Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Posted on

Beragam cara tumbuhan menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungannya dilengkapi bererapa contohnya yang dapat kita temukan di sekitar kita – Menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan disebut dengan Adaptasi. Adaptasi juga dapat diartikan sebagai segala usaha yang hrus dilakukan makhluk hidup untuk menyesuaikan disi dengan keadaan lingkungan supaya dapat bertahan hidup. Selain manusia dan hewan tumbuhan juga sering menyesuaikan disi terhadap lingkungannya supaya tetap bertahan hidup dan tidak mengalami kepunahan.

A. Pendahuluan 

Tumbuhan banyak sekali jenisnya mulai dari yang berbiji tunggal, biji berkeping dua, tumbuhan paku-pakuan, alga hijau, hinga yang memiliki bunga dan yang tidak berbunga, serta ada yang memiliki zat hijau daun atau Klorofil ada juga yang tidak. Tumbuhan yang memiliki klorofil tentunya dapat membuat zat makanannya sendiri dengan mengolah air, karbondioksida, dan dengan bantuan cahaya matahari sehingga menghasilkan zat gula dan Oksigen.

Beberapa tumbuhan ada yang beradaptasi dengan cara dibantu oleh manusia seperti dengan cara di tanam hingga dibantu proses penyerbukan oleh manusia. Tentunya adaptasi dengan cara dibantu oleh manusia tumbuhan dapat dengan mudah bertahan hidup.

B. Cara Tumbuhan Beradaptasi

Berikut ini cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tumbuhnya yang dibagi kedalam tiga jenis:

  • Adaptasi Morfologi – Merupakan cara adaptasi yang dilakukan tumbuhan dengan cara mengubah bentuk bagian luar tubuhnya sesuai dengan keadaan tempat tinggalnya. (Lebih Lengkap Baca: Pengertian Adaptasi Morfologi dan Contohnya).
  • Adaptasi Fisiologi – Merupakan cara adaptasi untuk menyesuaikan disi dengan cara menubah fungsi tubuh bagian dalam sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya. (Lebih lengkap Baca: Pengertian Adaptasi Fisiologi dan Contohnya).
  • Adaptasi Tingkah Laku – Merupakan cara adaptasi yang dilakukan tumbuhan dengan menyesuaikan tingkah laku dengan kondisi tempat tinggalnya.

Diatas merupakan acara adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup khususnya dilakukan oleh tumbuhan.

C. 10 Contoh Adaptasi Tumbuhan

Berikut ini beberapa contoh adaptasi tumbuhan yang bisa kita temukan, antara lain:

cara tumbuhan menyesuaikan diri
Bunga Teratai (sumber gambar: www.pixabay.com)

1. Tanaman Bunga Teratai

Teratai merupakan tanaman yang hidup di air, karena kondisi tempat hidupnya dia beradaptasi dengan cara memiliki daun yang lebar dan tipis supaya dapat mengapung serta batang beronggga, hal ini memudahkan saat terjadi penguapan

2. Pohon Jati

Pohonjati merupakan tumbuhan yang berdaun lebar pohonnya bisa menjulang tinggi dan ketika terjadi musim kemaru pohon jadi akan menyesuaikan disi dengan cara menggungurkan daunnya hal ini supaya mengungari penguapan.

3. Tanaman Kaktus

Kaktus merupakan tumbuhan berdaun duri hidup di daerah yang kering. Karena keadaan tempat hidupnya yang sulit mendapat air kaktus menyesuaikan diri dengan daunnya yang berbentuk duri hal ini bertujuan untuk menurangi penguapan dan batangnya yang besar dapat menyimpan air.

4. Tanaman Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan tanaman yang tumbuh di lingkungan berair, habitatnya hampir sama dengan teratai, eceng gondok menyesuaikan dirinya dengan cara memiliki batang yang menggelembung dan berongga supaya dapat mengapung di atas air dan daun yang cukup lebar.

5. Pohon Bakau

Pohon bakau pada umumnya berada di pesisir laut atau daerah pantai, untuk melakukan penyesuaian dirinya maka melakukan penyaringan garam pada air laut kemudian garam yang terserap akan dikeluarkan melalui bagian batangnya, selain itu akarnya yang banyak dan kuat bertujuan supaya dapat melekat kuat di pasir pantai.

6. Pohon Cemara

Pohon cemara merupakan pohon yang berdaun lebat, untuk memalukan adaptasi pohon ini memiliki daun kecil agak runcing hal ini untuk mengurangi penguapan terutama saat musim kemarau, kadang menggugurkan daunnya.

7. Pohon Mahoni

Sama seperti pohon jati dan cemara, pohon mahoni akan menggugurkan daunnya terutama saat musim kemarau hal ini bentuk penyesuaian diri dalam mengurangi penguapan.

8. Tanaman Putri Malu

Putri malu merupakan tumbuhan yang tergolong unik, karena jika terjadi rangsangan/sentuhan maka daunnya akan menutup dan batangnya berduri hal ini bertujuan untuk melindungi dirinya.

9. Pohon pinus

Untuk menyesuaikan dirinya pohon pinus memiliki daun berbentuk jarum. Bentuk daunnya bertujuan untuk mengurangi penguapan dan bisa bertahan di cuca dingin sekalipun. Pohon pinus juga memiliki racun yang dapat membuat rumput atau tumbuhan kecil tidak bisa hidup disekitarnya.

10. Tanaman Kantung Semar

Kantung semar merupakan tanaman yang tergolong unik karena bisa memakan serangga / termasuk tanaman Insektivora. Dalam beradaptasi mencari makanan, kantung semar dapat mengeluarkan bau yang bertujuan untuk menarik perhatian serangga dan di dalam kantungnya memiliki cairan untuk menjebak serangga.

Akhir kata, itulah cara tumbuhan menyesuaikan diriterhadap lingkungannya, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat terutama dalam menambah wawasan. Jika ditemukan kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.