Tumbuhan Monokotil serta Struktur Biji, Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Posted on

Berikut ini pengertian tumbuhan monokotil dilengkapi dengan struktur biji, ciri umum, famili atau klasifikasinya hingga beberapa contohnya yang dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita.

Banyak sekali jenis tumbuhan di dunia ini, mulai dari yang memiliki bunga hingga tidak berbunga dan terdapat jenis-jenis tertentu yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup makhluk hidup khususnya manusia yang sering digunakan untuk makanan hingga bahan dasar pembuatan obat herbal.

Pada dasarnya kita mengetahui bahwa ada dua jenis tumbuhan  diantaranya yang berbiji keeping satu, dan biji keeping dua, tentu setiap jenis memiliki ciri tersendiri. Nah…, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai tumbuhan berbiji tunggal / berkeping satu yang dikenal dengan istilah Monokotil.

A. Apa itu Tumbuhan Monokotil?

Pengertian tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping satu (biji tunggal). Hal ini dikarenakan tumbuhan jenis ini memiliki biji yang tidak membelah saat mulai tumbuh daun lembaga atau tunas. Dalam sistem klasifikasi tumbuhan, Tumbuhan biji tunggal disebut juga liliopsida, monocotyledoneae, atau lilidae.

Tumbuhan berbiji tunggal ini merupakan jenis tumbuhan yang memiliki bunga juga, bijinya tidak bisa membelah saat berkecambah dan didalamnya hanya memiliki satu daun lembaga. Biasanya merupakan tumbuhan pangan penghasil sumber energi, makanan pokok, tapi ada juga yang termasuk sebagai sumber bahan baku industri, dll.

tumbuhan monokotil bunga anggrek
Tanaman bunga Anggrek (gambar: pixabay.com)

B. Struktur Biji Monokotil

Berikut ini struktur biji monokotil yang harus kamu ketahui, diantaranya:

  • Koleoptil – merupakan bagian yang melindungi plumula yang didalamnya terdapat calon tunas / daun lembaga.
  • Plumula – merupakan calon daun lembaga yang nanti akan tumbuh.
  • Radikula – merupakan bagian yang menyatu pada calon daun, bagian ini merupakan ujung calon akar.
  • Koleoriza – merupakan bagian yang melindungi plumula dan radikula.
  • Skutelum – merupakan bagian yang berfungsi penyerap sumber makanan.
  • Endosperma – merupakan sumber cadangan makanan bagi calon tunas.
Biji Jagung (sumber: kawanalam79.blogspot.com)

Baca Juga: Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya.

Baca Juga: Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya.

C. Famili atau Klasifikasi Tumbuhan Monokotil

Berikut ini famili tumbuhan monokotil yang pada dasarnya dibagi menjadi 5 jenis, antara lain:

1. Suku Rerumputan (Poaceae atau Graminae)

Salah satu contohnya yaitu padi, yang bijinya berguna jika diolah menjadi beras untuk makanan pokok. Selain tanaman padi yang termasuk suku rerumputan yaitu jagung dan gandum yang berguna sebagai makanan pokok karen kandungan karbohidratnya. Tapi ada juga yang berguna sebagai bahan dasar pembuatan gula yaitu tebu, dan bebrapa jenis lainnya yang bisa digunakan untuk membuat perabotan rumah.

2. Suku Anggrek-Anggrekan (Orchidaceae)

Klasifikasi tumbuhan monokotil dalam suku anggrek yang memiliki ciri dimana daunnya bertepi rata dan memiliki daging. Pada bagian pangkal batangnya menggembung yang berguna menyimpan cadangan air, berakar rimpang, dan berbunga indah. Salah satu contohnya tanaman bunga anggrek.

3. Suku pinang-pinangan (Arecaceae)

Salah satu jenis pinang-pinangan yaitu kelapa, batangnya tinggi dan berakar seabut. Seperti pohon kelapa yang berdaun memanjang, dna memiliki buah yang mengandung air dengan beragam manfaat yang bisa di dapatkan.

