Sales Force adalah: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Kemampuan Harus Dimiliki

Posted on

Berikut ini pengertian sales force adalah: dilengkapi juga dengan tujuan, tugas, sikap dan kemampuan yang wajib dimiliki – Dalam dunia kerja khususnya bidang marketing kita sering mengenai istilah sales force yang dimana selalu dikaitkan dengan tugas memenuhi target penjualan yang sudah ditentukan perusahaan. Tugas tersebut merupakan tugas yang relatif berat, maka tak heran jika gaji seorang sales lumayan besar.

A. Apa Pengertian Sales Force ?

Yang dimaksud Sales Force adalah suatu istilah yang berkaitan dengan tim marketing, strategi marketing, hingga teknologi yang digunakan untuk mendorong penjualan dan tumbuh kembangnya perusahaan.

Tim sales tentunya selalu bekerja di lingkungan yang penuh dengan tekanan terutama terget penjulan, menghadapi berbagai macam penolakan hingga komplain dari konsumen. Selain itu sales selalu menghadapi berbagai macam karekter calon konsumen, dari yang koperatif hingga yang tidak.

sales force adalah
sumber: thebluediamondgallery.com

Menjadi bagian dari tim sales force maka seseorang harus memiliki kemampuan dan wawasan yang baik, selain itu perusahaan juga harus mendukung kinerjanya muali dari menyediakan sarana pendukung seperti teknologi untuk mendukung aktifitas tim sales. Karena tugas yang memiliki target yang cukup berat maka tidak heran gaji menjadi tim sales cukup lumayan juga, selain itu jika target penjulan tercapai biasanya perusahaan selalu menyediakan bonus berupa insentif.

B. Tujuan Sales Force

Salah satu tujuan sales force adalah untuk mengembangkan dan mengoptimasi bisnis suatu perusahaan, dengan begitu bisnis semakin berkembang dan produk atau brand lebih dikenal konsumen di pasaran.

Selain itu tujuan sales force untuk mendapatkan Key Performance Indicator / KPI penjulan. Key Performance Indicator penjulan merupakan nilai yang dapat diukur yang nenandakan performa dari proses marketing yang dilakukan. Dengan hal ini maka apakah tim sudah melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai target penjualan atau belum. KPI penjulan juga dapat dihubungkan dengan perhitungan seberapa besar insentif yang di bisa di dapatkan oleh tim sales.

C. Beberapa Tugas Sales Force

Berikut ini beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab tim sales force, misalnya sebagai berikut:

  • Buatlah riset berupa daftar pelanggan atau pasar yang memiliki prospek bagus sesuai dengan kriteria yang dinginkan perusahaan.
  • Menyiapkan materi presentasi produk yang akan di jual ke calon konsuemen.
  • Berusaha melakukan penjualan sesuai target yang telah di tetapkan oleh pihak perusahaan.
  • Membuat laporan aktivits penjulan mislanya laporan harian, mingguan, hingga bulanan dengan format laporan yang sudah di tetapkan perusahaan.
  • Secara terus menerus lakukan penjulan dan jangan menyerah untuk mencapai target, jangan lupa tambah wawasan kamu mengenai teknik marketing yang efektif.
  • Memelihara konsumen yang sudah di peroleh sehingga tetap berlangganan.

D. Sikap dan Kemampuan Yang Harus Dimiliki Sales Force

Beberapa kemampuan wajib dimiliki saat menjalankan sales force, antara lain:

1. Kerja Sama Tim

Jika di tempatkan pada suatu tim tentunya harus memiliki sikap maupun kemampuan bekerjasama yang baik, seperti saling membantu hingga saling mendukung satu sama lain. Dengan begitu tim dapat mencapai target penjulan yang sudah ditentukan.

2. Berpenampilan Bersih dan Rapi

Kadang saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja dengan kriteria harus good looking, menurut saya kriteria seperti itu salah besar, jadi seolah-olah seperti membuat tidak adil! Jadi jika ada syarat dengan kriteria seperti itu sebenarnya perusahaan tersebut mau mencari karyawan sales atau model? Untuk menjadi sales cukup menjaga kebersihan diri, berpakian rapih dan sopan, selain itu perhatikan tata rambut serta harus wangi. Misal untuk seorang laki-laki memakai kemeja lengan panjang, memakai celana formal, sabuk, sepatu hitam, dan rambut tertata rapi, hal tersebut sudah cukup.

3. Mampu Berkerja Dengan Tekanan

Tekanan di sini yaitu target yang harus dipenuhi yang sudah di tentukan perusahaan. Biasanya perusahaan akan mendukung dengan cara memberikan diskon atau bonus penjulan sehingga sales dapat lebih mudah memasarkan produk dan menarik perhatian calon konsumen. Umunya pemberian bonus dan diskon ini sering disebut dengan sales promotion. >>Baca Juga: Sales Promotion adalah Cara Mempromosikan dan Menjual Produk

4. Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik terutama dalam mempresentasikan produk tentunya sangat penting saat menawarkan produk ke calon konsumen sehingga tertarik untuk membelinya.

5. Paham Teknologi

Jaman sekarang kita bekerja tidaka jauh dari penggunaan teknologi seperti smartphone hingga komputer. Saat ini Teknologi dapat digunakan untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk secara digital atau yang lebih dikenal dengan istilah Digital Marketing, oleh sebab itu teknologi sangat penting untuk perkembangan suatu bisnis. >>Baca Juga: Pengertian Media Promosi

6. Optimis dan Pantang Menyeraha

Yang namanya mencapai target penjulan itu sebenarnya gampang-susah. Jika produknya sudah dikenal masyarakat luas maka akan relatif gampang dalam memasarkannya, tapi jika produknya baru hal ini manjadi tantangan tersendiri bagi seorang sales disinilah sikap optimis dan pantang menyerah di perlukan.

7. Analisa Yang Baik

Seperti analisa sasaran calon konsumen hingga analisa pasar yang potensial untuk memasarkan produk sangat penting untuk mencapai keberhasilan target penjualan dan perkembangan bisnis perusahaan.

Akhir kata, itulah pengertian sales force, semoga penjelasan ini dapat memebrikan manfaat mengenai wawasan dalam dunia marketing, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.