Pengertian Teks Narasi: Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Struktur, dan Contohnya Singkat

Posted on

Mari kita pahami pengertian teks narasi beserta ciri-ciri, jenis, struktur dan contoh paragraf narasi yang singkat – Pernahkah kamu membaca teks cerita baik itu yang bersifat fiksi maupun non-fiksi yang di uraikan secara kronologis sehingga kamu tertarik untuk membacanya sampai selesai? Nah, itulah yang disebut dengan teks narasi, bcaan seperti ini bisa ditemukan pada media cetak, novel, cerpen, dan lain-lain. Supaya lebih memahaminya, berikut kami berikan penjelasan secara lengkap:

A. Sebutkan Pengertian Teks Narasi !

Yang dimaksud teks narasi adalah suatu jenis teks atau paragraf yang berisi cerita bisa bersifat fiksi atau non-fiksi, dimana ceritanya mengisahkan suatu kejadian yang ditulis secara kronologis berdasarkan urutan waktu peristiwa tersebut. Bisa juga  teks narasi artinya cara untuk memberikan pengalaman dalam bentuk cerita kepada para pembaca baik itu yang bersifat nyata maupun khayalan.

Kita dapat menemukan paragraf narasi pada karya tulis seperti di surat kabar, majalah, cerpen, biografi, dan novel. Ciri paling utama dari teks narasi yaitu isinya Berbentuk Cerita, banyak penulis yang gemar menulis teks ini karena dapat menceritakan kisah atau peristiwa secara lebih detail.

pengertian paragraf narasi
sumber gambar: www.pixabay.com

B. Apa saja Ciri-Ciri Teks Narasi?

Setelah mengetahui pengertian teks narasi, ketahui juga ciri-cirinya diantaranya:

  • Isi teksnya berupakan suatu cerita atau peristiwa bisa yang bersifat fiksi atau nyata.
  • Ciri-ciri tek narasi adanya kejadian secara kronologis pada ceritanya, berdasarkan waktu secara jelas.
  • Pada ceritanya terdapat konflik yang dialami para tokoh.
  • Memiliki unsur cerita seperti tema, latar, setting, hingga karakter penokohan.
  • Jenis narasi tertentu memiliki amanat yang ingin disampaikan kepada pembaca.

C. Jenis-Jenis Teks Narasi

Secara umum jenis teks narisi dibagi menjadi empat, antara lain:

1. Teks Narasi Informatif

Yaitu paragraf atau tulisan naratif yang memiliki tujuan untuk menyampaikan peristiwa secara detail yang bersifat informatif, sehingga tulisannya dapat memberikan pengetahuan bagi pembaca.

2. Narasi Ekspositorik

Yaitu paragraf naratif yang penyampaian peristiwa atau informasinya secara tepat dan detail, salah satu tujuannya untuk memberikan pengetahuan mengenai kisah seseorang dan peristiwa bersejarah. Dalam jenis Ekspositorik biasanya penulis akan menyempaikan kisah berdasarkan data dan kejadian sebenanarnya sehingga bersifat faktual jadi tidak bersifat fiktif. Sebenarnya hampir sama dengan narasi Informatif tapi ini lebih detail.

Baca Juga: Pengertian Teks Deskripsi.

Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi.

3. Narasi Artistik

Yaitu paragraf naratif yang menceritakan kisah ataupun suatu peristiwa yang bertujuan memberikan kesan estetis kepada para pembacanya, bisanya juga memiliki amanat tertentu. Dan ceritanya bisa bersifat fiksi maupun non-fiksi.

4. Narasi sugestif

Jenis teks narasi yang terakhir yaitu nrasi sugestif yang bertujuan memberikan suatu maksud kepada pembaca dan supaya pembaca seolah olah tampak merasakan dan melihat apa yang dialami tokoh dalam cerita. Setiap tulisannya berupaya mempengaruhi pikiran, sehingga pembaca bisa menerima maksud dari tulisan tersebut. Biasanya ceritanya berupa khayalan, atau hasil rekaan si penulis. Oleh karena itu jenis sugestif sifatnya seolah-olah memberi sugesti kepada para pembaca sehingga terpengaruh.

D. Struktur Teks Narasi

Setelah mengetahui jenisnya, mari kita ketahui struktur teks narasi yang dibagi menjadi empat bagian:

1. Orientasi

Pada bagian ini berisikan pengenalan tokoh yang terlibat dalam cerita, beserta setting, tempat kejadian, latar waktu, dll. yang ada kaitannya dengan cerita. Struktur teks narasi bagian ini biasanya terletak pada paragraf pertama atau bagian pembuka cerita. Jika kamu hendak membuat teks narasi, maka buatlah pada bagain orientasi semenarik mungkin sehingga pembaca semakin tertarik dengan paragraf selanjutnya.

2. Komplikasi

Seiring berjalannya cerita akan muncul permaslahan atau konflik yang dialami tokoh. Konflik yang muncul pada bagaian ini dimulai dari pengenalan konflik, lalu konflik terus berkembang dan menjadi lebih kompleks, hingga konfilk memengalami puncaknya dan antiklimaks atau masalah mengalami penurunan dan berangsur-angsur dapat hilang.

