Pengertian CorelDRAW adalah Jenis Software Untuk Desain Grafis

Posted on

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia desain grafis harus tahu pengertian CorelDRAW adalah jenis software berbasis vektor untuk keperluan grafis. Software ini banyak digunakan oleh desainer grafis karena tools yang disediakan sangat banyak dan dapat mendukung untuk membuat desain mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

A. CorelDRAW dan Sejarahnya

Pengertian CorelDRAW adalah jenis software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk editor grafis berbasis vektor. CorelDRAW dikembangkan Oleh Corel Corporation sebuah perusahaan software yang berpusat di Kota Ottawa, Kanada. Software ini pertama kali dikembangkan pada sistem Operasi Windows dan hingga saat ini menjadi salah satu perangkat lunak yang populer untuk mengolah grafis terutama berbasis vektor. Hingga tulisan ini dibuat, CorelDRAW sudah merillis versi terbarunya pada tanggal 15 Maret tahun 2016 yang diberinama CorelDraw X8.

Sejarah CorelDRAW dimuai pada tahun 1985 Dr. Michael Cowplad mendirikan Corel Corporation. Lalu pada tahun 1987 Corel menyewa programer handal yaitu Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk membuat perangkat lunak berbasis vektor. Lalu pada tahun 1989 untuk pertama kali diluncurkan CorelDRAW versi 1.0 dan mendapat respon baik dari masyarakat, lalu akhirnya Corel Corporation menjadi perusahaan yang berfokus pada pengembang Software.

pengertian corelDRAW adalah
sumber gambar: wikimedia.org

B. Versi CorelDRAW dan Tahun Rillisnya

Berikut ini versi dari yang pertama hingga yang terbaru, diantaranya:

  • Versi 1 – Januari 1989
  • Versi 2 – September 1991
  • Versi 3 – Mei 1992
  • Versi 4 – Mei 1993
  • Versi 5 – Mei 1994
  • Versi 6 – Mei 1995
  • Versi 7 – Oktober 1996
  • Versi 8 – Agustus 199
  • Versi 10 – November 2000
  • Versi 11 – Agustus 2002
  • Versi 12 – Februari 2004
  • X3 – Januari 2006
  • X4 – Januari 2008
  • X5 – Februari 2010
  • X6 – Maret 2012
  • X7 – Maret 2014
  • X8 – Maret 2016

C. Manfaat dan Fungsi CorelDRAW

1. Membuat Desain

Fungsi utama CorelDRAW yaitu untuk membuat desain grafis khussnya berbasis vektor mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Software ini dapat melakukan semua itu dengan berbagai tools yang disdiakan, maka banyak desainer yang menggunakannya untuk menunjang pekerjaannya karena dapat menghasilkan grafis yang berkualtas tinggi.

2. Membuat Desain Logo, Brosur, Poster, Spanduk, hingga Undangan Acara

Fungsi selanjutnya yaitu dapat berguna untuk membuat desain seperti logo, poster, brosur, spanduk, hingga undangan suatu acara. Maka banyak perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis yang memanfaatkan software ini untuk meunjang pekerjaan bisnisnya.

3. Membuat Ilustrasi Gambar

Dengan tools yang disediakan, memungkinkan desainer dapat membuat ilustrasi gambar dengan kualitas tinggi dengan menambahkan efek tertentu. Biasanya banyak deainer juga memanfaatkan CorelDraw untuk membuat ilustrai gambar untuk keperluan sablon pada pakaian.

4. Membuat Denah

Karena software ini berbasis vektor, desainer dapat membuat denah suatu tempat atau daerah dengan kualitas tinggi sesuai yang di inginkan clientnya.

D. Beberapa Jenis Format File CorelDRAW

1. .CDR

.CDR adalah format file CorelDraw yang asli, jenis file ini sering digunakan untuk proses berbagai macam percetakan khusunya produk desain grafis. File .CDR ini merupaka data lembaraan kerja grafik vektor, didalamnya bisa berisi teks, gambar, garis, efek, warna, dll. Jensi .CDR juga bisa menyimpan desain surat undangan, brosur, poster, spanduk, dll. Format ini dapat di eksport menjadi format .jpg, .png, .bmp, .ai, dan .pdf.

2. .BMP

.BMP adalah singkatan dari Bitmap Image merupakan format file yang ada pada CorelDraw, jenis file grafis ini tergolong fleksibel sehingga bisa terbaca oleh program desain grafis lainnya dan bisa menyimpan gambar dengan mode warna Grayscale, RGB, hingga Index Color. .BMP bisa menyimpan file grafis dengan kualitas 1 hingga 24 bit.

