Pengertian Gadget adalah Teknologi Canggih dan Terus Berkembang

Posted on

Mungkin banyak yang beranggapan pengertian gadget adalah yang berhubungan smartphone saja, tapi sebenarnya gadget merupakan perangkat elektronik atau teknologi yang canggih dan terus mengalami perkembangan dari masa-kemasa. Untuk mengetahuinya lebih jauh, Yuk kita pahami penjelasannya secara lengkap di artikel ini.

A. Apa Pengertian Gadget?

Yang dimaksud dengan Gadget adalah perangkat teknologi yang canggih, terus berkembang, pada umumnya berukuran mini mudah bawa, dirancang dan dibuat untuk mempermudah aktivitas manusia. Seiring berkembangnya teknologi tentunya gadget akan semakin berkembang baik itu dari segi spesifikasi, fungsi, hingga ukurannya. Contoh sederhananya yaitu perkembangan telepon, mulai dari telepon rumah yang semaki lama semakin ditinggalkan karena manusia lebih memilih teknologi terbaru yaitu telepon seluler yang lebih praktis, biayanya lebih murah, dan bisa di bawa kemana saja.

Telepon seluler-pun mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Sejak pertama kali muncul ukurannya cukup besar hanya memiliki layar monokrom dan berantena, semakin kesini ukurannya mengecil dengan layar berwarna, semakin berkembang lagi memiliki kamera, bisa melakukan pangilan telepon melalui video (video call), dan hingga sekarang telepon seluler berubah menjadi telepon pintar atau lebih dikenal dengan Smartphone yang canggih dengan beragam fitur seperti mendukung game online, video call, mengirim pesan suara, memonton streaming, bisa dihubungkan dengan perangkat lain, hingga bisa digunakan untuk mendukung menyelesaikan keperluan dan tugas sekolah maupun pekerjaan.

B. Contoh Gadget Yang Mudah Ditemukan

smartphone telepon pintar
sumber: pixabay.com

1. Smartphone

Dalam bahasa Indonesia disebut telepon pintar, saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone karena mudah dibawa kemana-mana bisa di simpan di saku celana dan tentunya memiliki fitur canggih. Umumnya telepon pintar memiliki beragam ukuran layar, saat ini paling besar memiliki layar sekitar 6,5 inch dengan fitur dan spesifikasi beragam ada yang di khususkan untuk mendukung aktifitas gaming, fotografer, multimedia, dan sebagainya yang dapat mendukung aktivitas manusia.

tablet gadget
sumber: pixabay.com

2. Tab / Tablet

Hampir sama seperti smartphone tapi ukuran layarnya cukup besar biasanya diatas 7 inch dan memiliki fitur maupun spesifikasi yang beragam juga. Sebagian orang menggunakan tablet untuk mendukung aktivitas bisnis atau pekerjaannya karena perangkat ini didukung dengan keyboard eksternal untuk memudahkan pengetikan serta layarnya yang cukup luas tapi ringan di bawa.

pengertian gadget adalah
sumber: pixabay.com

3. Laptop

Merupakan komputer yang dapat di bawa kemana-mana sebagian orang menyebutnya notebook. Laptop sangat praktis karena fungsinya sama dengan komputer ukran layarnya beragam mulai 12 inci, 14 inci, 15, inci,  oleh sebab itu jaman sekarang para pelajar maupun pekerja kantoran wajib memilikinya.

smartwatch arloji pintar
sumber: pixabay.com

4. Smartwatch

Disebut juga jam tangan pintar, bentuknya seperti arloji tapi memiliki berbagai macam fungsi dan biasanya dapat dihubungkan dengan gadget lainnya seperti smartphone. Misalnya berfungsi untuk mengetahui notifikasi yang masuk baik itu email, pesan singkat, telepon, media sosial, dan bisa membalas pesan, jadi kita tidak perlu mengeluarkan smartphone dari saku celana langsung saja balas melalui smartwatch. Fitur lainnya seperti GPS, menghitung jumlah langkah, sleep monitor, dll.

kamera digital
sumber: pixabay.com

5. Kamera Digital

Contoh gadget lainnya adalah kamera digital yang merupakan perangkat elektronik atau teknologi yang berguna untuk mengambil gambar atau merekam suatu keadaan. Hasil kamera digital merupakan gambar resolusi tinggi yang dengan cepat bisa diketahui hasilnya, selain itu bisa di hapus, dan di transfer ke perangkat komputer. Karena alat inilah jaman sekarang bermunculan orang yang berprofesi sebagai fotografer profesional dan ada juga yang menjadikannya sebagai hobi.

Ada juga Kamera aksi atau Action Cam yaitu kamera digital yang berukuran kecil, sering digunakan untuk merekam kegiatan outdor misalnya olahraga dan riding sepeda motor. Karena ukurannya sangat kecil biasanya sering di tempelkan di pakaian, tas, helm, atau bagaian lainnya. Sebetulnya masih banyak contoh lain misalnya konsol game (playstation, xbox, nintendo), headphone, earphone, music player, smartlamp, webcam, smart tv, dan lain-lain.

