VCC Adalah: Pengertian Umum, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Singkatnya pengertian VCC adalah jenis kartu kredit yang sering digunakan untuk bertransaksi online – Teknologi digital mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam bertransaksi online. Untuk mempermudahkan bertransaksi secara online maka banyak perusahaan yang membuka jasa menyediakan kartu kredit dalam bentuk virtual.

A. Lebih Lengkap Tentang VCC

Pengertian VCC adalah singkatan dari Virtual Credit Card, yang merupakan jenis kartu kredit tapi berbentuk virtual dan fungsinya hampir sama seperti Credit Card Pada umumnya, Virtual Credit Card memiliki masa berlaku dan biasanya digunakan dalam jangka satu tahun dan tidak memiliki bentuk kartu fisik jadi hanya memiliki nomer digit. Bedanya dengan kartu kredit konvensional, kartu kredit virtual ada yang hanya sekali pakai saja dan memiliki masa berlaku yang singkat.

Tapi secara prinsip kartu kredit virtual memiliki kesamaan dengan kartu kredit konvensional, didalamnya terdapat identitas serta nomer mencapai 16 digit , 3 digit nomer akhir merupakan verifikasi value dan ada masa berlakunya juga sepeti yang sudah di jelaskan. Umumnya VCC berlaku jika saldo masih tersedia dan hanya untuk bertransaksi di Internet. Dalam transaksi biasanya tidak mengenal istilah Cashback atau program Promo, walaupun demikian VCC ini masih menjadi pilihan beberapa kalangan untuk bertransaksi khususnya secara online. >>Baca Juga: Pengertian Kartu Kredit Konvensional

vcc adalah
sumber: pixabay.com

B. Karakteristik VCC 

Beberapa Karkteristik yang dimiliki antara lain:

  • Biasanya selalu ada limit transaksi harian yang berasal dari dana yang disetorkan.
  • Ada jenis yang hanya digunakan untuk sekali transaksi saja.
    Tidak dikenakan biaya iuran tahunan.
  • Beberapa kartu kredit virtual juga bisa digunakan untuk membayar tagihan secara online.

C. Manfaat VCC 

Beberapa manfaat sekaligus menjadi kelebihan VCC yang bisa di dapatkan, antara lain:

1. Mudah berTransaksi online

Media pembayaran transaksi online salah satunya menggunakan kartu kredit, banyak toko online ataupun maretplace yangmenyediakan fasilitas dengan kartu kredit virtual. Saat bertransaksi akan muncul isian untuk mengisikan nomer kartu, identitas, hingga tanggal kadaluarsanya. Salah satu fungsi inilah yang menjadikan kartu kredit virtual dibutuhkan bagi mereka yang sering berbelanja online terutama berbelanja di situs luar negri seperti Amazon dan Ebay, lalu mempermudah pembisnis dalam mendatangkan produk dari luar negri. >>Baca Juga: Marketplace adalah Tempat Aman Jualan dan Belanja Online

2. Sarana membuka akun sistem pembayaran global

Kartu kredit Virtual ibisa digunakan untuk membuat akun sistem pembayaran global seperti PayPal. Dengan akun PayPal kita bisa menerima maupun mentransfer saldo secara Internasional.

3. Mengatur Batas Dana

Pada umumnya yang menjadi kelebihan VCC adalah fitur yang dapat digunakan untuk membatsi dana yang keluar. Jadi pengunaannya dapat dibatasi dan terhindar dari keborosan pengeluran dana.

4. Transaksi lebih aman

Banyak kasus pencurian informasi yang terjadi khususnya di Internet, salah satunya dalam transaksi secara digital. Dengan penggunaan kartu kredit virtual maka potensi ini dalat di minimalisir karen sifatnya hanya sekali pakai dan tidak mnegndung informasi kartu kredit asli penggunanya.

D. Kelemahan VCC 

1. Hanya bisa digunakan BerTransaksi Online

Karena VCC adalah kartu kredit dalam bentuk virtual, maka hanya bisa digunakan untuk bertransaksi online, bahkan ada yang hanya bisa digunakan untuk beberapa situs tertentu saja.

2. Hanya dalam jangka waktu tertentu

Kartu kredit virtual hanya digunakan dalam jangka waktu atau periode tertentu saja, jika ingin menggunakannya lebih lama maka harus di perpanjang.

3. Hanya untuk satu kali transaksi

Ada juga jenisnya yang hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi, jadi jika ingin bertransaksi kembali harus membutnya lagi.

E. Tips atau Cara Memilih VCC 

Sebelum kamu membeli Virtual Credit Card pastikan beli dari penyedia layanannya secara langsung. Perhatikan juga pelayanannya, jika pelayannya tidak baik maka segera tinggalkan cari lagi yang lebih baik. Pastikan reputasi penyedia jasa layanan Virtual Credit Card tersebut baik dan memiliki masa garansi, kamu bisa mencari terlebih dahulu di internet bagaimana tenggapan orang lain yang menggunakan layanan tersebut.

Saat menggunakan layanannya, terus proses pembayaran pembuatan akun berhasil maka data yang berisi 16 digit nomer VCC akan kamu dapatkan, dan kartu kredit virtual tersebut bisa digunakan dengan cara memasukan 3 nomer CVV, tapi yang perlu di ingat jika masa berlakunya habis dan terlambat mengisi saldonya maka kartu kredit virtual tersebut akan di tutup. Perlu diketahui juga VCC sendiri berisi saldo yang pada umumnya nominalnya bisa diisi ulang dengan menghubungi agen penjual VCC tersebut.

Akhir kata demikian penjelasan tentang Pengertian VCC atau Virtual Credit Card, semoga pembahasan ini bermanfaat terutama dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf cukup, sekian dan terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.