Manfaat Matahari Bagi Tumbuhan dari Fotosintesis hingga Mengeringkan Tanah

Posted on

Beragam manfaat matahari bagi tumbuhan mulai dari untuk fotosintesis hingga untuk mengeringkan tanah tempat tumbuhan tumbuh – Semua makhluk hidup sangat membutuhkan matahari, lebih tepatnya energi cahaya matahari yang bermanfaat untuk berbagai macam hal. Bagi manusia sendiri energi yang dihasilkan cahaya matahari berguna sebagai pembangkit tenaga listrik, untuk mengeringkan pakaian, bahan makanan, dan sebagian informasi menyebutkan pada waktu tertentu jika berjemur dengan cahaya matahari bermanfaat sebagai vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang hingga kulit hingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain bagi manusia dan hewan, cahaya matahari juga sangat dibutuhkan oleh tumbuhan terutama dalam proses pembuatan makanannya.

A. Proses Tumbuhan Berfotosintesis?

Sebelum ke pembahasan utama kita akan membahasa bagaimana tumbuhan menghasilkan oksigen atau berfotosintesis. Tumbuhan yang memiliki zat hijau daun / Klorofil yang bersifat autrotof, akan memproduksi secara langsung makanannya sendiri dari senyawa yang bersifat organik. Tumbuhan akan menyerap karbondioksida, dan air lalu dengan mantuan energi cahaya matahari memproduksi gulkosa dan mengeluarkan Oksigen.

B. 5 Manfaat Matahari bagi Tumbuhan

Berikut ini lima manfaat matahari bagi tumbuhan yang harus kamu ketahui, antara lain:

1. Membantu Proses Fotosintesis

Yang paling utama yaitu untuk membantu proses pmbuatan makanan atau yang lebih dikenal dengan Fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembutan makanan pada tumbuhan hijau dengan menggunakan Karbondioksida (CO2), Air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari sehingga menghasilkan zat makanan Glukosa dan Oksigen (O2). Hasil proses ini sangat berguna untuk makhluk hidup lainnya Terutama oksigen untuk bernafas, dan beberapa jenis tumbuhan yang aman dikonsumsi oleh kahluk hidup.

tumbuhan dan cahaya matahari
sumber: www.pixabay.com

2. Membantu Proses Pertumbuhan Kecambah

Kecambah atau biji yang baru saja mengeluarkan tunas saat mulai tumbuh, kecambah yang berkualitas tentunya memiliki daun hijau dan segar. Pertumbuhan kecambah sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari, karena intensitas cahaya matahari yang cukup sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kecambah, jika kecambah kekuarangan cahaya matahari tunasnya akan berwarna kekuning-kuningan, dan jika terlalu kelebihan mungkin saja akan kering dan mati.

3. Menghangatkan Biji

Biji tanaman jika berada di tanah atau tempat dengan kadar air yang lebih atau lembab akan mengalami pembususkan. Jadi energi cahaya matahari memiliki peran penting untuk menghangatkan tempat maupun biji tanaman sehingga tidak terjadinya pembusukan. Dengan paparan cahaya matahari yang cukup maka biji tanaman dapat tumbuh dengan baik, sehingga menjadi kecambah dengan daun berwarna hijau dan segar.

4. Membantu Pertumbuhan pada Tumbuhan

Setiap jenis tumbuhan membutuhkan intensitas cahaya matahari untuk pertumbuhannya, kebutuhan akan cahaya matahari tentunya sangat berbeda-beda. Mulai dari yang kebutuhannya banyak, hingga sedikit, seperti yang sudah di bahas di atas bahwa cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan setiap tanaman, karena berguna untuk proses fotosintesis, menghijaukan daun hingga menjaga temperatur tumbuhan.

5. Mengeringkan Tanah Yang Basah / Lembab

Terdapat jenis tumbuhan yang tidak dapat hidup pada keadaan tanah yang selalu basah dan lebab atau dimana tanah tersebut memiliki kadar air yang terlalu banyak. Oleh karena itu cahaya matahari juga bermanfaat bagi tanah tembat tumbuhan tersebut tumbuh supaya keadaan tanah menjadi kering dalam waktu tertentu dan menjaga kadar air dalam tanah tesebut.

Baca Juga: Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, dan Bagiannya.

Baca Juga: Pengertian Cahaya dan sifatnya.

C. Kesimpulam

Jadi selain untuk berfotosintesis, manfaat matahari bagi tumbuhan yaitu untuk proses pertumbuhannya sendiri, menjaga temperature, mengeringkan tanah atau lebih tepatnya menjaga kelembaban tanah dan kandungan air di dalamnya, hingga membantu proses pertumbuhan kecambah.

Akhir kata, itulah penjelasan singkat mengenai manfaat cahaya matahari bagi tumbuhan. Semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan dan jika ditemukan beberapa kesalahan mohon maaf. Cukup sekian dan Terimakasih.