Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya serta Proses Penyerbukan

Posted on

Rangakuman singkat mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya serta terjadinya proses penyerbukan pada bunga dengan beberapa cara – Bunga merupakan bagian tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang indah serta ada juga yang beraroma harum. Pada jenis tanaman berbunga tertentu orang-orang sering menjadikannya sebagai hiasan baik itu di pekarangan rumah atau di bagian rumah lainnya yang ditanam pada pot, tapi apakah kamu tahu fungsi bagian bunga? Nah, untuk mengetahuinya berikut kami berikan penjelasannya:

A. Apa Itu Bunga?

Pengertian Bunga atau Kembang adalah alat reproduksi pada tanaman berbunga yang berfungsi menghasilkan biji. Bunga pada tanaman bisa berbentuk tunggal atau muncul secara bersama-sama (banyak), bunga yang muncul secara bersama-sama pada satu tangkai disebut Bunga Majemuk.

Pada dasarnya bunga memiliki bentuk yang indah dengan warna cerah dan memiliki aroma khas. Tanaman yang berbunga indah sering dijadikan sebagai hiasan untuk memperindah pekarangan atau halaman rumah. Secara umum ada 2 (dua) jenis bunga yaitu:

1. Bunga lengkap

Yaitu Jenis bunga yang memiliki mahkota bunga, benang sari, putik, bakal biji, kelopak, hingga tangkai. Contohnya seperti Bunga: sepatu, kopi, matahari, bakung, anggek, dll.

bunga kopi
Bunga kopi (sumber: www.pixabay.com)

2. Bunga tidak lengkap

Yaitu Jenis Bunga yang Tidak memiliki salah satu ata beberapa bagian pada bunga lengkap, misalnya tidak memiliki benang sari atau putik, atau bisa saja tidak memiliki kelopak. Contohnya Bunga: jagung, asoka, salak, kelapa, timun, dll.

bunga tidak lengkap
Bunga jagung (sumber: www.pixnio.com)

Baca Juga: Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya.

Baca Juga: Pengertian Fotosintesis.

B. Apa Fungsi Bunga Secara Biologi?

Secara biologi bunga berfungsi sebagai alat untuk berkembangbiak menghasilkan biji (menyatukan gamet jantan & betina), sedangkan warnanya yang cerah dan indah serta beraroma khas yaitu untuk menarik perhatian serangga dalam membantu proses penyerbukan.

C. Sebutkan Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya Secara Umum!

Untuk mengetahuinya lebih lengkap, maka kami berikan pembahasan singkat mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya berikut diantaranya:

bagian bunga lengkap

1. Tangkai bunga

Merupakan bagian yang letaknya paling bawah, fungsinya supaya bunga tetap kokoh dan sebagai penghubung bunga dengan batang tanaman sehingga bunga bisa tetap mendapakan suplai makanan dari batang.

2. Dasar bunga

Bagian paling dasar dari mahkota bunga, bagian ini melekatkan mahkota bunga dan bagian lainnya serta sebagai penghubung ke tangkai bunga.

3. Kelopak Bunga

Bagian ini pada dasarnya berwarna hijau dan hampir menyerupai daun. Fungsi bagian bunga ini melindungi bunga saat belum mekar (kucup) dan akan terbuka lebar saat mahkota bunga mekar dengan sempurna.

4. Mahkota Bunga

Bagian yang paling banyak dikenali yaitu mahkota bunga karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Fungsi bagian bunga ini untuk menarik perhatian serangga, karena serangga bisa membantu proses penyerbukan dan disinilah terjadi simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), serangga menadapatkan madu dari bunga dan bunga dibantu penyerbukan oleh serangga.

5. Benang Sari

Pada bunga lengkap benang sari berfungsi sebagai kelamin jantan. Adapun bagian-bagiannya terdiri dari tangkai sari, kepala sari, hingga serbuk sari dan biasanya berjumlah lebih dari satu.

6. Putik

Putik sebagai alat kelamin betina pada bunga, pada dasarnya terletak pada bagian tengah bunga dan mengandung sel telur yang berguna untuk pembuahan. Bagian putik terdiri dari tangkai putik, kepala putik, dan bakal biji/buah, berikut penjelasannya:

  • Tangkai putik – merupakan bagian yang menopang kepala putik sehingga berada agak tinggi dari bunga, hal ini supaya mempermudah saat proses penyerbukan.
  • Kepala putik – Bagian yang berada paling atas atau berada di puncak tangkai putik dan bagian ini paling terlihat menonjol.
  • Bakal Biji/Buah – Merupakan bagian yang terletak pada dasar bunga dan didalamnya terdapat sel telur.

D. Bagaimana Terjadinya Proses Penyerbukan ?

Penyerbukan adalah suatu peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik, dengan begitu terjadilah proses pembuahan pada bunga.

1. Contoh Proses Penyerbukan

Ketika serangga seperti kupu-kupu, kumbang, atau lebah madu hinggap pada bunga yang bertujuan untuk menghisap madu atupun nektar tanpa sengaja bagian tubuhnya mengenai serbuk sari lalu serbuk sari melekat. Sekanjutnya serangga tersebut berpindah-pindah hingga ke kepala putik lalu serbuk sari yang melekat pada tubuh serangga tersebut jatuh dan menempel pada kepala putik dalam jumlah banyak. Selain serangga ada juga yang memabntu proses penyerbukan seperti angin, air, dan manusia.

Baca Juga: Pengertian Tanaman Hias.

Baca Juga: Pengertian Tanaman Hortikultura.

2. Jenis-Jenis Penyerbukan

Pada dasarnya terdapat dua jenis penyerbukan pada bunga, antara lain:

  • Penyerbukan sendiri – proses penyerbukan dimana serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri atau bisa dari bunga lain tapi pada satu tanaman yang sama, bisanya terjadi pada tanaman seperti padi, gandum, dll.
  • Penyerbukan silang – proses penyerbukan dimana serbuk sarinya berasal dari bunga pada tumbuhan lain tapi masih yang sejenis atau masih spesies yang sama. Misalnya serbuk sarinya berasal dari tanaman A dan jatuh menempel pada tanaman B.

Akhir kata…, Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya, semoga pembahasan ini bisa dipahami dan bermanfaat dalam mengambah ilmu pengetahuan. Jika ditemukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.