Apa Itu Ketombe? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Belum banyak yang tahu arti Apa Itu Ketombe? Lalu apa saja faktor penyebab timbulnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk mari kita kupas secara lengkap di pembahasan ini – Semua orang mengatahui bahwa salah satu yang menunjang penampilan yaitu rambut yang tertata rapih dan sehat, lalu permasalahan yang sering dialami banyak orang pada rambut dan kulit kepalanya yaitu ketombe yang dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri hingga menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

A. Apa itu Ketombe?

Ketombe adalah kondisi pada kulit kepala dimana ditemukan kerak maupun serpihan berwarna putih, abu, hingga kekuning-kuningan dan kondisi ini menjadi permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang terutama pada usia remaja hingga dewasa.

Selain menjadi salah satu penyebab permasalahan pada rambut dan kulit kepala, ketombe juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri sesorang, karena serpihan ketombe dapat jatuh lalu menempel pada bagaian pundak pakaian dan semakin terlihat terutama pada pakaian berwarna gelap.

Apa Itu Ketombe?
sumber: freepik.com

Beberapa pakar menyebutkan bahwa timbulnya masalah ketombe pada laki-laki memiliki resiko yang lebih tinggi daripada wanita, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor hormon.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa gejala ketombe yang paling utama yaitu ditemukannya kerak atau bisa juga serpihan kecil berwarna putih, keabu-abuan, atau kekuning-kuningan pada kulit kepala. Kadang serpihan tersebut tidak selalu melekat atau mengerak pada kulit kepala, bisa juga ditemukan menempel pada rambut. Kadang ketombe menimbulkan gejala-gejala seperti gatal-gatal pada kulit kepala hingga rasa kering pada kulit kepala.

Selain menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala, ternyata ketombe juga dapat membuat rambut menjadi rentan rontok, karena rasa gatal yang dialami maka kita akan lebih sering menggaruk kepala dan hal ini membuat akar rambut bermasalah dan rentan rontok.

Perlu di ingat jga oleh kamu bahwa masalah kulit kepala yang satu ini ternyata tidak menular, tapi setiap orang beresiko mengalami masalah ketombe oleh karena itu kita harus lebih memperhatikan kebersihan maupun kesehatan rambut dan kulit kepala supaya dapat menghindarinya.

B. Beberapa Penyebab atau Faktor Timbulnya Ketombe

Penyebab timbulnya ketombe yang utama yaitu keadaan rambut dan kulit kepala yang kotor serta menumpuknya sel-sel kulit mati pada kulit kepala, adapun penyebab lainnya seperti:

1. Tidak Teratur Keramas

Karena rabut dan kulit kepala jarang dibersihkan atau keramas, maka minyak dan kotoran lainnya yang menempel akan menumpuk pada kulit kepala dan menyebabkan timbulnya ketombe. Beberapa sumber juga ada yang menyebutkan bahwa terlalu sering keramas dapat menimbulkan masalah ketombe juga karena kulit kepala kering, jadi keramas lah secara teratur.

2. Keadaan Rambut yang Berminyak

Rambut dan kulit kepala yang berminyak lebih rentan timbulnya masalah ketombe daripada yang kering. Karena ketombe dapat muncul dari minyak pada rambut dan kulit kepala yang tercampur dengan kotoran polusi serta menumpuknya sel-sel kulit mati.

3. Faktor Usia

Beberapa pakar juga menyebutkan bahwa usia remaja hingga dewasa memiliki resiko timbulnya masalah ketombe pada kulit kepala, terutama pada laki-laki hal ini karena dipengaruhi hormon.

4. Keadaan Mental

Jika mood tidak baik atau stres dapat menimbulkan gejala ketombe juga. Jadi stress tidak hanya berdampak pada mental saja tapi berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala juga. Jadi sebisa mungkin hndari juga stres dan jaga mood supaya tetap baik.

5. Malas Menyisir Rambut

Selain membuat rambut rapi dan menjaganya tetap lebut, ternyata menyisir rambut juga dapat membersihkan sisa-sisa kotoran hingga serpihan kulit mati yang kering yang masih menempel pada kepala kita. Jadi sisa-sisa penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati pada kepala dapat di hindari dengan cara menyisir rambut.

6. Cuaca

Panas Terik matahari ditambah dengan polusi udara yang dapat mengotori rambut kita sehingga menimbulkan ketombe pada kulit kepala, selain itu akibat terlalu sering menggunakan hair dryer juga dapat membuat sel kulit kepala cepat rusak dan mati hingga menimbulkan masalah ketombe.

C. Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe

Salah satu cara mengatasi masalah ketombe yaitu dengan mencuci rambut secara rutin, terutama bagi rambut yang mudah berminyak. Dengan mencuci rambut /keramas secara teratur maka minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati dapat terangkat. Tapi kamu juga harus menghindari mencuci rambut terlalu sering karena bisa menghilangkan minyak alami rambut yang dapat menimbulkan kulit kepala menjadi kering dan sama saja menimbulkan ketombe.

Untuk mencuci rambut dan kulit kepala kamu harus memilih produk sampho yang tepat. Karena kondisi rambut yang berminyak dan kulit kepala yang kotor dapat menyebabkan timbulnya masalah ketombe yang bisa mengurangi kepercayaan diri maupun kenyamanan kamu.

sumber: dove.com

Untuk membersihkan rambut sekaligus merawat kulit kepala kamu memerlukan shampo, salah satunya yaitu dengan Dove Dandruff Care Shampoo yang didalamnya mengandung zinc pyrithione yang sudah teruji untuk mengatasi ketombe, selain itu berfungsi juga menghilangkan gatal-gatal pada kulit kepala, dan dengan micro moisture serum yang dapat menjaga kehalusan dan kelembutan rambut, serta kandungan lain didalamnya dapat menutrisi rambut hingga ke akarnya. Shampoo ini bisa kamu cari dan dapatkan Marketplace langganana kamu.

Dengan keramas menggunakan Dove Dandruff Care Shampoo secara teratur dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah masalah ketombe pada rambut dan kulit kepala kamu.

Demikian pembahasan menganai Apa Itu Ketombe? Beserta penyebab dan cara mengetasinya. Semoga pembahasan ini memberikan manfaat supaya lebih memperhatikan kesehatan rambut maupun kulit kepala kamu, sehingga kamu tetap tampil percaya diri dengan rambut yang sehat.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.