Uang Elektronik Adalah: Contoh, Manfaat, Kelebihan, dan Kekuranganya

Posted on

Singkatnya uang elektronik adalah jenis uang dalam bentuk saldo digital untuk bertransaksi. Karena Teknologi yang semakin berkembang pesat dengan tujuan untuk memudahkan segala aktifitas manusia, mulai dari mengakses informasi, mengakses sarana hiburan digital, hingga melakukan transaksi. Saat ini munculah istilah Uang Elektronik yang dapat memudahkan manusia untuk bertransaksi secara online maupun offline supaya lebih cepat dan akurat saat melakukan proses pembayaran.

A. Apa Definisi Uang Elektronik?

Pengertian uang elektronik adalah jenis uang yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Internet ataupun secara digital, tapi saat ini bisa juga digunakan untuk bertrasaksi secara offline di tempat yang mendukung pembayaran menggunakan uang elektronik.

Uang elektronik memiliki nilai yang tersimpan pada suatu media elektronik yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan, biasanya media tersebut berupa server atau sebuah chip. Media penyimpanan menggunakan server sering disebut dengan Server Based sedangkan yang menggunakan chip disebut Chip Based. Nilai atau saldo uang elektronik dapat berkurang jika penggunanya melakukan transaksi terutama di internet.

uang elektronik adalah
sumber: pixabay.com

Saat ini sampai tahun 2021, di Indonesia penggunaan uang elektronik atau uang digital ini masih tergolong kurang, mungkin karena perangkatnya medianya masih kurang memadai, masyarakat masih ragu menggunakannya karena lebih memilih uang tunai, dan pengetahuan masyarakat akan teknologi masih sangat kurang.

Adapun beberapa kriteria uang elektronik, diantaranya:

  • Nilai atau Saldo uang elektronik akan diterbitkan berdasarkan nilai uang yang di setor terlebih dahulu kepada penerbit.
  • Saldo uang akan disimpan secara digital atau elektronik pada suatu media misalnya pada server atau chip.
  • Saldo tersebut dapat digunakan sebagai alat transaksi khususnya di internet atau transaksi digital.
  • Pemegang yang menyetorkan nilai uang kepada penerbit akan dilindungi oleh peraturan yang berlaku.

B. 4 Contoh Uang Elektronik Saat Ini

1. Kartu Debit atau ATM

Sebenarnta kartu ATM merupakan salah satu bentuk uang elektronik yang banyak digunkan terutama oleh masyarakat, tapi belum banyak orang yang menggunakan kartu ini untuk bertransaksi secara digital jadi hanya digunakan untuk mengambil uang tunai saja di mesin ATM. Padahal kartu ATM bisa digunakan untuk bertaransaksi terutama di supermarket dan mal modern. >>Baca Juga: Pengertian Sistem Pembayaran

2. Kartu Kredit

Merupakan salah satu bentuk dari penerapan uang elektronik juga, bedanya jika pada kartu debit didalamnya sudah terdapat uang kita yang sudah di setorkan ke Bank sebelumnya, tapi pada kartu kredit uangnya di setorkan pada saat akhir bulan atau waktu yang ditentukan sesuai tagihan. Kartu kredit juga memudahkan kita dalam melakukan transaksi jadi hanya dengan satu kartu kita tidak perlu membawa dan tanpa menyetorkan uang tunai terlebih dahulu untuk bisa berbelanja. >>Baca Juga: Pengertian Kartu Kredit dan Jenisnya

3. OVO

Ovo merupakan aplikasi pembayaran pintar yang dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Saat ini OVO sangat populer dan sering digunakan dalam bertransaksi di marketplace seperti Tokopedia, aplikasi Grap, dan Toko Offline yang mendukung aplikasi ini.

4. Go-Pay

GO-Pay merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi terutama berbelanja online, membeli pulsa, hingga membayar tagihan listrik. Saat ini Go-Pay semakin berkembang lagi hingga bisa di gunakan untuk bertransaksi Offline.

C. Manfaat Uang Eelektronik

1. Mengurangi Pembawaan Uang Tunai

Tentunya saat kita berbelanja atau melakukan taransaksi kita tidak perlu repot-repot membawa uang tunai yang banyak. Cukup menggunakan aplikasi smartphone yang disediakan penyelengara atau berupa kartu untuk bertransaksi.

2. Aman dan Akurat

Kelebihan dan manfaat uang lektronik selanjutnya yaitu lebih aman dan akurat saat digunakan untuk bertransaksi karena nilai yang harus dibayar pastinya akan pas hal ini karena dioprasikan secara digital. Beda dengan transaksi menggunakan uang tunai kadang nilai pembayaran harus di bulatkan karena tidak adanya kembalian.

3. Memperoleh Banyak Diskon

Untuk menarik perhatian masyarakat supaya semakin banyak menggunakan uang elektonik biasanya penyelenggara akan memberikan diskon atau promo saat belanja dengan layanan mereka.

D. Kelebihan Uang Elektonik

Dari penjelasan diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kelebihan yang dimiliki uang elektronik misalnya:

  • Mudah – Mudah digunakan karena tidak perlu repot-repot membawa uang tunai untuk berbelanja.
  • Cepat dan akurat – Cepat dan akurat dalam proses transaksi sehingga tidak perlu repot menghitung uang tunai untuk membayar.
  • Aman – Keamanan lebih terjamin bagi yang didukung dengan keamanan seperti Pin.

E. Kekurang Uang Elektronik

1. Boros

Dapat membuat sesorang lebih konsumtif atau boros hal ini mungkin bisa di sadari atau tidak, dikarenakan kemudahan transaksi tanpa menggunakan uang tunai padahal saldo pada uang elektronik di isi dengan uang tunai yang di setorkan terlebih dahulu.

2. Keamanan Rendah

Hal ini berlaku bagi yang “Tidak Menggunakan Pin” untuk keamanan transaksinya, jika kartu atau perangkat hilang maka uang juga dikatakan akan hilang.

F. Kesimpulan

Jadi pengertian uang elektronik adalah nilai uang yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara digital dan media penyimpan nilai uangnya berupa server ataupun chip. Jadi untuk mengisi saldonya harus menggunakan uang tunai. Seiring perkembangan teknologi saat ini uang elektronik bisa juga digunakan untuk berbelanja offline dimana tempat berbelanjanya mendukung transaksi dengan uang elektronik, biasanya di mall atau supermarket.

Akhir kata, menurut saya penggunaan uang elektronik perlu atau tidaknya tergantung kebutuhan masing-masing, jika kamu sering berbelanja online atau tidak ingin repot membawa uang banyak maka penggunaannya bisa di pertimbangkan. Tapi jika kamu lebih suka belanja secara langsung dan tidak dalam jumlah besar lebih baik menggunakan uang tunai saja.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.