Pengertian Adobe Photoshop adalah Software Penyunting Gambar Yang Populer

Posted on

Pengertian adobe Photoshop adalah salah satu software yang sangat populer digunakan dalam dunia desain grafis saat ini. Bisa di katakan Software ini sangat canggih mampu memberikan fasilitas atau tools yang kumplit untuk mengedit gambar hingga membuat manipulasi dengan cara sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Maka tak heran banyak desainer menggunakannya untuk menunjang pekerjaan karena kecanggihanya tersebut.

A. Definisi Photoshop Lebih Lengkap

Pengertian Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh Adobe Inc. yang berguna untuk mengedit grafis hingga membuat efek manipulasi secara sederhana maupun yang sulit sekalipun. Saat ini Photoshop menjadi software standar yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis, terutama banyak digunakan oleh fotografer dan berusahaan yang bergerak di bidang desain grafis. Photoshop saat ini digadang-gadang menjadai software terbaik yang pernah di produksi sebagai penyunting gambar.

Software yang berbasis bitmap ini menyediakan berbagai macam fitur untuk membuat efek hingga tools untuk memanipulasi foto seperti membuat pewarnaan, mengabungkan, masking, dan sebagainya sehingga dapat menghasilkan efek gambar yang di inginkan. Maka banyak desainer menggunakannya sebagai perangkat lunak untuk pendukung pekerjaannya.

adobe photoshop adalah
Gambar: Flickr.com

Lembaran kerja Photoshop disebut dengan layer atau susunan lapisan yang bisa di susun sesuai keinginan penggunanya, adapun beberapa pewarnaan yang disediakan seperti CYMK color, RGB Color, Lab, Color, Grayscale, Bitmap, dan Duotone. Baca Juga: Pengertian Grafis, Jenis Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap

B. Beberapa Format File Photoshop

Pengguna dapat menyimpan foto/gambar hasil editannya dalam bentuk .jpg, .png dan lain-lain tapi itu buka format asli dari file photoshop, beberapa format file aslinya seperti:

1. *.PSD

.PSD adalah singkatan dari Photoshop Document yang dimana pengguna dapat menyimpan gambar dalam bentuk layer. Layer tersebut didalamnya bisa berbentuk mask, chanel, opacity, teks, dan pengaturan lainnya.

2. *.PSB

.PSB adalah singkatan dari Photoshop Big, suatu format hampir sama dengan .PSD, bedanya penggunaya dapat menyimpan file dalam bentuk lebih besar kisaran 2 GB baik itu dalam bentuk dimensi gambar maupun keseluruhan file.

3. *.PDD

.PDD adalah jenis file yang bisa di buat oleh PhotoshopDelux, didalamnya format ini bisa menyimpan gambar, garis, teks hingga layer.

C. Sejarah Adobe Photoshop

Tahun 1987 Thomas Knoll seorang mahasiswa mulai membuat program pada Mac Plus-nya untuk menampilkan gambar jenis grayscale di layar monokrom. Program yang dibuatnya menarik perhatian saudaranya yaitu John Knoll yang dimana merupakan karyawan Industri Light and magic dan memberi saran supaya Thomas merubah program yang dibuatnya menjadi penyunting atau program untuk mengedit gambar.

Lalu Thomas dan saudaranya pada tahun 1988 bersama-sama mengembangkan program tersebut dan diberinama ImagePro. Pada tahun 1989 Thomas mengubah nama programnya dari ImagePro menjadi Photoshop. Jhon memberikan demonstrasi programnya tersebut kepada Adobe System Inc. dan Adobe memutuskan untuk membeli Lisensi program tersebut lalu mendistribusikannya pada tahun 1988.

D. Manfaat dan Fungsi Adobe Photoshop

1. Fungsi

Fungsi Adobe Photoshop adalah sebagai software yang berfungsi untuk mengedit foto atau gambar dengan menambah efek-efek manipulasi tertentu, seperti menambahkan teks, menyatukan objek, membuat efek tertentu sehingga menghasilkan bisa gambar yang lebih menarik dengan kualitas tinggi.

Interface Photoshop CS6

2. Manfaat

Yang paling utama manfaat Adobe Photoshop sebagai software untuk membermudah seorang khususnya yang berprofesi sebagai desainer dalam membuat gambar yang diinginkan dengan kualitas yang tinggi, adapun contoh manfaat lainnya seperti:

a. Mengatur warna

Manfaat photoshop yang lainnya untuk mengubah warna serta menambah warna sesuai dengan kriteria yang di inginkan, dengan begitu warna foto menjadi lebih menarik.

b. Manghilangkan objek

Dengan tools yang disediakan pengguna dapat menghilangkan objek / sebagian objek pada foto, dengan begitu kita dapat mendapatkan hasil foto yang di inginkan.

c. Mengatur ukuran gambar

Baik itu dalam bentuk resolusi maupun dalam bentuk frame gambar dapat diatur sesuai keinginan, tentunya kualitasnya juga bisa diatur.

d. Menyatukan objek

Manfaat selanjutnya pengguna dapat menyatukan objek yang berasal dari dua gambar atau lebih menjadi satu gambar dengan tools dan teknik tertentu.

e. Membuat gambar

Selain dapat mengedit dan memanipulasi foto, pengguna juga bisa membuat gambar seperti ikon logo, hingga tulian dengan efek tertentu.

Baca Juga: Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya

E. Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan Kelebihan Adobe Photoshop adalah karena kecanggihan yang dililikinya mulai dari tools yang disediakan, hingga bisa dijadikan perangkat lunak untuk membuat manipulasi gambar secara kompleks dengan hasil yang berkualitas tinggi.

Adapun kekurangan Adobe Photoshop yaitu harganya yang mahal hal ini sebanding dengan fasilitas yang diberikan mulai dari tools hingga update. Selain itu semakin baru versinya semakin tinggi spesifikasi komputer yang dibutuhkan. Lalu bagi orang awam yang pertama kali memakainya akan merasa kesulitan tapi hal ini bisa di atasi karena banyak buku atau tutorial untuk menggunakannya di Internet.

Akhir kata, jadi adobe photoshop adalah suatu aplikais yang berguna untuk mengedit dan memanipulasi foto dengan efek tertentu. Itulah pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu mengenai berbagai macam aplikasi pada komputer khususnya menganai aplikasi desain grafis.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.