Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia Selain Sebagai Sumber Makanan

Posted on

Ketahui 13 manfaat tumbuhan bagi manusia selain sebagai sumber makanan dan oksigen – Tumbuhan merupakan komponen yang penting bagi kehidupan di bumi, keberadaannya sangat di butuhkan baik oleh manusia maupun hewan. Nah, kali ini kita akan membahas seberapa penting keberadaannya bagi manusia, berikut ini pembahasannya:

A. Seberapa Penting Tumbuhan Bagi Manusia?

Tumbuhan merupakan komponen biotik dan termasuk makhluk hidup yang dapat membuat zat makannya sendiri, atau dengan katalain merupakan produsen utama di muka bumi ini. Keberadaanya sangat penting bagi manusia dan hewan, karena manusia dan hewan secara tidak langsung sangat bergantung kepada tumbuhan mulai menjadikannya sebagai makanan hingga sebagai penghasil oksigen. Tapi tidak semua tumbuhan aman dikonsumsi hanya jenis tertentu saja, misalnya yang termasuk sayuran dan tumbuhan penghasil buah yang buahnya aman di konsumsi.

Karena tumbuhan banyak sekali ragam jenisnya mulai dari yang dapat hidup di daerah kering hingga di daerah berair sekalipun. Tentunya setiap jenis memiliki cara tersendiri dalam beradaptasi. Misalnya seperti pohon Mahoni yang meranggaskan daunnya saat musim kemarau panjang supaya mengurangi penguapan dan tetap bisa bertahan hidup, lalu tanaman kaktus yang dapat menyimpan air pada batangnya hal ini supaya dapat bertahan hidup di daerah kering dengan curah hujan yang rendah, dan ada tanaman pemakan serangga seperti kantung semar yang tergolong unik.

Tumbuhan yang bisa dimakan manusia umumnya termasuk kedalam sayur-sayuran misalnya kangkung, bayam, kubis, seledri, brokoli, sawi, dll. Selain sayuran ada juga tanaman penghasil buah yang buahnya bisa di konsumsi seperti buah apel, jeruk, semangka, melon, anggur, dll. dan ada juga yang digunakan sebagi bumbu masakan biasanya tumbuhan ini termasuk kedalam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur, merica, asem, dll. Itulah beberapa alasan kenapa keberadaan tumbuhan sangat penting bagi manusia.

manfaat tumbuhan bagi manusia
sumber gambar: www.pixabay.com

B. Beragam Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Karena banyak sekali jenisnya maka berikut ini kami rangkum beberapa manfat tumbuhan, antara lain:

1. Untuk Bahan Pangan

Manusia merupakan makhluk hidup pemakan daging, biji-bijian, dan tumbuhan (omnivora), jadi manfaat tumbuhan bagi manusia yang paling utama yaitu sebagai salah satu bahan makanan. Terdapat jenis-jenis tumbuhan yang aman dimakan manusia, baik itu di makan secara langsung misalnya seperti buah-buhan dan yang harus di masak terlebih dahulu umumnya yang termasuk kedalam sayur-sayuran dan ada juga tumbuhan yang dapat menghasilkan bahan untuk penyedap masakan.

2. Penghasil Oksigen

Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, tumbuhan juga bermanfaat sebagai penghasil oksigen. Sampai saat ini banyak yang mempercayai bahwa tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri yaitu dengan cara fotosintesis yang hasilnya berupa zat gula dan Oksigen. Keberadaan Oksigen sangat vital bagi kelangsungan semua makhluk hidup karena berguna untuk bernafas. Tapi beberapa sumber menyebutkan bukan hanya tumbuhan hijau yang dapat menghasilkan oksigen, organisme laut yang disebut plankton juga bisa menghasilkan oksigen bahkan lebih besar dari tumbuhan hijau.

3. Sember Ekonomi

Sayuran dan buah-buahan yang bisa di konsumsi manusia sering di budidayakan, baik itu di tanam langsung di tanah dan ada jenis tertentu yang bisa di tanam secara hidropinik. Jika waktu panen tiba  hasilnya dapat di jual dan bernilai ekonomis. Misalnya seperti tanaman padi, jagung, kedelai, kangkung, bayam, cabe, terung, paprika, brokoli, dll. Selain itu manusia juga sering membudidayakan pohon penghasil kayu, misalnya pohon jeungjing atau jati yang kayunya bisa di jual untuk bahan bangunan atau perabotan rumah. (Baca Juga: Pengertian Hidroponik)

4. Bahan Baku Bangunan dan Perabotan

Bagian yang berguna sebagai bahan baku membuat bangunan dan prabotan rumah tangga yaitu Kayu yang dihasilkan pohon. Beberapa jenis kayu yang sering di jadikan bahan bangunan biasanya berasal dari pohon jati, pinus, jeungjing, mahoni, dll. Tapi ada juga tumbuhan yang tidak memiliki kayu, seperti tumbuhan bambu dan rotan yang berguna juga sebagai bahan baku membuat perabotan.

