VPS adalah Pilihan Server Yang Stabil Untuk Website

Posted on

VPS adalah pilihan server untuk website yang lebih stabil dengan kapasitas cukup beasar – Saat ini sangat cepat sekali Perkembangan teknologi informasi khususnya inernet, dan semakin kompleks dimana banyak sekali aktivitas di dalamnya mulai dari penyebaran informasi hingga berbisnis. Banyak sekali orang yang berfofesi sebagi teknisi hingga developer lihat saja perkembangan website yang semakin pesat di internet. Untuk membuat sebuah website tentunya membutuhkan server untuk menyimpan datanya. Ada beberapa jenis server atau hosting saat ini mulai dari Cloud hosting biasa hingga VPS.

A. Apa Pengertian VPS?

Sebelum mengetahui apa itu VPS, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Server. Yang dimaksud dengan server adalah perangkat keras (hardwere) dan perangkat lunak (softwere) yang berfungsi untuk menampung data serta menerima permintaan Client. Server dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya sehingga memungkinkan data yang tersimpat dapat diakses bersama-sama.

Kecepatat akses sebuah website juga dipengaruhi oleh servernya, semakin dekat letak servernya semakin cepat mengakses data begitupun sebaliknya dan kapasitas server juga mempengaruhi kecepatan akses data misal kapasitas RAM, kapasitas bandwidth, kapasitas harddisk, dll. Saat ini banyak sekali penyedia layanan web server yang berlomba-loba meningkatkan jasa layanannya sebaik mungkin tapi dengan hargater jangkau.

Apa pengaruhnya jika client yang mengakses suatu web melebihi kapasitas bandwidth server? Website tersebut akan down sehingga tidak bisa di akses, jadi jalan satu-satunya dengan menaikan kapasitas bandwidth. Arti Bandwidth yaitu pemakian transfer data dalam hitungan bit per detik, fungsinya untuk menghitung transfer data.

Pengertian vps adalah
Sumber gambar: www.flickr.com

Apa itu itu VPS? Pengertian PVS adalah singkatan Virtual Private Server, jenis layanan jasa server website yang memakai teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual dan tersimpan di server fisik yang sama. Jadi maksudnya server fisik di dalamnya dibagi menjadi beberapa server tapi dalam bentuk virtual dan memiliki operating sistem masing-masing.

Dengan begitu VPS dapat meningkatkan fleksibilitas yang ada terutama dalam pemilihan konfigurasi softwer yang digunakan pada server. Selain itu pemerosesan data semakin cepat, kapasitas RAM dan space harddisk lebih baik dari pada server biasa.

VPS juga memiliki layanan untuk menimpan file dalam ukuran cukup besar, dimana file tersebut bisa diakses pengunjung website. Berbeda dengan layanan server hosting yang disk spacenya cukup terbatas. Selain itu PVS juga memungkinkan untuk diakses dan menggunakan komputer server secara remote, sehingga admin memiliki kontrol penuh terhadap server dimanupun berada.

B. Kelebihan atau Keuntungan VPS

1. Akses Website Cepat dan Lebih Ringan

Karena berupa server virtual dan spesifikasinya lebih baik dari hosting biasa, maka saat client mengakses website terasa lebih cepat dan lebih ringan. Begitu juga admin baik dalam mengakses, uplaod gambar, hingga upload video lebih cepat.

2. Bisa Digunakan Banyak Website

Saat kita membuat website dengan VPS kita juga bisa membuat website baru di VPS yang sama karena spacenya besar, jadi hanya cukup membeli domain saja. (Baca Juga: Pengertian Website Dan Jenisnya)

3. Server Yang stabil

Karena space nya yang besar baik itu dari harddisk, Ram, hingga bandwidt maka dapat diakses banyak client jadi website lebih stabil terhindar dari down.

4. Kontrol Penuh Terhadap server

Memungkinkan admin memiliki kontrol penuh terhadap server dan semua pengaturannya dimanapun berada. (Baca Juga: Pengertian Web Hosting Dan Jenisnya)

C. Kekurangan atau Kelemahan VPS

1. Harga Yang Relatif Mahal

Karena fasilitas dan kelebihannya yang lebih baik dari hosting biasa, maka harganya tergolong lebih mahal jadi membutuhkan biaya yang lumayan tinggi tapi hal ini sebanding dengan kualitasnya.

2. Tidak Cocok Untuk Pemula

VPS tidak cocok untuk pemula, karena admin di tuntut harus memiliki pemahan terhadap pengelolahan server terutama dari operating siytem yang digunakannya. Karena jika terjadi error atau gangguan admin harus bisa menanganinya sendiri. Meski saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan service untuk VPS tapi hal ini harus mengeluarkan tambahan biaya kembali.

Jadi VPS adalah jenis server fisik yang didalamnya dibagi menjadi server virtualisasi yang memilki operating sistem masing-masing. Karena lebih baij dari hosting biasa, maka VPS lebih cepat dalam mekakses website atau data hingga memiliki space yang cukup besar tapi kelemahannya biaya yang dikeluarkan agak mahal dan tidak disarankan untuk pemula.

Akhir kata, itulah penjelasan yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan jika ditemukan kesalahan mohon maaf, terimkasih.