3. Resolusi

Pada bagain ini berisikan jalan keluar atau konflik dapat terselesaikan jadi sudah tidak ada lagi konflik yang dialami para tokoh dalam cerita karena sudah menemukan cara menyelesaikannya. Jadi pada bagian ini jalan cerita hampir selesai.

4. Koda

Struktur teks narasi yang terakhir yaitu koda merupakan akhir atau ending jalannya cerita. Endingnya bisa berakhir bahagia, sedih, dan bisa juga menggantung seperti “cintamu yang digantungin sama dia”. Jika akhir cerita menggantung biasanya selalu ada kelanjutannya di narasi edisi berikutnya.

E. Manfaat Teks Narasi

Dari pengertian teks narasi di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa manfaat teks narasi bagi penulis dapat menceritakan kisah secara detail berdasarkan kronologisnya dan bisa menyisipkan amanat yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Sedangkan bagi pembaca selain dapat terhibur dengan cerita yang disajikan, dapat memper oleh pengetahuan, hingga pengalaman estetis.

F. Contoh Teks Narasi Singkat

Kurang lengkap rasanya jika sudah mengetahui pengertian teks narasi dan strukturnya tanpa dilengkapi dengan contohnya:

1. Contoh Teks Narasi Informatif

Krut Donald Cobain atau yang lebih dikenal dengan Krut Cobain merupakan personel band legendaris Nirvana, dia lahir pada tanggal 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington, Amerika dan diketahui meninggal dunia tanggal 5 April 1994 di kediamannya Lake Washington.

Bersama grup band Nirvana yang beranggotakan dirinya, Dave Grohl dan Krist Novoselic, pada tahun 1991 mengeluarkan album ke dua yang bernama Nervemind dengan Lagu andalan berjudul Smells Like Teen Spirit. Lagu tersebut langsung melejit dan mengguncang jagat permusikan dunia sekaligus menandai bermulanya industri musik pop dari jenis musik glam -metal, arena rock, dan dance pop menuju aliran grunge dan alternative rock. Selanjutnya di ikuti lagu yang berjudul Abaout a Girl, Lithium, Heart-Shaped Box, Come as You Are, In Booom, All Apopogies dan yang lainnya langsung melejit di dunia permusiakn dunia.

Kurt menikah dengan Courtney Love pada tanggal 24 Februari 1992 di Hawai dan pada tanggal 18 Agustus dia dikaruniai seorang putri yang diberi nama Frances Bean Cobain. Setelah konser di Munchen tanggal 1 maret 1994 Kurt di diagnosa menderita penyakit severe laryngitis dan bronchitis, lalu dia menjalani sejumlah pengobatan. Setelah itu Kurt bermasalah dengan obat-obatan, dia -pun menjalani rehabilitasi untuk mengatasinya. Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa ketergantungan tersebut untuk meredakan rasa sakit yang dideritanya.

Pada tanggal 1 April 1994 Kurt dikabarkan hilang dari panti rehabilitasi, dia di duga kabur dengan memanjat pagar. Lalu pada tanggal 3 april 1994, Courtney Love menyewa seorang detektif untuk mencari Kurt yang dikabarkan telah hilang. Tepatnya Pada tanggal 8 April 1994 Kurt ditemukan disebuah ruangan diatas garasi rumahnya di lake Washington dengan keadaan sudah meninggal dunia, dia ditemukan oleh seorang tukang listrik.

Penyelidikan mengatakan Kurt telah meninggal dunia pada 5 April 1994 dengan cara menembakan senapan kekepalanya, selain itu di tempat kejadian ditemukan sepucuk surat dan kotak berisi rokok serta obat-obatan. Meski diduga meninggal dunia karena bunuh diri tapi sampai saat ini masih banyak yang berpendapat bahwa Kurt meninggal dunia karena dibunuh.

Terlepas dari perjalan hidupnya, Kurt Cobain tetap saja menjadi musisi legendaris yang hebat, sampai saat ini setiap musiknya masih didengarkan banyak orang. Di situs Youtube lagu Smell Like Teen Spirits sudah di lihat dan didengarkan lebih dari 1 Miliar orang, itu membuktikan betapa fenomenalnya Nirvana dan Kurt Cobain.

2. Contoh Teks Narasi Ekspositorik

Jaringan Komputer merupakan sistem yang sangat penting di era digital ini, salah satu fungsinya yaitu untuk mencari dan bertukar informasi. Adapun jaringan kompuer yang cakupan areanya sangat luas berguna untuk memberikan informasi sampai ke setiap penjuru dunia.

Sejarahnya dimulai saat terciptanya konsep jaringan komputer sekitar tahun 1940 -an di Amerika yang dimulainya proyek untuk mengembangkan komputer dalam laboratorium Bell dan Grup riset Harvard dipimpin oleh seorang profesor yang bernama Howard Aiken. Awalnya penelitian tersebut memanfaatkan perangkat komputer hanya untuk kepentingan bersama saja. Digunakan untuk mengerjakan tugas supaya lebih cepat, jadi diabuatlah proses yang beruntun dan program bisa dijalnkan pada beberapa komputer.