5. Bahan baku Pakaian

Kapas merupakan bahan baku untuk membuat benang. Benang yang di tenun atau di olah kembali dapat menjadi kain yang berguna untuk membuat pakaian. Karena tanaman penghasil kapas murah dan mudah di budidayakan.

6. Penyaring Udara

Pada siang hari tumbuhan dapat memproses karbondioksida dan zat lainnya di udara menjadi oksigen sehingga udara menjadi bersih kembali, proses ini disebut dengan fotosintesisi. Maka  dengan memerbanyak menanam pohon dan menjaga hutan kebersihan udara tetap terjaga dan udara menjadi segar. Tentunya kualitas udara yang bagus berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. (Baca Juga: Pengertian Udara)

7. Bahan Baku Obat

Tumbuhan jenis tertentu dapat diijadikan bahan baku membuat obat herbal dan obat tradisional. Tentunya untuk dijadikan obat herbal tidaklah sembarangan harus dilakukan penelitian terlebih dahulu oleh ahlinya. Jika untuk obat tradisonal sudah digunakan sejak turun temurun dari jaman dulu, tanaman yang sering digunakan sebagai bahan baku obat tradisional misalnya kunyit, sirih, mengkudu, daun dadap, daun kelor, jahe, dll.

hidroponik
sumber gambar: www.pixabay.com

8. Penghias Halaman Rumah

Tumbuhan yang memiliki keindahan mulai dari daun, batang, hingga bunganya banyak masyarakat yang menggunakan sebagai hiasan halaman rumah. Selain menjadikan halaman rumah indah, rumah juga jadi terkesan asri.

9. Bahan Baku Industri

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang lainnya yaitu sebagai bahan baku untuk industri. Seperti pohon karet yang sering dibudidayakan untuk diambil getahnya. Getah pohon karet berguna untuk membuat benda yang berbahan karet/pegas misalnya ban kendaraan, karet gelang, dll. Selain pohon karet masyarakat juga ada yang membudidayakan pohon kelapa sawit yang dimana buahnya berguna untuk membuat minyak goreng, dan ada juga tanaman tertentu yang dibudidayakan sebagai bahan baku untuk membuat bahan bakar.

10. Bahan Baku Seni

Karya seni yang berbahan dasar dari bagian tumbuhan kayu yaitu diabuat dengan cara diukir dan di pahat, tentunya orang yang menjadikan kayu sebagi media seni harus memiliki keahlian tingkat tinggi. Tapi ada juga yang membuat karya seni dengan cara di anyam biasanya dari kulit bambu, rotan, dan daun. (Baca Juga: Pengertian Seni Patung)

11. Sebagai Pewarna Alami

Terdapat bagian tumbuhan tertentu yang bisa menghasilkan zat pewarna alami, misalnya kunyit yang meghasilkan warna kuning, dan daun suji sebagi penghasil warna hijau. Seperti warna kuning dari kunyit yang sering digunakan sebagai pewarna makanan alami untuk Tahu.

12. Meningkatkan Cadangan dan Menjaga Kualitas Air Tanah

Pohon dapat membantu menjernihkan dan menjaga kelestarian air tanah. Seperti di daerah pegunungan dan daerah dekat hutan pasti kualitas airnya sangat jernih karena partikel yang dapat menyebabakan air keruh bisa di filter oleh akar tumbuhan atau pohon. Poho juga bisa tetap menjaga tanah supaya tidak terkikis oleh air hujan. (Baca Juga: Siklus Air Tanah)

13. Menjaga Iklim

Kenapa iklim sangat berpengaruh bagi makhluk hidup khususnya manusia? perubahan iklim sangat berpengaruh terdadap cuaca, karena cuanya yang tidak menentu dapat menyebabkan bencana alam yang dapat merugikan. Perlu kamu ketahui bahwa tumbuhan / pohon dapat menghambat perubahan iklim, dengan menjaga hutan, dan melakukan penanaman pohon di lahan yang gundul merupakan upaya untuk menghambat perubahan iklim.

Akhir kata… itulah manfaat tumbuhan bagi manusia, semoga penjelasan ini dapat kamu pahami. Jika ditemukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.