Gerhana Bulan adalah: Pengertian, Proses, dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Ketahui pengertian gerhana bulan adalah suatu fenomena alam yang sering terjadi dan dapat dilihat dengan mata pada malam hari dan beberapa jenisnya – Bulan adalah satelit alami bumi karena keberadaannya selalu mengitari bumi, dan hampir setiap planet di tata surya memiliki satelit bahkan ada yang lebih dari satu. Tapi satelit alami yang dimiliki bumi hanyalah satu yaitu bulan. Saat malam hari buan akan terlihat seperti mengeluarkan cahaya, tapi cahaya tersebut merupakan pantulan dari matahari karena pada dasarnya bulan tidak dapat menghasilkan cahaya karena bukan termasuk kedalam bintang.

A. Apa itu Gerhana Bulan?

Pengertian gerhana bulan adalah fenomena tertutp penuh atau sebagian permukaan bulan oleh bayangan bumi sehingga bulan tampak gelap. Fenomena alam ini dapat terjadi jika bumi berada diantara matahari dan bulan dalam satu garis lurus atau sejajar. Karena letaknya yang sejajar maka cahaya matahari tidak bisa mencapai bulan karena terhalang oleh bumi.

Sebenarnya sat terjadi fenomena ini bulan masih tampak dan dapat dilihat dengan mata secara langsung. Hal ini karena masih adanya cahaya matahari yang dipantulkan ke bulan oleh atmosfer planet bumi. Sebagian besar cahaya matahari yang dipantulkan berwarna bersprektrum merah, oleh karena itu saat terjadi gerhana, bulan bisa saja tampak gelap, kemerahan, jingga, hingga coklat. Gerhana bulan dapat dilihat dengan mata secara langsung karena tidak membahayakan, berbeda dengan gerhana matahari yang harus mengunakan alat bantu untuk melihatnya.

gerhana bulan adalah
Ilustrasi gerhana bulan

B. Proses Gerhana Bulan

Bulan yang biasanya memantulkan cahaya dari matahari sehingga tampak bersinar di malam hari, saat posisi bumi berada sejajar satu garis lurus diantara matahari dan bulan maka cahaya matahari terhalang oleh bumi sehingga cahaya matahari tidak sampai ke permukaan bulan jadi bulan terlihat tampak gelap. Sehingga dapat disimpulkan saat terjadi gerhana bulan berurutan antara Matahari – Bumi – Bulan.

C. Jenis-Jenis Gerhana Bulan

Gerhana bulan dapat terlihat saat malam hari dan pada dasarnya ada tiga jenis gerhana bulan:

1. Gerhana bulan total

Gerhana bulan total adalah fenomena alam yang terjadi ketika bumi tepat berada di antara bulan dan matahari. Sehingga seluruh permukaan bulan tertutupi oleh bayangan bumi, cahaya matahari yang mengenai bulan sebagian dibelokan oleh atmosfer bumi. Karena efek atmosfer bumi ini yang memberikan warna bulan sedikit kemerahan saat terjadi gerhana total.

2. Gerhana bulan sebagian

Gerhana bulan sebagian adalah fenomena alam yang terjadi jika sebagian permukaan bulan tertutup bayangan bumi. Bayangan bumi yang mengenai bulan tampak gelap terutama bagian yang menghadap ke bumi. Gerhana ini dapat terlihat di bumi sangat bergantung pada posisi antara matahari-bumi-bulan.

3. Gerhana bulan penumbra

Merupakan gerhana yang dimana seluruh bagian bulan berada pada bagian penumbra, jadi bulan masih bisa dilihat karena tampak berwarna agak suram.

Baca Juga: Pengertian Tata Surya.

Baca Juga: Pengertian Planet.

D. Kesimpulan

Gerhana bulan adalah suatu fenomena alam dimana keberadaan bumi berada sejajar diantara matahari dan bulan. Saat fenomena ini terjadi cahaya matahari yang biasanya sampai ke bulan terhalangi oleh bumi sehingga yang jatuh ke permukaan bulan  adalah bayangan bumi.

Saat terjadi fenomena ini, sebenarnya bulan tidak benar-benar gelap sekali tapi masih bisa dilihat karena sebagian cahaya matahari dipantulkan oleh atmosfer bumi dan sampai kebulan dengan warna kemerahan, kuning tembaga, hingga kecoklatan. Pada dasarnya ada tiga jenis gerhana bulan yaitu total, sebagian, dan penumbra.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kamu. Jika di temukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.