Sales Promotion adalah Cara Mempromosikan dan Menjual Produk

Posted on

Memahami seputar definisi sales promotion adalah: dilengkapi tujuan, manfaat, dan contoh penerapannya pada dunia marketing – Setiap perusahaan tentunya akan memromosikan produk yang dijualnya dengan berbagai cara atau strategi dan berharap dari promosi tersebut dapat meningkatkan penjulan sehingga target omset dapat tercapai, Istilah ini dikenal dengan sales promotion.

A. Apa Pengertian Sales Promotion ?

Yang dimaksud dengan Sales promotion adalah suatu aktivitas dalam pemasaran dengan tujuan utama memberikan nilai tambah bagi suatu produk, baik itu produk baru atau lama sehingga menarik minat calon konsumen.

Dengan sales promotion maka produk yang dijual akan di promosikan sehingga diharapkan omset penjualan dapat meningkat. Tentunya dalam melakukan promosi memerlukan biaya yang jumlahnya relatif besar, oleh sebab itu sebelum melakukan promosi harus membuat perencanaan supaya kegiatannya memiliki presentase keberhasilan yang tinggi.

sales promotion adalah
sumber: flickr.com

Maka dalam kegiatan ini seseorang yang melakukannya yaitu sales harus ekstra bekerja keras dalam mengenalkan produk kepada calon konsumen. Biasanya jika di perusahaan distributor, principal brand tersebut akan menargetkan produk tersebut harus terjual sampai habis dalam kurun waktu tersebut. Jika produk yang terjual sesuai dengan target maka sales akan mendapatkan bonus insentif penjulan. >>Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

B. Tujuan Sales Promotion

Beberapa tujuan dan manfaat sales promotion antara lain:

1. Brand Awareness

Dengan melakukan promosi penjualan maka akan menaikan brand awarness, dimana hal ini akan mempengaruhi penjulanan produk karena brand semakin dikenal banyak konsumen.

2. Membuat Pasar Untuk Produk Baru

Produk baru akan semakin dikenal di pasaran, sehingga perusahaan akan mengetahui targetnya di pasaran mengenai siapa saja dan saat kapan konsumen membelinya, dengan begitu maka akan mendapatkan data-data mengenai produk tersebut seperti sasaran konsumen yang tepat.

3. Produk / Brand Tetap Kompetitif di Pasaran

Dengan melakukan promosi dapat membuat produk atau brand tetap kompotitif di pasaran, sehingga tidak akan tergerus oleh produk atau brand kompetitor.

4. Membentuk Loyalitas Konsumen

Dengan melakukan sales promotion maka akan membuat konsumen mendapatkan keuntungan saat membeli produk yang di promosikan seperti konsumen bisa mendapatkan diskon atau bonus, dengan begitu konsumen akan lebih loyal berlangganan produk yang kita jual.

C. Contoh Sales Promotion

Berikut ini beberapa contoh kegiatan sales promotion yang sering dilakukan beberapa perusahaan untuk memperkenalkan produk atau brandnya:

1. Beli Satu Gratis Satu / Bonus Pembelian

Contoh sales promotion yang pertama yaitu jika kita membeli suatu produk satu maka akan mendapatkan bonus satu produk yang sama, atau bisanya ada juga yang beli dua gratis satu. Hal tersebut biasanya digunakan untuk mempromosikan produk atau brand baru supaya lebih dikenal.

2. Diskon

Potongan harga dapat menarik minat calon konsumen, biasanya diskon akan diberikan kepada konsumen jika membeli produk dalam jumlah tertentu sehingga pembelian menjadi lebih banyak dari biasanya.

3. Beli Produk Dalam Jumlah Tertentu Gratis Produk Lain

Ada juga dengan membeli produk dengan jumlah tertentu maka akan mendapatkan produk lain tapi masih satu brand. Misal kamu membeli air mineral kemasan botol sebanyak 12 karton maka kamu akan mendapatkan bonus air mineral kemasan gelas 1 karton.

4. Memberikan Sample Produk

Promosi juga bisa dilakukan dalam memberikan sample produk kepada calon konsumen, biasanya sample tersebut akan diberikan kepada konsumen yang sudah berlangganan dengan pihak brand tersebut, dengan begitu diharapkan sample tersebut bisa menarik perhatian konsumen. >>Baca Juga: Canvasser adalah Profesi Menjual Produk Langsung Ke Konsumen

Akhir kata, jadi sales promotion adalah kegiatan mengenalkan produk atau brand kepada calon konsumen sehingga tertarik untuk membelinya dan produk tersebut menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Kegiatan ini terdiri dari berbagai kegiatan promosi, seperti pemberian bonus, pemberian sample, hingga pemberian diskon. Dengan strategi yang direncanakan dengan baik maka dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan, selain itu promosi juga dapat menargetkan sasaran konsumen hingga menciptakan loyalitas konsumen dalam berlangganan produk yang kita jual.

Itulah penjelasan tentang pengertian sales promotion, semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat dalam nemabah wawasan kamu dalam dunia marketing, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.