Fungsi Air Bagi Tumbuhan yang Sangat Penting

Posted on

Mengenali manfaat atau fungsi air bagi tumbuhan yang sangat penting mulai dari membantu proses fotosintesis hingga sebagai sumber cairan РKeberadaan air sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dapat dikatakan bahwa air sebagai sumber kehidupan baik  bagi manusia, hewan, dan tumbuhan karena dapat menopang pertumbuhan maupun perkembangan kehidupan. Lalu Pada pembahasan kali ini kita akan membahasa betapa pentingnya air bagi tumbuhan.

A. Seberapa Penting Air Bagi Tumbuhan?

Tumbuhan membutuhkan air untuk pertumbuhan, perkembangan, hingga untuk melakukan proses pembuatan makanan atau yang lebih dikenal dengan proses fotosintesis. Proses ini terjadi pada daun hijau yang mengandung Klorofil. Air dalam tanah akan diserap oleh akar menuju batang, ranting, hingga sampai ke daun. Dalam pembuaan zat makanannya tumbuhan akan mengolah Air (H2O), Karbondioksida (CO2) dengan bantuan cahaya matahari sehingga menghasilkan zat gula dan Oksigen.

Hasil fotosintesis yang berupa Oksigen tentunya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup khususnya manusia dan hewan untuk bernafas. Kadar air yang dibutuhkan seiap tumbuhan cukup beragam, tanpa air tumbuhan akan layu, kering, dan mati. Jadi Fungsi air bagi tumbuhan yang paling udama yaitu untuk membantu proses pembuatan makanan atau Fotosintesis.

Saat musim kemarau beberapa tumbuhan akan kekurangan air sehingga ada beberapa jenis tumbuhan yang beradaptasi atau meneysuaikan dirinya melalui beberapa cara misalnya dengan menggungurkan daun yang bertujuan untuk mengurangi proses penguapan dan ada juga yang menyimpan cadangan air pada batangnya.

fungsi air bagi tanaman
sumber gambar: www.pixabay.com

Beberapa contoh tumbuhan yang beradaptasi sat musim kemarau panjang supaya tidak kekeringan:

1. Pohon Mahoni

Mahoni merupakan pohon yang memiliki daun lebat dan biasanya berbatang tinggi besar. Saat musim kemarau pohon mahoni akan menggugurkan daunnya hal ini bertujuan untuk mempercepat atau mengurangi proses penguapan.

2. Pohon Jati

Pohon jati (Tectona grandis L.f) atau di dunia dikenal bernama Teak (Bhs. Inggris) merupakan pohon penghasil kayu yang berkualitas tinggi dan daunnya yang lebar, saat tumbuh dewasa tingginya bisa mencapai 40 Meter. Pohon jati akan menggugurkan daunnya ketika musim kemarau panjang hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan.

3. Kapuk Randu

Pohon kapuk randu (Ceiba pentandra) merupakan jenis pohon yang tumbuh di daerah Tropis tingginya bisa mencapai 60 meter, asalnya dari Amerika Selatan bagian Utara, Amerika Tenah, dan Karibia. Kata Kapuk sendiri disebut untuk buah yang menghasilkan serat seperti kapas. Pohon kapuk randu akan menggugurkan daunnya saat musim kemarau panjang hal ini bertujuan untuk mengurangi proses penguapan.

4. Kaktus

Kaktus merupakan tumbuhan yang mampu hidup di tempat kering dan panas, misalnya di daerha gurun dengan curah hujan yang sangat rendah sekalipun. Tapi bukan berarti kaktus tidak membutuhkan air, tumbuhan ini dapat menyimpan cadangan air dalam batangnya untuk bertahan hidup di daerah kering dan daunnya berbentuk duri hal ini untuk mengurangi proses penguapan.

Baca Juga: Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri.

Baca Juga: Siklus Air Tanah.

B. 7 Fungsi Air Bagi Tumbuhan

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan beberapa fungsi air bagi tumbuhan antara lain:

  • Sebagai komponen utama dalam proses Fotosistesis, air membantu metabolisme pada tumbuhan saat proses pembuatan zat makanan lalau mengangkut hasil proses tersebut dari daun ke seluruh bagiannya.
  • Membantu berlangsungnya proses respirasi pada Tumbuhan. Respirasi Tumbuhan adalah Proses penyerapan Molekul-Molekul Karbondioksida atau oksigen yang ada di udara bebas.
  • Air sebagai pelarut mineral atau unsur hara dalam tanah sehingga mudah diserap oleh akar.
  • Untuk mengatur pergerakan buka-tutup stomata pada tumbuhan.
  • Untuk membantu pertumbuhan sel-sel pada tumbuhan.
  • Sebagi salah satu senyawa pembentukan protoplasma tumbuhan.
  • Sebagai sumber cairan.

C. Kesimpulan

Keberadaan air sangat diperlukan tumbuhan untuk kelangsungan hidupnya, tentunya kadar air yang dibutuhkan harus sesuai. Misalnya jika lahan tempat tumbuhnya kekurangan air maka menyebabkan udarah dalam tanah dan suplai oksigen tidak akan lancar sehingga fungsi bagian tumbuhan tidak dapat berfungsi dengan baik hingga tumbuhan tersebut berpotensi kekeringan dan mati. Tapi jika tumbuhan tersebut kelebihan air maka bagian-bagiannya akan mengalami pembusukan, tapi ada jenis tertentu yang habitatnya di lahan basah atau berair.