Sales Advisor adalah Bertugas Menjual Sekaligus Konsultan Produk

Posted on

Secara singkat pengertian sales advisor adalah menjual sekaligus menjadi konsultan produk – Kita sering berbelanja di mall, toko, ritel atau tempat perbelanjaan lainnya, saat kita mencari suatu produk atau barang yang kita inginkan biasanya kita akan di bimbing dan di arahkan oleh seorang pegawai. Lalu pegawai tersebut juga akan merekomendasikan barang yang kriterianya seperti apa yang kita cari, nah… pekerjaan tersebut bisa di sebut sebagai seorang sales advisor.

A. Pengertian Sales Advisor Lebih Lengkap

Yang dimaksud sales adavisor adalah suatu pekerjaan marketing yang sekaligus sebagai konsultan produk sehingga calon konsumen mengatahui fungsi dan cara mengunakan produk tersebut. Sales advisor juga sering disebut sebagai konsultan penjualan, karena selain tugasnya menjual produk dia juga memberikan nasihat hingga membantu pelanggan menemukan prduk yang sesuai dengan keinginannya.

Contoh kerja seorang advisor misalnya saat menjual produk elektronik, untuk menemukan laptop maka seorang konsultan penjualan akan menanyakan laptop yang bagaimana yang di inginkan konsumen, apa itu untuk kebutuhan kantor biasa, atau kebutuhan gaming, atau kebutuhan multimedia. Maka disinilah peran advisor untuk merekomendasikan produk yang di inginkan konsumen, biasanya tidak jauh meliputi spesifikasi laptop.

sales advisor adalah
sumber: www.nisbets.jobs

Jadi dalam memasarkan produknya seorang sales advisor akan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga menjadi bagian terdepan pada suatu perusahaan karena secara langsung menjadi penghubung antara peruusahaan dengan calon konsumen, maka tak heran jika target penjulan terpenuhi seorang advisor akan mendapatkan insentif yang cukup tinggi. Perlu diketahui juga bahwa kinerja sales dapat menjadi sumber data Key Performance Indicator yang berguna untuk pimpinan/manajer perusahaan. >>Baca Juga: Key Performance Indicator adalah: Jenis, Manfaat, Syarat, dan Contohnnya

B. Sikap Yang Harus Dimiliki Sales Advisor

Adapun sikap yang hasrus dimiliki oleh seorang advisor, antara lain:

1. Optimisme dan Pantang Menyerah

Seorang advisor tentunya harus selalu optimis dan pantang menyerah terutama dalam mencapai target penjualan yang telah di tetapkan perusahaan. Karena jika target trpenuhi akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan bagi seorang advisor akan menerima bonus berupa insentif.

2. Sabar

Karena akan berhadapan dengan berbagai macam orang yang berbeda karakter dan sering mengalami penolakan saat menjual produk, disinilah dibutuhkan kesabaran terutama dalam menghadapi tekanan pekerjaan yang tinggi.

3. Empati

Selanjutnya kemampuan dalam memahami mood calon konsumen sangatlah di perlukan, dimulai dari mendengarkan hingga mengamati apa yang diinginkan konsumen hal ini akan membuka peluang untuk menjual produk.

4. Kejujuran

Yang paling penting saat bekerja dimanapun yaitu kejujuran, terutama kejujuran saat memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang di jual kepada konsumen. Sikap ini sangat di perlukan sehingga konsumen akan semakin percaya dan tertarik untuk membeli hingga bisa saja berlangganan.

C. Skills yang Harus dimiliki oleh Sales Advisor

Berikut ini beberapa kemampuan yang harus dimiliki sales advisor, antara lain:

1. Menganalisis Peluang

Menganalisis peluang yang baik dapat membuat prospek dalam mengembangkan pasar, sehingga produk yang dijual dapat bersaing dengan kompetitor. Jika sudah terbiasa melihat peluang maka keuntungan untuk mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

2. Pendengar yang Baik

Kemampuan menjadi pendengar yang baik sangat di perlukan, karena harus memahami apa yang diinginkan calon konsumen, sehingga dapat dengan mudah mencari apa yang diinginkannya, dan dengan begitu konsumen akan semakin tertarik untuk membeli.

3. Kemampuan Bernegosiasi

Selain menjadi pendengar yang baik dan mengerti permasalahan yang dihadapi konsumen, seorang sales advisor juga harus pintar bernegosiasi sehingga dapat terbangun koneksi yang baik dengan konsumen. Kemampuan bernegosiasi dapat berguna untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan keuntungan untuk perusahaan. >>Baca Juga: Pengertian Negosiasi dan Tujuannya

4. Wawasan Produk

Jangan lupa wawasan mengenai produk juga harus di kuasai, karena salah satu tugas dari sales advisor adalah menyampaikan informasi produk secara tepat dan rinci.

5. Paham Teknologi

Saat ini menjadi sales apapun harus bisa menggunakan perangkat teknologi, seperti smartphone atau komputer yang berguna untuk menunjang aktivitas bekerja, contohnya untuk melakukan promosi, menghubungi hingga membangun relasi dengan konsumen, dan membuat laporan hasil kerja.

6. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik, ramah, dan sopan sangat penting juga, karena berguna untuk menarik calon konsumen dan membuat citra perusahaan semakin meningkat.

Selain sikap dan kemampuan, seorang sales juga harus memperhatikan penampilannya. Berpenampilan-lah yang sesuai standar perusahaan atau yang rapi, misalnya dengan menggunakan kemeja, celana formal, memakai sabuk, menggunakan sepatu hitam, perhatikan juga tataan rambut, dan jangan lupa pakailah parfum supaya wangi.

D. Tugas Sales Advisor

Sesuai pengertian sales advisor adalah profesi yang bertugas menjual sekaligus menjadi konsultan produk, maka dapat diambil kesimpulan beberapa tugasnya, antara lain:

  • Mencapai target yang telah di tentukan perusahaan.
  • Meningkatkan pelayananan kepada konsumen.
  • Menawarkan sekaligus melakukan promosi produk.
  • Menjual produk sekaligus menjalani relasi dengan konsumen.
  • Menyampaikan informasi produk yang dijualnya kepada konsumen.
  • Mendampingi atau membantu konsumen menemukan produk yang diinginkan.
  • Membuat laporan perkembangan penjualan atau laporan lainnya kepada atasan.
  • Menata produk atau display dan menjaga kebersihan tempat bekerja.

Akhir kata, itulah pengertian sales advisor, yang dilengkapi dengan sikap dan kemampuan yang harus dimilikinya. Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.