12 Makanan Mengandung Asam Folat dan Pengertiannya

Posted on

Setiap Ibu hamil harus tahu beberapa Makanan Mengandung Asam Folat yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil ketika dalam kandungan – Saat ibu sedang mengandung si kecil tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Biasanya para pakar kesehatan sering menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi asam folat dan bergizi sehat karena untuk mendukung tumbuh kembangnya sikecil sejak dalam kandungan.

A. Apa Pengertian Asam folat ?

Yang dimaksud Asam Folat adalah suatu bentuk dari vitamin B kompleks yang larut dalam air, lebih tepatnya disebut juga vitamin B9 yang sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel dan vitamin B9 ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah anemia.

Bagi ibu hamil asam folat sangat penting, asupannya yang cukup selama kehamilan dapat mencegah kecacatan otak dan saraf pada janin. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara cukup minimal empat bulan sebelum masa kehamilan karena zat ini bemanfaat untuk tumbuh kembang otak bayi.

Kebutuhan asupan asam folat sangat bervariasi untuk setiap orang, karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebuthannya seperti faktro usia, jenis kelamin, dan kondisi tertentu seperti saat sedang hamil. Umumnya untuk ibu hamil disarankan mencukupi sekitar 500 mikrogram / hari. Selain itu nutrisi yang penting lainnya seperti protein, vitamin, dsb. sangat berperan dalam pembentukan sel, pertumbuhan, dan perkembangan si kecil sejak dalam kandungan.

Adapun salah satu produk susu yang sering direkomendasikan untuk membantu nutrisi saat ibu hamil adalah Anmum yang di gadang-gadang merupakan susu nomer satu yang membantu dalam memenuhi nutrisi untuk ibu hamil di berbagai negara khususnya bagian Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. Selain bermanfaat untuk membantu memenuhi nutrisi saat masa kehamilan, Anmum juga memiliki produk susu lain untuk mendukung nutrisi ibu yang sedang menyusui, dan susu formula untuk anak hingga usia lima tahun yang memiliki berbagai macam rasa. >>Baca Selengkapnya: Anmum ada di setiap perjalanan Moms

sumber: anmum.com

B. 12 Makanan Mengandung Asam Folat

Jenis makanan tinggi asam folat sangat mudah ditemukan dan kita bisa mendapatkannya dengan harga yang murah, misalnya seperti:

1. Kubis Brussel / Kubis Mini

Kubis brussel merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan kandungan asam folat, kandungannya dalam 78 gram kurang lebih terdapat 47 mikrogram. Sayuran ini juga merupakan sumber antioksidan dan sangat rendah sekali kolestrol. Sehingga nutrisinya sangat bermanfaat untuk bayi dan kesehatan ibu saat hamil.

kubis brussel
kubis brussel (sumber: hippopx.com)

2. Brokoli

Sayuran ini mengandung asam folat yang cukup tinggi, beberapa sumber menyarankan supaya bisa mendapatkan asam folat secara maksimal pada brokoli dianjurkan dikonsumsi secara utuh dengan cara di kukus, tapi bisa juga dikonsumsi sebagai sup sayur supaya terasa lebih nikmat.

3. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang murah, gampang di cari, dan sangat menyehatkan. Salah satu kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk ibu hamil yaitu asam folat, maka tak heran banyak orang yang menganjurkan untuk mengkonsumsinya karena termasuk makanan tinggi asam folat. Sayuran bayam biasanya di konsumsi dengan di jadikan sup dengan campuran jagung manis.

4. Aspargus

Makanan sumber asam folat cukup tinggi salah satunya aspargus, dengan mengkonsumsinya sebanyak 90 gram mengandung asam folat sekitar 130 mikrogram. Selain itu ayuran ini juga mengandung vitamin C, K, A, hingga mengandung zat antioksidan dan anti peradangan.

asparagus makanan mengandung asam folat
asparagus (sumber: pixabay.com)

5. Buah Alpukat

Buah yang mengandung asam folat salah satunya alpukat yang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang paling menyehatkan. Kandungan asam folatnya sekitar 80 mikrogram pada setengah bagian buanya saja. Alpukat bisa di konsumsi secara langsung atau di jadikan jus dan pastikan pilih alpukat yang sudah matang sempurna. Selain itu kandungan serat pada alpukat juga bermanfaat untuk pencernaan, kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, K, dan E yang tentunya sangat di perlukan untuk kesehatan tubuh.

6. Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, selain itu memiliki kandungan vitamin C, potassium, hingga antioksidan. Maka pepaya termasuk buah yang aman di konsumsi ibu hamil. Selain itu buah ini juga terkenal akan seratnya yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

7. Buah Pisang

Selain harganya murah dan mudah di dapatkan ternyata dalam satu buah pisang setidaknya terdapat asam folat sekitar 23 mikrogram, selain itu terdapat nutrisi lainnya seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan perkembangan bayi.

8. Jeruk

Selain alpukat ternyata jeruk juga mengandung sumber asam folat yang dibutuhkan untuk ibu saat masa kehamilan, dalam satu buah jeruk setidaknya terdapat 55 mikrogram asam folat. Buah jeruk juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Buah Bit

Sebenarnya buah bit merupakan akar tunggang dari taaman bit yang umumnya berwarna merah tua. Dalam 130 gram buah bit mentah terkandung sekitar 140 mikrogram asam folat. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, mangan, potasium, yang bermanfaat untuk kesehatan.

buah bit makanan tinggi asam folat
buah bit (sumber: pixabay.com)

10. Kacang-Kacangan

Ternyata kacang-kacangan selain tinggi protein ternyata kaya akan sumber asam folat. Kacang-kacangan bisa dikonsumsi sebagai cemilan. Seperti kacang koro yang memiliki sekitar 358 mikrogram asam folat dalam satu cangkir atau kacang tanah dalam satu cangkir setidaknya memiliki asam folat sekitar 120 mikrogram.

11. Telur Ayam

Telur merupakan sumber makanan yang mudah di dapatkan dan telur sering menjadi bahan dasar untuk membuat segala jenis makanan. Meski kandungannya tidak begitu tinggi tapi layak di pertimbangkan untuk menjadi sumber makanan sebagai asupan asam folat terutama saat masa kehamilan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa telur megandung sekitar 23 mikrogram asam folat, selain itu telur juga tinggi protein, mengandung selenium, riboflavin, dan vitamin B12 yang tentunya di butuhkan untuk pertumbuhan sel bayi.

12. Hati Sapi

Hati sapi mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti vitamin A, zat besi, hingga asam folat. Setidaknya dalam 85 gram hati sapi mengandung 200 mikrogram asam folat, meskipun kandungannya sangat banyak tapi dalam mengkonsumsinya ketika hamil harus Di Batasi dan masaklah secara benar.

“Supaya asupan makanan/nutrisi untuk ibu hamil lebih tepat, alangkah lebih baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan atau gizi supaya lebih terpercaya dan lebih jelas.”

Baca Juga: Sumber Makanan Untuk Lancar ASI

Baca Juga: Apa Itu Lemak Jenuh?

D. Manfaat Asam Folat lainnya

Selain untuk ibu hamil dan calon bayinya, ternyata asam folat juga bermanfaat untuk:

1. Membentuk Sel Tubuh

Zat ini dapat membantu membentuk preotein baru bersama vitamin B12 dan C, hingga pembentukan sel darah merah.

2. Mencegah Anemia

Kurang darah atau Anemia bisa juga akibat kekurangan asupan asam folat  untuk membentuk sel darah merah, saat zat ini tidak tercukupi dalam tubuh maka produksi sel darah akan menurun di bawah normal sehingga dapat menimbulkan anemia.

3. Mempertajam Daya Ingat

Beberapa sumber ada yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dapat mempertajam daya ingat.

Akhir kata, pengertian asam folat adalah vitamin B komplek yang dapat larut dalam air atau dikenal dengan vitamin b9, dan dapat dengan mudah kita temukan dalam makanan sehat. Adapun contoh makanan yang mengandung asam folat seperti pada sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, hati sapi, dan lain-lain. Zat ini juga tentunya dikenal bermanfaat bagi ibu hamil terutama untuk perkembangan si kecil sejak dalam kandungan.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.