Sumber Makanan Untuk Lancar ASI dan Pengertiannya

Posted on

Para bunda harus tahu beberapa “Sumber Makanan Untuk Lancar ASI” yang mudah di dapatkan dan dengan harga yang terjangkau. ASI eksklusif memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi, terutama bagi bayi yang berusia 0 hingga 6 bulan. Beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari ASI eksklusif yaitu membuat si kecil terjaga kesehatannya, sebagai hasupan yang higenis, melindungi si kecil dari penyakit maupun kuman, mencegah diare, meningkatkan imunitas maupun menjaga kesehatan tulang si kecil dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka harus diketahui bahwa tidak ada asupan yang lebih baik selain ASI eksklusif bagi anak bayi.

A. Apakah Pengertian ASI?

ASI adalah singkatan dari “Air Susu Ibu”, merupakan asupan utama dan yang terbaik untuk anak bayi terutama saat berusia 0 hingga 6 bulan. Biasanya ASI diberikan hingga usia 2 tahun pada si kecil dan pada usia di atas 6 bulan dibarengi dengan MPASI. Tentunya setiap Ibu akan memberikan asupan yang maksimal kepada si kecil, tapi beberapa ibu selalu mengalami kendala salah satunya kurangnya produksi ASI.

Kurangnya produksi ASI untuk menyusui bisa diatasi Bunda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang. Ibu menyusui juga biasanya sering dianjurkan untuk memakan sayuran, buah-buahan, dan daging ikan untuk mendukung nutrisinya, terutama dalam memperlancar produksi ASI.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk perlancar ASI saat menyusui yang mudah di temukan di toko atau Marketplace yaitu HERBA ASIMOR, yang mengandung ektrak dari daun katuk dan daun torbangun, serta di dalamnya juga terdapat ekstrak ikan gabus. Bahan-bahan tersebut secara turun temurun sangat dipercaya oleh banyak orang karena dapat memperlacar dan menjaga kualitas ASI.

sumber: mainapahariini.com

B. 12 Sumber Makanan Untuk Lancar ASI

Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui harus di perhatikan, seperti memprioritaskan jenis makanan sehat yang benar-benar dianjurkan sehingga nutrisi hariannya bisa terpenuhi. Untuk memperlacar ASI dibutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, berikut beberapa makanan yang mudah di temukan dengan harga terjangkau seperti:

1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang mudah di temukan dan di beli, baik itu di pasar tradisional maupun pasar modern seperti super market. Syuran ini berwarna oranye hingga kemerah-merahan. Kandungan dalam wortel yaitu enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, tidak hanya itu kandungan nutrisinya seperti vitamin A dan yang lainnya dapat meningkatkan kualitas ASI.

Wortel Sumber Makanan Untuk Lancar ASI
sumber: pixabay.com

2. Bayam

Sumber makanan Untuk lancar ASI yang paling murah selanjutnya yaitu Bayam. Bayam merupakan jenis sayuran yang mudah di budidayakan baik itu dengan cara di tanam dengan media tanah secara langsung maupun dengan cara hidroponik. Sayuran ini harganya sangat murah dan bisa didapat dengan mudah di pedagang tradisional, maka tak heran banyak yang mengkonsumsinya karena nutrisinya yang bermanfaat terutama untuk memperlancar ASI. Kandungan nutrisi di dalam bayam seperti protein dan Zat Besi sangat dipercaya dapat meingkatkan produksi ASI, seta kandungan vitamin K, B, D hingga float-nya dapat meningkatkan kualitas ASI.

3. Daun Katuk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang tua jaman dahulu menyarankan Ibu menyusui untuk mengkonsumsi sayur daun katuk untuk memperlancar ASI -nya. Ternyata beberapa sumber juga menyebutkan bahwa daun katuk mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari Vitamin A, B, C, Zat besi, Koraten, Fosfor dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk meingkatkan kualitas ASI.

4. Kale

Kale merupakan jenis sayuran hijau yang didalamnya mengandung berbagai macam nutrisi seperti Vitamin A, C , K, lalu potasium, zat besi, fosfor, dll. Karena nutrisinya banyak dan tentunya menyehatkan, maka tak heran banyak orang yang mempercayai untuk menjadikanya sebagai sumber makanan perlancar ASI.

kale
sumber: pixabay.com

5. Alpukat

Buah Alpukat yang menjadi salah satu buah dengan banyak kandungan nutrisi yang sangat menyehatkan. Ternyata kandungan didalamya seperti Omega 3, Asam lemak, kalium, vitamin C, B1, A, E, K, dan sebaginya dapat meningkatkan serta memperlancar produksifitas ASI. Lalu kandungan asam amino yang terdapat dalam buah alpukat dipercaya sebagai penyusun protein bagi pertumbuhan sel untuk bunda dan si kecil.

6. Pepaya

Buah pepaya dipercayai dapat memenuhi kebutuhan kalium saat Ibu menyusui. Tidak hanya mudah di dapatkan dan enak ternyata buah pepaya juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, dan kaya akan asam float yang tentunya bermanfaat untuk meingkatkan kualitas ASI juga.

7. Mangga

Buah mangga dapat menjadi salah satu jenis buah yang bisa di konsumsi Ibu menyusui karena kandungannya yang kaya akan nutrisi maupun vitamin seperti Vitamin A, B, C, E, K, dan mengandung asam float, zat besi, kalsium, dll. semua unsur tersebut bermanfaat terutama bagi Inbu menyusui dalam pembentukan ASI.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein bermanfaat sebagai sumber makanan untuk perlancar ASI. Jenis kacang-kacangan yang populer diantaranya kacang Mete dan Almond, selain itu kacang-kacangan tersebut juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan terutama mengurangi efek radikal bebas.

9. Daging Ikan Salmon dan Ikan Gabus

Ikan Salmon yang berkualitas kaya akan nutrisi seperti protein, omega 3 dan asam lemak esensial yang dapat membantu memperlancar produksi ASI juga. Mengkonsumsi salmon dengan cara dimasak secara benar dipercaya nutrisinya dapat mendukung perkembangan kecerdasan si kecil juga. Selain salmon bisa juga dengan mengkonsumsi sup daging ikan gabus.

ikan salmon
sumber: pixabay.com

10. Oat

Dikarenakan berasal dari gandum Oat kaya akan nutrisi seperti Vitamin B, serat, protein, kalsium, hingga zat besi yang dipercaya juga dapat memperbanyak produksi ASI, terutama jika di olah lalu dimakan dengan campuran aneka buah-buahan yang menyegarkan tentunya semakin bertambah nutrisinya yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI.

11. Beras Merah

Kandungan senyawa galaktogogus pada beras merah bagus untuk menjaga kualiats dan perlancar ASI. Beras merah juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, dan mengandung banyak serat di banding beras putih. Selain itu beras merah juga berguna untuk memberikan energi hingga mencegah kelelahan pada ibu ketika masa menyusui si kecil.

12. Yogurth

Kandungan Yoghurt seperti protein dan kalsiumnya dapat menambah ASI, dengan mengkonsumsinya secara tertaur maka persediaan ASI dapat tetap terjaga. Selain itu bakteri baik pada yoghurt juga bermanfaat untuk pencernaan.

Bunda juga harus tahu makanan yang cocok untuk menambah ASI yang tepat, hal ini dikarenakan kadang ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya alergi. Akhir kata…, itulah pengertian dan 10 sumber makanan untuk lancar ASI, semoga pembahasan ini dapat memberikan bermanfaat, terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.