Arti HRD Adalah Departemen Mengelola Sumber Daya Manusia

Posted on

Singkatnya arti HRD adalah Human Resources Development suatu divisi atau departemen pada perusahaan yang kedudukannya sangat penting terutama dalam mengelola Sumber Daya Manusia – Suatu perusahaan didalamnya terdapat berbagai macam departemen salah satunya yaitu HRD, yang dikenal luas memiliki tugas mengelola pekerjaan yang bakaitan dengan karyawan pada perusahaan tersebut. Deparemen ini sangat penting kedudukannya terutama dalam menghasilkan karyawan yang berkualitas.

A. Lebih Lengkap Pengertian HRD

Arti HRD adalah suatu departemen pada perusahaan yang bertugas mengelola Sumber Daya Manusia, tugas utamanya seperti melakukan rekrutmen karyawan, pelatihan karyawan, membuat laporan, hingga mengelola gaji.

Singkatan HRD sendiri berasal dari Bahasa Ingris yaitu “Human Resources Development” yang bisa diartikan juga sebagai departemen pada perusahaan yang memiliki tugas menangani permasalahan yang berkaitan dengan pegawai atai karyawan sehingga tujuan organisasi pada perusahaan bisa tercapai. >>Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia

arti hrd adalah
gambar: pxhere.com

B. Beberapa Tugas HRD dan Tanggung Jawabnya

HRD sebagai departemen dengan tanggung jawab yang besar karena berkaitan dengan seluruh Sumber Daya Manusia pada perusahaan. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawabnya seperti:

1. Melakukan rekrutmen atau seleksi karyawan

Yang paling banyak orang ketahui tugas HRD yang utama yaitu melakukan seleksi calon karyawan untuk mengisi posisi yang sedang di butuhkan perusahaan, mulai dari psikotes, wawancara, hingga negosiasi gaji calon karyawan.

2. Memberikan pelatihan Karyawan

Tugas selanjutnya yaitu memberikan pelatihan atau training kepada calon karyawan yang sudah diterima di perusahaan tersebut sehingga saat memasuki pekerjaan sebenarnya karyawan tersebut bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

3. Pengembangan karyawan

Ada juga tugas lainnya seperti melakukan pengembangan karyawan maksudnya untuk menaikan skill dan kemampuan karyawan maka biasanya pihak HRD akan memberikan pelatihan lain.

4. Melakukan Pengawasan

HRD juga melakukan pengawasan terhadap prforma karyawan perusahaan mulai dari absensinya hingga kinerjanya saat melakukan pekerjaannya.

5. Merekomendasikan Jabatan

Karyawan yang kinerjanya sangat baik bisanya kan direkomendasikan oleh pihak HRD untuk naik jabatan, misalnya asalnya pegawai biasa direkomendasikan menjadi supervisor.

6. Penggajian karyawan

Pendistribusian gaji, insentif, dan kompensasi untuk karyawan merupakan tugas hrd, begitupun dengan pemotongan gaji.

7. Pengawasan perlengkapan kerja Karyawan

Biasanya staff HRD juga ada yang bertugas melakukan pengawasan terhadap perlengkapan keamanan kerja hingga peralatan kerja karyawan.

8. Bimbingan Karyawan

Pihak HRD yang baik di perusahaan biasanya memiliki tugas untuk melakukan bimbingan dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh karyawan.

C. Kemampuan Yang Harus Dimiliki Saff HRD

Beberpa kemampuan yang harus kamu miliki jika ingin menjadi staff HRD adalah:

1. Kerja Keras dan Tidak Mudah Menyerah

Staff HRD mungkin memiliki banyak pekerjaan terutama yang berkaitan dengan Administrasi karyawan, semakin besar perusahaannya dan semakin banyak jumlah karyawannya maka tugas pekerjaanpun akan semakin banyak, maka disinilah dibutuhkan Kerja keras dan sifat pantang menyerah.