3. .EPS

.EPS adalah singkatan dari Encapsuled Postcript, merupakan format file berbasis vektor yang bisa digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen pada program desin grafis. Format .EPS merupakan jenis file yang biasanya dibuat oleh Adobe Ilustrator. Tapi jenis ini kompetible dengan banyak program desain grafis salah satunya CorelDraw.

4. .CDT

.CDT adalah merupakan file grafis yang bisa di buat CorelDraw, berisikan objek, halaman, vektori. .CDT berguna untuk membuat dokumen desain grafis seperti logo, surat undangan, halaman web, brosur, dll.

E. Kelebihan CorelDRAW

1. Hasil Gambar Vektor Dengan Kualitasnya Lebih Baik

Grafis yang dibuat dengan vektor memiliki kualitas yang tinggi sehingga tidak akan pecah saat diperbesar, karena perbandingan format vektor memiliki perbandingan rasio. Berbeda dengan gambar bitmap yang jika di perbesar akan pecah. Baca Juga: Pengertian Grafis, Jenis Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

2. Dukungan Format Import dan Export File Yang beragam

Software ini meiliki berbagai macam format yang populer sehingga bisa di buka atau di view atau di export maupun inport ke software lain yang sejenis. Misalnya format file .AI yang di dukung Adobe Ilustrator, .PDF yang di dukung Adobe Portable Document, .DWG yang di dukung AutoCad, hingga .PSD yang di dukung Adobe Photoshop.

3. Tools Yang Beragam

Banyak tolls yang disediakan mulai dari untuk melakukan desain, selection, editing, hingga memberi efek pada desain. Karena inilah banyak desainer yang menjadikan CorelDraw sebagai software andalannya untuk melakukan pekerjaan.

4. Banyak Digunakan Perusahaan Desain

Kenapa ini menjadi kelebihan? karena banyaknya perusahaan yang menjadikan CorelDraw menjadi standar untuk membuat desain grafis, terutama perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Sehingga banyak sekolah dan universitas yang menjadikannya menjadi salah satu materi yang dipelajari. Oleh karena itu CorelDRAW menjadi slaah satu standar software desain yang hasrus di pelajari.

F. Kekurangan CorelDRAW

1. Mahal/Berlisensi

Yang paling dirasakan kekurangannya yaitu berlisensi, jadi untuk menggunakannya kita harus membeli lisensi dan itu cukup banyak mengeluarkan uang tapi hal ini tidak akan jadi persoalan bagi yang memiliki uang lebih. Tapi hal tersebut sebanding dengan support dan kecanggihan yang didapatkan.

2. Kurang Cocok Untuk Mengedit Foto

Bukannya tidak bisa melakukan editing foto tapi CorelDraw lebih cocok untuk membuat desain grafis berbasis vektor, untuk mengedit foto lebih baik menggunakan Adobe Photoshop karena lebih ke berbasis bitmap. Baca Juga: Pengertian Adobe Photoshop

3. Kurang Memuaskan Jika Grafis Vektor dan Bitmap Digabung

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa CorelDRAW merupakan software yang lebih cocok untuk membuat grafis berbasis vektor, jadi jika digabungkan dengan gambar berbasis bitmap hasilnya kurang bagus atau tidak memuaskan.

4. Ukuran File Yang Besar dan Membutuhkan Spesifikasi PC Tinggi

File grafis yang dihasilkan cukup besar karena memiliki kualitas yang tinggi dan untuk menggunakan software ini juga mengharuskan pengguna memiliki komputer spesifikasi yang tinggi mulai dari processor, vga, hingga kapasitas RAM -nya, semakin baru versinya semakin tinggi juga spesifikasi komputer yang di butuhkan.

G. Kesimpulan Pebahasan

Jadi pengertian CorelDRAW adalah jenis software yang mampu membuat desain grafis atau sebagai editor grafis berbasis vektor, format file aslinya yaitu .CDR yang didalamnya bisa berisikan data halaman kerja grafis vektor, teks, gambar, efek, warna, dll. Banyak desainer atau perusahaan menggunakan software ini terutama untuk mendesain brosur, sampul buku, spanduk, undangan, atau keperluan grafis lainnya. CorelDraw pertama kali diluncurkan pada januari tahun 1989 oleh perusahaan Corel Corporation yang terletak di Ottawa, Kanada.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kamu khususnya mengenai aplikasi yang berguna untuk desain grafis. Jika ada kesalahan dalam pembahasan ini kami mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.