Pengertian Kasir Adalah Profesi Berkaitan Dengan Transaksi

Posted on

Perlu diketahui bahwa pengertian kasir adalah profesi yang berkaitan dengan transaksi dan penghimpunan uang dalam jumlah relatif besar – Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa menjadi kasir itu pekerjaan yang mudah, padahal pekerjaan menjadi kasir itu sangat jauh dari rasa nyaman karena dituntut harus cermat dan teliti. Tidak semua orang bisa bertahan menjalani profesi ini, karena selain memerlukan ketelitian, mental yang kuat, dan pengetahuan juga akan di uji. Jika kamu masih penasaran untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasan dan beberapa tantangan dalam menjalani pekerjaan sebagai kasir.

A. Apa Itu Kasir ?

Pengertian Kasir adalah suatu profesi yang mengurus transaksi dan menyimpan pembayaran seperti uang tunai dan giro. Biasanya uang tunai akan di simpan sementara di mesin kasir ataupun brankas sebelum disetorkan. Profesi atau pekerjaan ini dapat dengan mudah kita temukan dterutama di tempat yang terjadi aktifitas jual-beli atau transaksi misalnya seperti supermarket dan toko. Tapi istilah kasir juga tidak hanya berlaku di dalam supermarket atau toko bisa juga di dalam perusahaan dimana kasir tersebut memiliki tugas menerima uang setoran.

Profesi menjadi kasir saat ini banyak di tekuni oleh banyak orang terutama oleh perempuan, karena Katanya perempuan memiliki ketelitian yang baika. Tugas kasir tentunya relatif mudah tapi memiliki tanggung jawab yang besar karena berhubungan langsung dengan uang perusahaan. Gaji sebagai kasirpun dapat di perhitungkan biasanya tidak akan jauh dari UMR daerah setempat bahkan ada yang lebih tinggi hal ini tergantung besar-kecilnya dari resiko maupun tanggung jawab.

kasir adalah
sumber: pixabay.com

B. Beberapa Tugas Kasir

Adapun tugas kasir yang paling utama seperti:

1. Mengurus Transaksi

Tugas yang pertama biasanya akan mengrurus segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi ataupun mengurus setoran uang dan menerbitkan bukti transaksi. >>Baca Juga: Pengertian Transaksi Dan Bukti Transaksi

2. Mengumpulkan Hasil Transaksi

Mengumpukan uang hasil transaksi atau setoran, biasanay uang yang dikumpulkan akan di susun dan di urutkan sesuai pecahan mulai dari terbesar samapai terkeci maupun sebaliknya.

3. Menghitung Transaksi

Setelah aktifitas transaksi selesai maka kasir akan menghitung uang yang sudah terkumpul, tentu saja total jumlahnya haus sama dengan data storan ataupun transaksi yang sudah berlangsung.

4. Menyimpan uang

Biasanya uang yang sudah dihitung akan di simpan di tempat yang sangat aman seperti brankas, tapi ada juga yang langsung menyetorkannya ke bank supaya masuk ke rekening perusahaan.

5. Menyetorkan Uang

Uang yang sudah terkumpul akan di setorkan ke bank untuk rekening perusahaan, tentunya untuk membawa uang cash dalam jumlah banyak ke bank sangat beresiko. Selain itu kasir juga biasanya bertugas mencairkan cek atau giro pembayaran. >>Baca Juga: Pengertian Giro

C. Tantangan dan Kemampuan Yang harus Di Miliki Kasir

1. Selalau Tersenyum dan Bersikap Ramah

Hal ini mungkin berlaku bagi kasir di supermarket dan toko karena perilaku kasir yang memberikan pelayanan terbaik pada konsumen akan berpengaruh pada reputasi supermarket atau toko tersebut.

2. Tegas

Biasanya hal ini belaku untuk kasir yang menerima setoran seperti dari sales. Sikap tegas sangat di perlukan karena jangan biarkan oknum sales bertindak curang seperti mengurangi uang setoran sekecil apapun itu. Karena jika uang setoran kurang tidak sesuai data tagihan maka dapat merugikan kasir karena harus mengganti kekurangan/selisih tersebut.

3. Teliti dan Cermat

Tugas kasir juga harus teliti dan cermat baik itu dalam menghitung uang, menghitung stok barang, dan kegunaan barang yang dijual di toko. Ketelitian diperlukan supaya toko atau perusahaan tidak menderita kerugian, serta pengetahuan mengenai produk juga dapat membantu konsumen yang mencari dan membeli produk.

4. Melaukan Pembukuan

Kadang kasir juga harus bisa melakukan pembukuan meskipun tidak terlalu spesifik seperti seorang akuntan. Selain itu seorang kasirpun harus memiliki kemampuan menghitung yang baik.

5. Bisa Menggunakan Komputer

Karena saat ini perkembangan teknologi semakin cepat, kasir juga diharuskan memiliki dasar-dasar menggunakan komputer biasanya perusahaan menyediakan aplikasi atau perangkat lunak khusus kasir untuk bertransaksi lalu untuk membuat laporan menggunakan aplikasi perkantoran seperti MS. Office.

6. Berani Mengambil Resiko

Permasalahan yang sering di hadapai yaitu selisih atau kurangnya uang dengan data tagihan atau transaksi. Seperti terjadinya selisih uang hasil transaksi maupun setoran maka kasir biasanya diwajibkan mengganti selisih tersebut, hal ini tentunya harus memiliki keberanian untuk menjalani profesi ini.

D. Penutup

Jadi pengertian kasir adalah profesi yang berhubungan dengan transaksi, melakukan penyimpanan dan penghimpunan uang maupun giro. Masalah yang sering terjadi pada profesi ini yaitu terjadinya selisih antara uang yang telah di himpun dengan data transaksi atau setoran, disinilah resiko harus diambil karena kasir biasanay diharuskan untuk mengganti selisih tersebut. Itulah penjelasan yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan dan jika ada kesalahan mohon di maafkan.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.