Lalu sekitar tahun 1950 -an perangkat komputer semakin berkembang dan terciptanya super komputer. Saat itu perangkat komputer dituntut harus bisa meyanani beberapa tempat, maka ditemukanlah suatu konsep distribusi yang dinamakan TSS (Time Sharing System) dan dari situlah pertama kalinya terbentuk jaringan komputer (Computer network). Dalam TSS setiap terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer dan perangkat lainnya pada Host dalam satu jaringan.

Sejak tahun 1973 dikenal sebagai tahun kelahiran jaringan Internet, ada dua orang ahli komputer yang mengembangkan jaringan yang bersifat luas sehingga bisa digunakan semua orang di dunia. Kedua orang tesebut bernama Vinton dan Bob Khan yang membuat gagasan besar yang menjadi cikal bakal Internet. Hingga saat ini internet menjadi jaringan komputer terbesar mencangkup seluruh tempat di dunia sehingga setiap orang bisa saling terhubung untuk berbagi informasi.

Sampai saat ini terdapat jaringan komputer yang disebut LAN (Local Area Network) dengan cangkupan satu rungan atau satu gedung saja, MAN (Metropolitan Area Network) cangkupannya antar kota, WAN (Wide Area Network) cangkupan antar pulau hingga antar negara, dan Internet cakupan seluruh tempat di dunia.

Baca Juga: Pengertian Teks Editorial.

Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur.

baca buku
sumber gambar: www.pixabay.com

3. Contoh Teks Narasi Artistik

Agus seorang pria pekerja keras, Saat pagi hari sebelum mentari terbit sekitar jam 4.30 pagi hari ia sudah bangun, mandi, berwudhu dan menjalani kewajiban solat subuh setelah itu dia siap-siap berangkat kerja. Ini merupakan perkerjaan pertama agus setelah lulus kuliah, dia bekerja diperusahaan swasta dengan gaji yang tidak besar, oleh karena itu dia berusaha mengatur pengeluarannya untuk kebutuhannya supaya sisanya bisa untuk menabung.

Agus berangkat kerja jam 7 pagi sampai jam 8 pagi di kantornya dan pulang jam 7 malam, meski itu termasuk jam kerja yang tidak wajar tapi dia tetap sabar dan semangat menjalaninya. Setelah pulang dari pekerjaannya agus tidak langsung istirahat, dia kembali bekerja freelance sebagai penulis untuk website yang dibuatnya sendiri dan berharap usahanya tersebut bisa membuahkan hasil di hari-hari berikutnya.

Hari demi hari-pun berlalu, sedikit demi sedikit usaha yang dilakukan agus mulai kelihatan hasilnya, sedikit demi sedikit hasil menulis di websitenya membuahkan hasil meski tidak tergolong besar ia tetap bersyukur dan aguspun dipromosikan naik jabatan di tempat kerjanya.

4. Contoh Teks Narasi Sugestif

a). Contoh Pertama

Pagi hari saat itu aku berangkat ke sekolah, diperjalanan aku melihat teman sekelasku saat kelas satu SMP. Dia sedikit tampak berbeda dari yang dulu, dia kelihat lebih anggun dan mempesona. Aku memandangnya dan dia melirik tersenyum kecil padaku, akupun tersipu malu karena aku kira dia tidak mengenalku lagi. Saat aku perhatikan ternyata dia satu Universitas denganku, tahun ini kami sama-sama menjadi mahasiswa angakatan baru di Universitas tersebut.

Aku berfikir mungkin inilah kesempatanku untuk mendekati dia dan berusaha mendapatkan hatinya, tapi ternyata sainganku banyak dan yang menyukainya bukan hanya diriku saja. Seiring berjalannya waktu, aku lulus dari Universitas tersebut lalu aku melanjutkan ke Program Pasca Sarjana dan setelah lulus aku tak mendengar kabar darinya lagi. Tiga tahun berlalu dan aku mendengar kabar bahwa dia sudah menikah dengan pria lain.

b). Contoh Kedua

Saat ujian kalkulus yang dilaksanakan pagi hari di kampus Rizki terlihat panik dan gelisah, dia hanya mentap soal Kalkulus di depan matanya karena tidak bisa mengerjakan soal-soal yang tertulis. Dalam hatinya dia amat menyesal sekali karena semalaman hanya menghabiskan waktu untuk keluyuran dan bermain di tongkrongan saja. Hanya beberapa soal yang mampu dia kerjakan itupun asal menjawab, meskipun kemampuan pikiran yang sudah dia kerahkan rizki masih tampak kesulitan. Sekali-kali dia ingin meminta jawaban kepada teman yang duduk disampingnya, tapi dia merasakan takut karena pengawas ujian sedang menatap dirinya.

Demikian pembahasan tentang pengertian teks narasi beserta beberapa contohnya. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan jika ditemukan kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.