Fungsi Utama Program Microsoft Excel adalah Mangolah Data Berupa Angka

Posted on

Kenali fungsi utama program microsoft Excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data khsusnya berbentuk angka, yang dilengkapi pengertian excel, jenis file, kelebihan dan kekurangannya. Software komputer untuk perkantoran sering kita gunakan dalam aktivitas kerja sehari-hari terutama dalam membuat dokumen, yang paling sering digunakan yaitu Microsoft Office di dalamnya terdapat Word untuk mengolah data berbasis teks, PowerPoint untuk membuat materi silide presentasi, Access untuk membuat relasi basis data, dan Excel yang sering digunakan untuk mengolah data berbasis angka tapi bisa juga untuk mengolah teks. Seperti yang sudah diketahui bahwa Microsoft Office dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Corporation dan biasanya selalu terdapat pada perangkat komputer khusnya yang menggunakan OS Windows.

A. Lebih Mendalam Tentang Pengertian Microsoft Excel 

Yang dimaksud dengan Microsoft Excel adalah suatu software yang memiliki lebaran kerja disebut spreadseheet yang dibuat oleh Microsoft Corporation, umumnya digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka. Software ini sering disebut juga Excel, MS. Excel ataupun Micrsoft Office Excel karena termasuk kedalam keluarga aplikasi Microsoft Office. Jadi jika kamu menginstall Microsoft Office maka didalamnya sudah termasuk Excel, PowerPoint, Word, Access, dll.

Sebagian besar orang menggunakan Excel ketika melakukan pengolahan data berbentuk angka karena software ini mampu mengolah data khususnya angka dalam jumlah banyak. Dalam membantu pengolahan datanya disediakan berbagai macam formula atau rumus mulai dari tambah, kurang, bagi, dan hingga formula yang memiliki logika kompleks.

fungsi utama program microsoft excel adalah
sumber: pixabay.com

Formula Excel dapat digunakan untuk membantun proses perhitungan atau kalkulasi dari yang sederhana hingga yang kompleks, baik itu dalam bentuk angka, hingga teks biasanya data yang disajikan selalu dalam bentuk table yang terdapat pada cell-cell. dengan begitu mengolah data akan menjadi lebih cepat, praktis, dan hemat waktu.

Area karja Excel disebut system workbook, di dalam workbook tersebut terdapat worksheet atau yang lebih dikenal dengan sebutan sheet yang terdiri dari banyak sel/cells. Jadi system Workbook itu di ibartkan sebuah buku dan sheet merupakan lembaran halamannya. Baca Juga: Pengertian PowerPoint: Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangnya

B. Fungsi Microsoft Excel

Secara garis bersar fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai software komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data berbentuk angka, tapi bisa juga digunakan untuk mengola data berbentuk teks, hal ini sesuai kebutuhan penggunanya, selain itu kita juga dapat mencara informasi mengenai data tertentu seperti data median, data terbesar, data terkecil, dll. Excel juga bisa melakukan perhitungan aritmatika dan membuat statistika. Bagi banyak perusahaan Excel burguna untuk merekap data hasil penjulan, menyusun anggaran, membuat catatan keuangan, hingga membuat laporan dalam bentuk tabel dan grafik. Maka tak heran bagi seseorang yang berprofesi sebagai akunting sering mengganakan software ini karena membantu mempermudah pekerjaannya.

C. Sejarah Microsoft Excel

Microsoft membuat program spreadsheet yang disebut “Multiplan” pada tahun 1982, saat itu yang terkenal adalah Lotus 1-2-3. Sehingga Microsoft mulai mengembangkan program spreadsheet yang diberinama Excel, versi pertama di rillis pada tahun 1985 untuk Machintos dan menyusul verisi 2.0 pada November tahun 1987 untuk Windows. Lalu pada tahun 1988 Excel mulai menggeser Lotus 1-2-3 pada pasar program spreadsheet. Pada saat itu Microsoft merillis versi Excel terbaru untuk Windows rata-rata setiap dua tahun sekali.

Pada awal perillisannya, Excel berganti nama menjadi Microsoft Excel karena menjadi sasaran tuntutan dari industri finansial yang menjual perangkat lunak dengan nama yang sama. Meski begitu Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang menuntut mereka sehingga penggunakan penamaan Excel bagi software spreadsheet-nya tidak jadi masalah lagi.

Excel 2016

D. Kelebihan Microsoft Excel

1. Mudah Digunakan

Maksudnya karena Excel sudah familiar digunakan khususnya oleh orang Indonesia. Maka banyak sekali perkantoran atau perusahaan yang menggunakannya untuk kepentingngan bidang akuntansi terutama dalam mengolah data yang berbentuk angka.

