E-Learning Adalah Metode Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi

Posted on

Pengertian E-Learning adalah singatan dari Electronic Learning dimana kita sering mengartikannya belajar secara Online. Ketika Teknologi Informasi berkembang sangat pesat maka berefek mempermudah aktivitas manusia salah satunya dalam aktivitas belajar mengajar. Saat ini sudah ada E-Learning yaitu sarana yang sering digunakn dalam proses belajar jarak jauh, jadi aktivitas belajar-mengajarnya menggunakan aplikasi atau website, siswa hanya memerlukan smartphone atau komputer yang terhubung ke internet maka bisa mengikuti proses belajar saat berada di mana saja.

A. Pengertian E-Learning

E-learning adalah singkatan Electronic Learning jika dalam Bahasa Indonesia disebut Pembelajaran Elektronik yang diartikan sebagai teknologi informasi yang digunakan untuk media pembelajaran dan bisa diakses dimana saja. Dengan e-learning maka siswa dapat memiliki kebebasan dalam melakukan pembelajaran karena bisa diakses kapan dan dimana saja, metode ini menjadi bukti pesatnya perkembangan Teknologi Informasi sehingga dapat mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam belajar-mengajar.

Dengan menggunakan e-learning dapat mempermudah pengajar terutama dalam mengembangkan dirinya dengan melakukan penelitian untuk meningkatkan wawasannya terhadap dunia Teknologi Informasi dan mengontrol kegiatan pelajar peserta didik dimana saja.

B. Manfaat E-Learning

Beberapa manfaat E-Learning yang bisa di dapatkan, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan mengenai Teknologi Informasi, karena mau tidak mau setiap orang yang menggunakan metode ini setidaknya harus mempelajari Teknologi Informasi.
  • Mengurangi biaya, misalnya biaya ongkos dan jajan jika belajar di sekolah.
  • Pembelajaran menjadi lebih santai, karena bisa diakses di mana saja.
  • Dapat memilih materi pembelajaran yang sudah di sediakan.
  • Terutama untuk karyawan yang sibuk bekerja, e-learning dapat dipilih karena bisa diakses Online.
  • Dapat mengatur waktu yang tepat untuk belajar.
  • Meningkatkan kualitas materi pelajaran karena dapat mengambil dari berbagai sumber.
e-learning adalah
sumber gambar: pixabay.com

C. Kelebihan dan Kekurangan E-Lerning

1. Kelebihan E-Learning

  • Pelajar dan Pengajar dapat berkomunikasi dengan cepat dimana saja tanpa ke kelas.
  • Bisa di ikuti banyak orang dan pengaturan jadal lebih efektif.
  • Beberapa jenis metode pembelajaran bisa diakses kapan saja sehingga waktu belajar dapat diatur sendiri.
  • Peserta didik jadi lebih mandiri.

2. Kekurangan E-Learning

  • Interaksi Langsung Pengajar dan peserta didik berkurang.
  • Proses pembelajaran lebih mengarah kepada pelatihan.
  • Pelajar yang kurang motivasinya cenderung akan gagal.

D. Cara Memilih E-Learning

Perhatikan struktur pembelajaran yang disediakan, pilih struktur yang memungkinkan kita dapat mengatur proses e-learning sehingga materi pelajaran sesuai yang kita butuhkan. Selanjutnya perhatikan sarana atau metode komunikasi yang digunakan misalnya melalui aplikasi online, website, atau email, video call, dll. Pilihlah mana yang dapat membuat kamu nyaman selama menjalani proses e-learning. Lalu perhatikan juga kita dapat berdiskusi dengan pengajar atau siswa lainnya dengan begitu kita masih tetap bisa berinteraksi.

Baca Juga: Pengertian E-Commerce Secara Umum.

E. 5 Contoh Aplikasi E-Learning

Berikut ini 5 contoh aplikasi e-learning yang sering digunakan, antara lain:

1. Google Classroom

Merupakan layanan bebasis web gratis yang dikembangkan oleh google untuk pembelajaran online yang gratis. Fiturnya tergolong lengkap dan mudah digunakan. Mulai dari membuat soal, mendistribusikan materi pembelajaran hingga menilai tugas tanpa bertatap muka.

2. Edmodo

Merupakan salah satu penyedia layanan flatform pembelajaran elektronik yang mendukung berbagai macam bahasa, Edmodo menawarkan fitur yang lengkap seperti berbagai materi, membei soal, hingga penilaian tentunya gratis.

3. Zoom

Sebenarnya zoom merupakan flatform untuk video conference atau sering digunakan untuk rapat online. Tapi aplikasi ini sering digunakan juga untuk e-learning yaitu mengajar secara langsung melalui video meski fiturnya tidak lengkap siswa dan guru dapat bertatap muka lewat video.

4. SEVIMA EdLink

SEVIMA EdLink adalah suatu aplikasi android yang dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk berbagi materi pelajaran hingga memberikan tugas dengan cukup mudah hanya lewat genggaman. fitur yang disediakan mulai dari forum diskusi, berbagi file hingga info acara.

5. Media Sosial

Meski fasilitasnya terbatas tidak seperti flatform e-learning lainnya media sosial dapat dijadikan alternatif sebagai sarana belajar online, mulai dari berbagi file, memberikan tugas, dan memberikan info acara, misalnya dengan membuat grup pembelajaran dan diskusi.

Baca Juga: Pengertian E-Business Dan Contohnya.

F. Kesimpulan

Jadi e-learning adalah cara pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Informasi, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana saja hanya memerlukan akses Internet yang terhubung ke aplikasi atau website e-learning. Tujuan utama dari elektronik learning ini supaya memudahkan setiap pelajar untuk mengakses materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun, selain itu mempermudah pengajar dalam memberikan materi, menilai tugas, hingga memberikan informasi lainnya. Kekurangan dari metode e-learning yaitu berkurangnya interaksi secara langsung antara pengajar dengan siswa dan metode belajar lebih mengarah kepada pelatihan.

Akhir kata, itulah pmbahasan mengenai e-learning, semoga dapat dipahami dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.