Cara Tumbuhan Melindungi Dirinya Dari Gangguan Makhluk Hidup Lain

Posted on

Berikut ini 6 cara tumbuhan melindungi dirinya dari bahaya atau gangguan malkhluk hidup lain dilengkapi Contohnya – Setiap makhluk hidup yang tinggal di habitatnya seperti di darat, air, atau daerah basah memiliki cara untuk mencari makanan hingga melindungi dirinya dari marabahaya. Begitu juga pada tanaman yang melindungi dirinya dengan duri, mengeluarkan bau, hingga toksin.

A. Pendahuluan

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri yaitu dengan cara fotosintesis. Tentunya tidak semua tanaman bisa memproduksi makanannya sendiri hanya yang memiliki zat hijau daun saja (Klorofil).

Ada jenis tumbuhan yang man di konsumsi biasanay itu termasuk kedalam sayuran dan ada juga bagian tertentu seperti rimpang, hingga buahnya. Tapi ada jenis tanaman yang tidak aman di konsumsi seperti tanaman yang memiliki toxsin, atau zat tertentu yang dapat membahawakan kesehatan. Hal itu termasuk contoh dari cara tanaman melindungi dirinya. (Baca Juga: Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri).

B. Cara Tanaman Melindungi Dirinya dan Contohnya

1. Duri

Beberapa tumbuhan yangberdusi ada yang bertujuan sebagi alat yang melindungi dirinya. Duri tersebut berada pada bagian btang, ranting hingga ada yang pada daunnya. Duri tersebut dapat menjaga dirinya dari berbagai macam gangguan seperti gangguan hewan.

Contoh:

Tanaman Kaktus memiliki daun berbentuk jarum yang dimana jarumnya bedada di semua bagian, dengan begitu hewan tidak akan mengganggu tanaman ini.

Tanaman bunga mawar pada bagian batangnya terdapat duri yang tajam, hal ini berguna supaya terhindar dari gangguan yang mengancam dirinya.

2. Menutup

Ada juga cara tumbuhan melindungi dirinya dengan cara menutup, hal ini biasanay terjadi pada tumbuhan yang peka terhadap sentuhan.

Contoh:

Putri malu (Mimosa Pudica) merupakan tumpuhan yang pendek dari suku polong-polongan yang terkenal dengan daunnya yang bisa menutup saat disentuh. Selain itu tumbuhanputri malu juga memiliki duri untuk melindungi dirinya.

tumbuhan putri malu
Tumbuhan Putri Malu (sumber: www.pixabay.com)

3. Mengeluarkan Bau

Terdapat jenis tumbuhan tertentu yang memiliki cara melindungi diri dengan mengeluarkan bau busuk sehingga hewan pengganggu tidak berani mendekatinya.

Contohnya:

Bunga bangkai untuk melindungi dirinya dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Dracunculus Vulgaris merupakan tanaman bunga yang berasal dari West Coast, Oregon, California, dan Washington, nama lainnya lilin ular, naga hitam dan lilin bau. Sama seperti tanman lain yang meindungi dirinya dengan bau saat terancam.

4. Dengan Getah

Metode atau cara melindungi diri dengan getah yang lengket, baik itu pada batang atau buahnya. Getahnya terebut dapat menolong dirinya dari ancaman sehingga kelangsungan hidupnya tidak terganggu.

Contoh:

Pohon nangka pada batang maupun buahnya terdapat getah yang lengket hal ini bertujuan untuk mempertahankan dirinya.

Pohon sawo yang memiliki getah baik itu pada buah atau batangnya, serta rasa buahnya yang keset saat dimakan mentah.

5. Racun

Beberapa jenis tanaman memiliki toksin untuk melindungi dirinya, hal ini supaya makhluk hidup lain tidak mengganggu kelangsungan hidupnya. Dampak toksin / racunnya bermacam-macam ada yangg menyebabkan alergi hingga kematian.

Contoh:

Tumbuhan Jarak yamng memiliki toksin jika daun atau bagian tubuhnya ri makan oleh makhluk hidup lain. Toksin ini merupakan sistem pertahanan diri yang memiliki racun.

Tumbuhan Kecubung apabila sampai di konsumsi toksin yang terkandung di dalamnya dapat membuat pusing, kelelahan, hingga halusinasi. Hal ini sangat berbahaya jika sampai termakan makhluk hidup lainnya.

Baca Juga: Manfaat Matahari Bagi Tumbuhan.

Baca Juga: Fungsi Air Bagi Tumbuhan.

6. Bulu Halus

Ada juga tumbuhan yang melindungi dirinya dengan bulu-bulu halus, biasanya bulu halus tersebut memiliki efek gatal jika terkena kulit.

Contoh:

Tumbuhan Bambu pelepahnya mengandung bulu halus untuk melindungi tunas muda. Pelepah dilengkapi dengan bulu-bulu halus yang dapat menyebabkan gatal sehingga tunas bambu dapat terlindungi.

Tanaman jelatang / daun pulus merupakan tanaman liar berukuran pendek yang memiliki bulu halus terutama pada bagian daunnya, jika terkena kulit akan menyebabkan gatal.

Akhir kata, itulah penjelasan mengenai cara -cara tumbuhan melindungi dirinya dari segala gangguan makhluk hidup lain. Semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Jika di temukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.