Hingga saat ini Microsoft PowerPoint hanya bisa digunakan pada OS Windows dan menurut beberapa informasi sekarang support Mac, tapi masih belum support OS Linux. Jadi materi silide presentasinya hanya bisa di akses dan di buat oleh perangkat platform OS Windows. Baca Juga: Pengertian Linux Dan Contohnya

c. Berlisensi

Sampai saat ini Softwere Microsoft Office termasuk PowerPoint di dalamnya memiliki lisensi. Tentu untuk mendapatkan keaslian atau lisensi tersebut harus mengeluarkan uang yang relatif mahal. Hal ini sebanding dengan dukungan atau layanan dari Microsoft yang maksimal seperti pembharuan secara berkala. Mungkin karena berlisensi inilah yang paling mencolok dari kekurangan PowerPoint lainnya. Baca Juga: Pengertian Lisensi Dan Manfaatnya

E. Kesimpulan Pembahasan

Jadi pengertian PowerPoint adalah suatu softwere yang termasuk kedalam keluarga Microsoft Office dan berguna untuk membuat materi presentasi. PowerPoit pertamakali dibuat oleh Bob Ganeskins dan Dennis Austin sebagai presnter di perusahaan Forethoutght, Inc. lalu Microsoft membeli atau mengakui sisi Forethoutght, Inc. dan PowerPoint pada 31 juli thun 1987. Hingga sekarang aplikasi ini masih sering digunakan dan menjadi yang terpopular untuk membuat materi presentasi. Beberapa jenis filenya seperti .PPT, .PPTX, .PPS, .PPSX, .POT. Adapun Fungsi dari Microsoft PowePoint adalah:

  • Mempermudah merancang materi untuk presentasi yang akan di buat dan disampaikan.
  • Audiance lebih mudah memahami point-point materi dalam presentasi.
  • Penyajian materi menjadi lebih gampang karena bisa di sisimpak gambar, video, suara, hingga animasi lainnya.
  • Presentasi terlihat lebih modern dan profesional.

Itulah penjelasan pengertian PowerPoint yang dapat kami berikan, semoga dapat kamu pahami dan jika ada kesalahan dalam pembahasan ini mohon dimaafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.