C. Fungsi Gadget Yang Utama

Secara umum gadget memiliki fungsi untuk mempermudah dan memanjakan segala aktivitas manusia, salah satunya untuk memudahkan dalam berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Misalnya saat kita punya kepentingan kita dapat mengirim pesan secara cepat melalu aplikasi mesenger, jika ingin bertatap muka sambil telepon bisa menggunakan video call, hingga bisa mengirim dokumen dengan cepat. Selain sebagai alat komunikasi saat ini gadget juga dapat dugunakan untuk mencari informasi di internet, bermain game online dan game offline, selain itu gadget juga saat ini sudah mendukung fitur edit foto hingga video, sangat canggih bukan? >>Baca Juga:Pengertian Game Online

C. 5 Manfaat Gadget

Karena gadget adalah teknologi yang dapat mempermudah aktivitas manusia, maka dapat disimpulkan beberapa manfaatnya seperti:

1. Sebagai Alat Komunikasi Yang Praktis dan Cepat

Seperti yang sudah di sebutkan pada fungsi gadget, bahwa teknologi ini mendukung menusia untuk berkomunikasi satu sama lain dengan cepat baik itu lewat email, pesan singkat, chatting, panggilan telepon, maupun video call dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi ke internet.

2. Sebagai Alat Untuk Mencari Informasi di Internet

Selama terhubung ke jaringan internet, tentunya dengan mengakses internet dimana saja dan kapan saja kita juga dapat mencari berbagai macam informasi yang kita butuhkan.

3. Untuk Menyebarkan Informasi Secara Cepat

Selain untuk mendapatkan informasi, kita juga dapat menyebarkan informasi dengan cepat misalnya di media sosial, menguploadnya ke website portal berita, dan mengirim pesan ke banyak orang.

4. Alat Yang Menyediakan Berbagai Macam Hiburan

Teknologi ini mendukung berbagai macam hiburan mulai dari mengakses media sosial, menonton film, streaming, mendengarkan musik, hingga bermain game online dan offline. >>Baca Juga: Pengertian Online Dan Offline

5. Mempermudah Proses Belajar-Mengajar dan Pekerjaan

Misalnya seorang guru dapat memberikan tugas tanpa langsung bertemu dengan siswanya seperti melalui email, grup media sosial, maupun e-learning. Selain itu siswa juga dapat mencari informasi yang menunjang pelajarannya di internet. Begitupun bagi para pekerja saat ini gadget sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan dan kepentingan bisnis. >>Baca Juga: Pengertian E-Learning

D. 3 Dampak Negatif Gadget

Selain memiliki banyak manfaat, ternyata dampak buruk gadget cukup banyak juga:

1. Membuat Ketergantungan

Dampak negatif Gadget paling banyak dirasakan yaitu membuat orang ketergantungan tertuma dari segi fungsinya sebagai hiburan dimana orang bisa berjam-jam menggunakan gadget, saat bangun tidur, sebelum tidur, bahkan saat berkumpul dengan keluarga ataupun teman kebanyak orang masih saja memainkan gadget. Saat ini banyak juga anak-anak di bawah umur yang ketergantungan gadget khususnya smartphone padahal belum waktunya untuk memiliki atau menggunakannya, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran orang tua akan dampak buruk yang ditimbulkan terutama pada anak-anak.

2. Cepat Menyebarnya Informasi Tidak Benar

Semakin berkembangnya teknologi terutama gadget orangpun dapat dengan mudah menyebarkan informasi, dan yang paling berbahaya yaitu informasi tidak benar atau bohong. Jadi disinilah kita harus bijak dalam memilih-milih informasi terutama saat mengakses internet, jika ada informasi yang belum tentu kebenarannya jangan langsung percaya.

3. Boros Uang

Banyak yang mengatakan bahwa smartphone tanpa koneksi data internet sama saja tidak ada gunanya, hal ini sebagain besar merupakan kebenaran. Faktanya sebagain besar pengguna smartphone tentunya memiliki koneksi data untuk terhubung ke internet. Data tersebut bisa digunakan untuk mengakses media sosial, mendownload, menupload, streaming, dan bermain game online. Untuk membeli data internet dibutuhkan uang yang harganya lumayan mahal, apalagi bagi para gamers mereka juga akan membeli item dalam game yang pada mumnya memerlukan uang yang tentunya tidak sedikit. Selain itu perkembangan gadget yang semakin pesat baik itu fitur ataupun spesifikasinya akan membuat sebagian besar orang mengganti gadgetnya yang lama ke yang baru dan tentunya hal ini memerlukan uang lagi.

Akhir kata…, jadi pengertian gadget adalah alat atau perangkat teknologi  yang canggih dan terus berkembang, dirancang dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas manusia contohnya seperti smartphone, tablet, laptop, dan smartwatch. Semoga pembahasan ini dapat bermanfat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf cukup sekian dan terimakasih.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.