4. Suku Jahe-Jahean (Zingiberaceae)

Famili tumbuhan monokotil Zingiberaceae termasuk kedalam jenis rempah-rempahan seperti kunyit, jahe, temulawak, dll. Beberapa jenis suku jahe-jahean sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak hingga membuat jamu. Klasifikasi ini memiliki pelepah daun, bunganya mengandung sel jantan dan betina dan kelopak bunga berbentuk menyerupai tabung.

5. Suku Pisang-pisangan (Musaceae)

Cirinya memiliki daun lebar dan meiliki pelepah, bagian batang pohon berbuku, berbunga tunggal, kita sering menjumpainya yaitu pohon pisang yang buahnya sering dikonsumsi seperti pisang raja, pisang kapok, dll.

D. Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil

Dari pengertian tumbuhan monokotil dan contohnya diatas, maka daapat disimpulkan ciri-cirinya antara lain:

  • Berbiji tunggal atau biji berkeping satu dan jadi tidak membelah.
  • Saat berkecambah / tumbuh tuns bijinya tidak membelah.
  • Memiliki akar serabut atau menyebar dan banyak.
  • Daunnya halus, bertulang sejajar dan memanjang.
  • Batangnya tidak bercabang atau tidak memiliki ruas.
  • Pada dasarnya memiliki bunga, bermahkodan dan tiga benang sari.
  • Ciri-ciri tumbuhan monokotil yang terakhir batang dan akarnya tidak berkambium.

Baca Juga: Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias.

Baca Juga: Pengertian Tanaman Hortikultura.

E. Contoh Tumbuhan Monokotil

Berikut ini beberapa tumbuhan berbiji tunggal yang sering kita temukan, antara lain:

1. Tanaman Jagung

Contoh tumbuhan monokotil yang mudah ditemukan yaitu jagung, jagu berguna sebagai makanan pokok selain beras. Knadungan karbohidratnya yang tinggi berguna untuk manusia. Banyak sekali manfaat jagu yang yang bisa kamu dapatkan mulai dari menyehatkan jantung, mencegah anemia hingga sebagai vitamin B.

tanaman jagung
Jagung (gambar: pixabay.com)

2. Tanaman Padi

Contoh lainnya yaitu padi yang bijinya sering di olah dan konsumsi sebagai makanan pokok, biji padi atau beras sering dikonsumsi sebagian besar masyarakat di negara kita ini. Padi mengandung karbohidrat dan vitamin D, beberapa jenis padi juga sebagi penghasil beras sering digunakan untuk peraatan kulit, atau obat disentri. Di Indonesia sendiri banyak petani yang menanam padi sebagai upaya untuk mencari penghasilan.

tanaman padi beras
padi (gambar: pixabay.com)

3. Pohon Kelapa

Kelapa menjadi salah satu contoh tumbuhan berbiji tunggal yang mudah ditemukan. Pohon kelapa sering ditenukan di daerah beriklim tropis, pohonnya tinggi, berakar serabut dan buahnya mengandung air. Pada pertumbuhannya inti sel buah kelapa akan berkecambah dan menjadi tunas yang nantinya menjadi bakal pohon. Air dalam buah kelapa juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh.

pohon kelapa hijau
Pohon Kelapa (gambar: pixabay.com)

4. Tanaman Salak

Contoh tumbuhan yang berbiji tunggal selanjutnya adalah Tanaman salak yang sejenis palma dengan buah yang bisa dimakan dan bernilai ekonomis. Dalam bahasa Inggris salak disebut dengan snake fruit karena buahnya bersisik menyerupai sisik ular. Tanaman salak berdusi dan berdaun lebar, dan buahnya berada di bagian bawah pohon.

Buah salak
Salak (gambar: pixabay.com)

5. Tanaman Jahe

Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar bumbu masakan, bahan minuman, hingga bahan dasar obat herbal oleh karena itu tanaman ini bernilai ekonomis. Rimpang jahe berbentuk jemari yang mengembung, jahe ada jahe putih hingga jahe merah, rasanya dominan pedas dan hangat.

jahe putih
Jahe (gambar: pixabay.com)

Akhir kata, itulah penjelasan tentang pengertian tumbuhan monokotil, beserta ciri, struktur biji, hingga klasifikasi dan contohnya. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kita, jika kamu menemukan kesalahan mohon maaf, sekian dan terimakasih.