Canvasser Adalah Profesi Menjual Produk Langsung Ke Konsumen

Posted on

Singkatnya pengertian canvasser adalah suatu pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk secara langsung ke calon konsumen – Di Indonesia masih tergolong sangat susah dalam mendapakan pekerjaan sesuai keinginan, kadang seseorang harus banting setir saat mencari kerja, misalnya saat sekolah kamu mendalami bidang yang berkaitan dengan komputer atau otomotif tapi kadang saat bekerja tidak sesuai harapan dan menjadi seorang salesman. Kebanyakan seseorang yang terjun ke dunia sales disebabkan karena suatu keadaan salah satunya karena susah mendapat pekerjan yang sesuai keinginan maupun keahlian. Tapi jangan di remehkan bekerja menjadi sales juga cukup menjanjikan selain gajinya yang lumayan, bisa juga mendapatkan bonus insentif dari penjulan, selain itu memiliki jenjang karir yang jelas juga. Jika tidak ingin ribet kamu bisa menekuni profesi menjadi sales taking order atau sales canvasser. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan provesi canvasser sesuai pengalaman di tempat saya dulu bekerja.

A. Apa pengertian Canvasser ?

Yang dimaksud Canvasser adalah profesi yang menawarkan produk atau jasa secara langsung kepada calon pelanggan dalam suatu proses penjualan. Sebenarnya canvasser bisa juga disebut dengan sales yang secara langsung membawa produk lalu menawarkannya kepada calon pembeli (door to door).

Secara umum seseorang yang berprofesi sebagai sales canvasser akan melakukan kunjungan ke calon pelanggan dengan membawa produk yang dijualnya, tentu produk yang terjual harus di bayar secara langsung oleh pelanggan lalu nanti uangnya akan di setorkan ke perusahaan. Jadi semakin banyak melakukan komunikasi dengan pelanggan maka akan semakin bertamabah banyak pembeli yang akan berlangganan, hal ini tentunya harus disertai juga dengan pelayanan prima. >>Baca Juga: Pengertian Pelayanan Prima Dan Contohnya

sales canvasser adalah
sumber: pixabay.com

Menjalani profesi ini tentunya memiliki banyak tantangan mulai dari target penjulan hingga membuka pasar atau area baru yang potensial. Tentunya dalam menjalani profesi canvasser juga biasanya seseorang harus dituntut memiliki kendaraan minimal seperda motor hal ini jika perusahaan tidak menyediakan inventaris kendaraan atau ada juga yang menggunakan kendaraan roda 4. Tapi jangan salah profesi ini juga memiliki gaji yang lumayan tinggi, memiliki insentif juga jika target penjulan tercapai, dan biasanya juga selalu diberi uang bensin maupun uang sewa kendaraan.

B. Kemampuan Yang Harus Dimiliki Canvasser

Kemampuan harus dimiliki jika kamu ingin menjadi seorangn sales canvasser, sebagai berikut:

1. Bisa Mengendarai Kendaraan

Kemampuan yang pertama menjadi canvasser adalah bisa mengendarai kendaraan minimal sepeda motor dan memiliki surat ijin mengemudi. Biasanya fasilitas kendaraan sudah di sediakan oleh pihak perusahaan, tapi jika tidak kamu harus memiliki kendaraan sendiri.

2. Tekun, Kerja keras dan Pantang menyerah

Sikap tekun, kerja keras dan pantang menyerah sangat di perulakan dalam menjalani profesi sales apapun, mungkin yang mananya di tolah atau di acuhkan clon pelangan sudah menjadi kebiasaan. Karena sifat inilah yang dapat menempa mental kamu dalam menjalani pekerjaan khusunya menjadi sales.

3. Fisik Yang Kuat

Kenapa Fisik yang kuat penting untuk penjadi canvasser? dikarenakan kamu akan bekerja di lapangan, dengan cuaca yang tidak menentu, dan perjalanan mengunjungi calon pelanggan, hal ini tentunya sangat menguras tenaga.

4. Memahami Area

Selanjutnya yaitu memahami area pasar, miasalnya kamu di tempatkan di area bandung maka harus memahami wilayah tersebut sehingga akan lebih mudah dalam melakukan pemasaran produk dan mengunjungi calon konsumen yang potensial.

5. Manajemen Waktu Yang Baik

Selanjutnya yaitu manajemen waktu yang baik, di mulai dari berangkat, mengunjungi pasar, hingga kembali ke kantor menyetorkan uang hasil menjual produk. Dalam hal ini dibutuhkan kecepatan dan ketepatan serta jangan lupa selalu berhati-hati karena kamu akan berkerja di lapangan dengan mengendari kendaraan.

6. Ketelitian

Ketelitian di perlukan karena kamu akan membawa produk yang di jual, kamu harus teliti terutama dalam menghitung berapa banyak produk yang hendak dibawa dan jangan lupa hitunglah uang hasil menjual produk secara tepat jangan sampai kurang karena biasanya jika kurang kamu harus menggantinya dan jika lebih mungkin itu sudah menjadi rezeki kamu.

7. Komunikasi Yang Baik

Yang tidak kalah penting kamu harus pintar berkomunikasi terutama dalam menawarkan produk kepada calon pelanggan sehingga tertarik untuk membeli dan berlangganan. >>Baca Juga: Pengertian Marketing Dan Fungsinya Beserta Konsepnya

Sebenarnya kemampuan yang utama dan paling penting yaitu mahir mengendarai kendaraan dan memiliki fisik yang kuat, kalau kemampuan yang lain sebenarnya bisa di latih siring berjalannya pekerjaan.

C. Yang Harus Di Perhatikan Saat Menjadi Canvasser

  • Perhatikan kesehatan kamu – Makan yang cukup, dan jangan lupa Istirahatlah yang cukup juga setelah pulang bekerja jadi jangan banyak nongkrong serta bergadang saat pulang bekerja.
  • Perhatikan keadaan kendaraan yang digunakan – Karena kendaraan di pakai hampir setiap hari maka cek kendaraan sebelum di gunakan, dan jangan lupa servislah secara teratur.
  • Perlengkaan berkendara – Memakai jaket khusus berkendara, pakailah helm, dan jangan lupa harus memiliki surat ijin mengemudi atau SIM.

Akhir kata itulah pengertian sales canvasser yang dapat saya sampaikan, semoga penjelasan ini bermanfaat dalam menambah wawasan kamu. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.