2. Esktensi File Yang Kompetible

Ekstensi filenya seperti .xls yang kompetible dengan program lainnya yang sejenis, maka tak heran banyak yang menggunakannya karena sangat praktis dan efesien.

3. Bisa membuak File .csv

Kelebihan microsoft Excel selanjutnya bisa membuka file ber-ekstensi .csv (Comman Sparated Values) merupakan format basis data dimana setiap recordnya dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma (;). Baca Juga: Pengertian Field, Record, Table, File, Data dan Basis Data

4. Lembar Kerja (Worksheet) Yang Luas

Lembar kerjanya sangat luas dan bisa digunakan sesuai kebutuhan kita, tentunya hal ini dapat mempermudah dalam pengolahan data yang banyak sehingga tidak perlu membuat banyak file cukup hanya membuat satu file untuk semua data.

5. Adanya Versi Web

Saat ini sudah terdapat Excel untuk web, jadi aplikasi ini berbasis web yang bisa diakses melalui web browser. Jadi bisa digunakan untuk menampilkan hingga mengedit lembar kerja excel hanya menggunakan web browser, tapi untuk mengaksesnya diperlukan akun OneDrive. Selengkapnya: Excel Untuk Web

6. Didukung banyak Tools Yang Berguna

Banyak tools yang disediakan seperti untuk membuat table hingga membuat statistik atau grafik sesuai keinginan kita. Selain itu terdapat juga fasilitas yang disebut Pivot Table yang berguna untuk meringkas banyak table dan membuat data lebih mudah di analisa dan di pahami.

E. Kekurangan Microsoft Excel

1. Berbayar

Sebenanya versi asli Excel itu berbayar dan tidak geratis, untuk pengguna Office 365 versi Excel yang berbasis Cloud kita harus berlangganan, apalagi yang versi dekstop kita harus mengeluarkan uang yang cukup lumayan untuk lisensinya. Tapi hal ini sebanding dengan fasilitas yang diberikan seperti update dan tools yang beragam untuk mendukung pekerjaan dalam mengolah data.

2. Sulit Digunakan Orang Awam

Jika kamu baru menggunakan software ini tentunya akan merasa kesulitan saat pertama penggunakannnya, terutama dalam melakukan prhitungan sebab banyak formula atau rumus yang harus di kuasai untuk mempermudah pekerjaan.

workbook excel
Workbook Excel 2016

F. Beberapa Jenis Extension atau Format File Excel

Microsft Excel mempunyai banyak ektensi file yang bisa digunakan, tentunya setiap ekstensi file tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Saat kita menyimpan lembar kerja kita dapat memilih jenis ekstensi sesuai keinginan:

1. .xls

.xls adalah ekstensi file pada Excel yang terdapat hingga versinya 2003, dan Jenis Ekstensi ini merupaka default dari jenis Excel dan berbasis data Biner.

2. .xlsx

.xlsx adalah ektensi file yang ada sejak Excel 2007. Merupakan File Spreadsheet tanpa Macro, jadi berbasis format XML, sehingga ukuran filenya bisa lebih kecil daripada format XLS yang sbelumnya.

3. .xlsm

.xlsm adalah jenis file excel yang sudah berbasis XML dimana mampu menyimpan jenis file macro di dalamnya. .xlsm sendiri merupakan singkatan dari Excel Spreadsheet Macro-Enabled.

4. .xlsb

.xlsb adalah jenis filr workshet Excel yang hanya ada pada versi 12 keatas, tentunya file ini merupakan jenis XML tapi memiliki kode data dalam bentuk biner, sehingga estensi ini lebih cepat dan efesien.

5. .xlam

.xlam adalah singkatan dari Excel Add-in Macro Enabled, merupakan format file yang berguna untuk add-in, yang diaktifkan Makro digunakan untuk menambahkan fungsin baru. Hampir mirip dengan format spreadsheet lainnya, jenis .xlam berisikan cells yang dapat dibagi kedlam baris hingga kolom yang berisikan teks, gambar, hingga formula.

G. Penutup

Jadi fungsi utama program microsoft excel adalah untuk mengolah data khusunya dalam bentuk angka dan disajikan dalam bentuk spreadseheet. Excel sendiri menawarkan banyak kelebihan terutama antar muka yang nanyaman dibandingkan dengan yang lain, selain itu softwere ini yang pertama kali memberikan fasilitas kepada pengguna untuk mengatur antar muka lembar kerja seperti mengatur jenis font, ukuran font, menambahkan atribut karakter, dan kostumisasi tampilan tabel maupun cell.

Demikian pengertian microsoft excel, semiga pembahasan ini dapat memberikan manfaat terutama dalam menambah wawasan dalam mengenal berbagai macam jenis software untuk mengolah data. Jika di temukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.