Pengertian USB adalah: Fungsi, Versi, dan Jenisnya

Posted on

Singkatnya pengertian USB adalah salah satu jenis konektor yang banyak diginakan untuk menghubungkan perangkat teknologi seperti pada komputer dan gadget. Saat ini keseharian kita tidak pernah lepas dalam menggunakan perangkat teknologi seperti Komputer Dekstop, Laptop, Tablet, Smartphone, hingga perangkat lainnya yang dapat memudahkan segala aktivitas mterutama dalam mengelola data maupun informasi. Pada perangkat teknologi tersebut sering dikenal istilah Konektor USB yang digunakan untuk saling menghubungkan antar satu sama lain.

A. Mengenal Pengertian USB Lebih Lengkap

Kepanjangan USB Adalah Universal Serial Bus, merupakan teknologi yang berfungsi untuk menghubungan antar perangkat seperti keyboard, mouse, maupun printer ke komputer atau charger ke smartphone dan smartphone ke kompuer. Definisi USB juga bisa disebut jenis konektor yang sering digunakan perangkat teknologi supaya bisa terhubung ke perangkat lainnya seperti ke komputer atau charger. Dengan konektor USB seseorang dapat dengan mudah menghubungan antar perangkat, terutama saat melakukan transfer data dari komputer ke flaskdisk, ke Card Reader MicroSD, ke smartphone, ke harddisk eksternal, dan sebagainya.

Perangkat penyimpanan yang menggunakan konektor USB juga bisa digunakan untuk melakukan penginstallan softwere tanpa menggunakan CD-Rom. Selain itu saat ini perangakat komputer seperti keyboard, mouse, modem, printer sebagian besar sudah menggunkaan konektor USB hal ini dikarenakan kemudahan dalam pemasangan, transfer data leboh cepat, dan lebih awet.

 usb adalah
sumber: pixabay.com

Warna di dalam kabel konektor USB memiliki berbagai jenis warna pada umumnya ada warna merah, cokelat, kuning, dan biru. Setiap warna tersebut memiliki peranannya masing-masing, untuk power biasanya berwarna merah dan coklat, sedangkan untuk mentransfer data yaitu berwarna kuning dan biru. >>Baca Juga: Pengertian Gadget

B. Versi USB

Secara garis besar saat ini veris atau generasi USB dibagi menjadi:

1. USB 1.0

Diciptakan tahun 1995 lalau diperkenalkan pada tahun 1996, versi ini memiliki kecepatan mentranfer data sekitar 1.5 Mbits hingga 12 Mbit/s.

2. USB 2.0

Diperkenalkan pada April tahun 2000, versi ini memiliki kecepatan maksimum dalam transfer data sekitar 480 Mbps dan memiliki output daya 2.5V dan 1.8A, serta masih memiliki fungsi yang baik dengan versi sebelumnya yaitu USB 1.1.

3. USB 3.0

Diperkenalkan pada bulan November tahun 2008, versi ini memiliki kecepatan maksimal dalam transfer data sekitar 5 Gbps, dengan tegangan maksimal 5V dan 1.8A. USB 3.0 ini memiliki ciri warna biru pada konektornya dan masih bisa berfungsi baik pada USB 2.0 dan 1.1. Saat ini versi USB 3.0 mengalami perkembangan lagi menjadi versi 3.1 yang dimana kecepatan maksimal transfer datanya dua kali lipat dari versi sebelumnya.

Tentunya Generasi / Versi Konektor USB dapat mengalami perkembangan yang tak terlepas dari perkembangan teknologi. >>Baca Juga: Pengertian Mouse dan Fungsinya

C. Jenis-Jenis USB

Selain memiliki versi, ternyata USB juga memiliki berbagai macam jenis yang terus berkembang antara lain:

sumber: huble.id

1. USB type A / Standar

Jenis ini menjadi salah satu yang mudah ditemukan dan sering sekali digunakan, bentuknya persegi dan lebar. Kita bisa menemukannya pada konektor mouse, keyboard, printer, flaskdis, dan harddisk eksternal. USB tipe A juga sering digunakan sebagai kombinasi dengan tipe lainnya untuk menghubungkan komputer dengan perangkat gadget.

2. USB type B

Bentuknya kecil persegi bagian bawahnya sedikit melengkung, biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat printer maupun scanner dengan komputer.

3. Mini USB

Disebut mini USB karena bentuknya lebih kecil dari tipe A maupun tipe B, dan dulu banyak digunakan untuk pengisian daya pada gadget serta menghubungkan gadget dengan komputer.

4. Micro USB type A

Dulu USB tipe A ini banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat terutama gadget dengan charger maupun dengan komputer. USB ini bentuknya kecil agak lebar dan pipih ini memiliki kecepatan transfer hingga 480 Mbps.

5. Micro USB type B

Sama seperti tipe A, jenis USB tipe B saat ini banyak digunakan sebagai konektor untuk charger smartphone, cirinya memiliki bentuk yang kecil pipih dan sedikit melengkung ke bawah bedanya dengan tipe A sedikit agak tebal. Kecepatan dalam mentransfer datanya yaitu 480 Mbps.

6. Micro USB type C

Jenis ini memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dibandingkan tipe A dan B, saat ini banyak perangkat teknologi khususnya smartphone yang menggunakan Tipe C terutama untuk mengisi daya dan menghubungkan ke komputer, jenis ini banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah ke atas.

7. USB Lighting

Memiliki ukuran yang mini seperti micro USB. bentuknya pipih, tembaga atau kabel lightingnya dapat terlihat karena terletak pada bagian luar konektor dan USB Lighting bisa kita temukan pada perangkat gadget buatan Apple. Jadi USB jenis ini penggunaannya terbatas karena sebagian besar digunakan oleh produk buatan Apple sepeti Iphone dan Ipad yang dirillistahun 2012 ke atas.

Jadi pengertian USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, salah satu jenis konektor yang berfungsi untuk menghubungan perangkat teknologi seperti smartphone ke komputer, smartphone ke charger, dan sebagainya. Itulah penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat, jika ditemukan kesalhan dalam pembahasan kali ini mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.