2. Disiplin

Kedisiplinan Ekstra sangat penting menjadi staff HRD, karena harus menjadi contoh yang baik bagi karyawan lain.

3. Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik sangat di perlukan dalam HRD, karena kemampuan ini sangat berguna untuk membentuk dan menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan.

4. Peka Terhadap Psikologi Karyawan

Karena pekerjaan HRD sebagian besar berkaitan dengan semua karyawan perusahaan, jadi tidak hanya mampu melakukan rekrutmen tapi di haruskan juga memahami psikologi setiap orang di perusahaan karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

5. Ketelitian dan Kecermatan

Ketelitian sangat di perlukan terutama dalam mengelola data karyawan yang banyak, terutama dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pendistribusian seperti gaji dan kompensasi.

Human Reso urces Development adalah
gambar: pxhere.com

6. Manajeman Pemecahan Masalah

Mampu menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi dalam perusahaan terutama yang berkaitan dengan karyawan, usahakan dalam membuat keputusan harus adil dan tidak merugikan salah satu pihak.

7. Kemampuan Organisasi

Memiliki kemampuan dalam manajemen organisasi yang baik tentunya harus dimiliki oleh setiap staff HRD, karena hal ini sangat di perlukan untuk menjalin kerjasama tim maupun mencapai visi dan misi perusahaan.

8. Multitasking

Melakukan penjadwalan rekrutmen, melakukan proses psikotes, melakukan interview calon karyawan hingga mempersiapkan pelatihan karyawan, jadi dalam hal ini kemampuan multitasking sangat diperlukan.

9. Paham Teknologi

Saat ini teknologi semakin canggih, bukan saja pada bagian admin tapi bagian HRD juga harus mengikuti perkembangan teknologi seperti bisa menggunakan komputer dan aplikasi perkantoran, terutama seperti sistem HRIS. Terutama saat ini rekrutmen karyawan bisa dilakukan secara online jadi calon karyawan tidak perlu datang ke kantor perusahaan.

10. Administrasi

Yang tak kalah penting yaitu kemampuan administrasi yang baik terutama dalam membuat laporan seperti laporan: kehadiran karyawan, gaji, kompensasi, dan lain-lain. Dalam membuat laporan biasanay menggunakan aplikasi perkantoran seperti word dan excel. >>Baca Juga: Pengertian Administrasi Kepegawaian

D. Beberapa Fungsi HRD pada Perusahaan

Dari penjelasan di atas maka dapat di amabil kesimpulan bahwa HRD memiliki beberapa fungsi misalnya:

  • Melakukan rekrutmen/seleksi terhadap calon karyawan, mulai dari psikotes, interview, hingga pelatihan.
  • Mengorganisir karywan melalui penetapan kerja, hubungan kerja, dll.
  • Mengarahkan karyawan supaya membantu tercapainya visi dan misi perusahaan.
  • Memberikan pelatihan dan pengembangan skill karyawan.
  • Mendistribusikan informasi, gaji, daan kompensasi karyawan.
  • Membuat laporan seperti laporan absensi, gaji, kompensasi, dll.
  • Memberentikan maupun memperpanjang masa kerja karyawan.
  • Merekomendasikan kenaikan jabatan.

E. Penutup

Dari penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa arti HRD adalah suatu divisi departemen dari perusahaan yang bertugas untuk mengelola Sumber Daya Manusia, kedudukannya sangat penting karena mempengaruhi maju mundurnya suatu perusahaan terutama dalam menghasilkan karyawan yang berkualitas.

Harus kamu ketahui juga bahwa sebagian besar staff HRD selalu di isi oleh lulusan Sarjana dengan jurusan Manajemen dan jurusan Psikologi. Karena jurusan tersebut sudah memiliki dasar untuk mengelola dan mengisi departemen HRD.

Itulah pembahasan yang dapat kami berikan, sememoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ditemukan kesalahan mohon di maafkan cukup sekian dan terimakasih banyak.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.