Vivipar adalah: Pengertian, Ciri-Ciri Umum, dan Contohnya Lengkap

Posted on

Inilah pengertian hewan vivipar adalah: serta ciri-cirinya, dan 10 contoh hewan vivipar yang mungkin saja kita pernah melihatnya. Di bumi ini ada beberapa cara hewan dalam berkembang biak, diantaranya dengan cara bertelur, melahirkan, dan bertelur-beranak. Hewan yang bertelur disebut dengan ovipar, sedangkan yang melahirkan disebut dengan vivipar, dan dengan cara bertelur-beranak disebut ovovivipar. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan memahami bersama tentang hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan, berikut penjelasannya:

A. Apa Itu Hewan Vivipar?

Hewan Vivipar adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan, setelah terjadi pembuahan embrio akan tumbuh dan berkembang di dalam rahim hewan betina. Tentunya setiap hewan yang mengandung calon anaknya memiliki rentang waktunya masing-masing sampai melahirkan. hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan ini sebagian besar terjadi pada jenis mamalia. Semua makhluk hidup pada dasarnya akan berkembang biak dengan tujuan untuk melahirkan keturunan, sehingga jenisnya tidak punah.

Proses reproduksi vivipar ditandai dengan pembuahan sel telur di dalam rahim induk betina, lalu Sel telur yang telah dibuahi menjadi Zigot. Zigot mendapatkan suplai makana secara langsung dari induknyaa lewat tali plasenta, setiap jenis hewan memiliki masa kehamilan yang berbeda-beda dan setelah masa kehamilan berakhir induk akan melahirkan spesies yang sejenis, hewan betina kan menyusui anaknya hingga jangka waktu tertentu. (Baca Juga: Hewan Ovipar adalah: Pengertian, Bagian Telur, Ciri, dan Contohnya).

B. Ciri-Ciri Hewan Vivipar

Berikut ini merupakan ciri-ciri hewan vivipar yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Induknya memiliki kelenjar Air Susu.
  • Memiliki daun telinga.
  • Tubuhnya memiliki bulu atau rambut.
  • Perutnya Bunting atau hamil, janin tumbuh di dalam rahim induk.
  • Pada dasarnya merupakan hewan berjenis mamalia (hewan menyusui).

Sesuai penjelasan hewan vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan, sehingga cirinya secara umum dapat kita lihat dari telinganya memiliki daun telinga, menyusui anaknya, janin tumbuh di dalam rahim induknya, dan pada umumnya ciri tersebut dimiliki oleh hewan jenis Mamalia.

C. 10 Contoh Hewan Vivipar

Adapun beberapa contoh hewan vivipar yang ada di sekitar kita atau yang mungkin pernah kita lihat, antara lain:

a. Sapi

Sapi merupakan hewan herbivora / pemakan rumput yang banyak di pelihara oleh manusia. Umumnya manusia memelihara dan beternak sapi bertujuan untuk memanfaatkan daging dan air susunya. Sapi merupakan hewan mamalia berkaki empat dengan telapak kaki seperti belah, sapi ada yang bertanduk ada juga yang tidak dan memiliki berbagai macam jenis.

contoh hewan vivipar - sapi
Sapi (Sumber gambar: pixabay.com)

b. Kuda

Kuda merupakan hewan mamalia pemakan rumput, kuda dipelihara manusia untuk di manfaatkan tenaga, susu, hingga ada juga yang memanfaatkan dagingnya. Pada jaman dahulu kuda sering menjadi tunggangan manusia untuk bepergian karena kuda memiliki kemampuan berlari yang cepat dan tenaga yang kuat. Jenis kuda misalnya kuda poni, zebra, kuda arab, morgan, dll.

contoh hewan vivipar kuda
Kuda (Sumber gambar: pixabay.com)

c. Kelinci

Merupakan hewan bertelinga panjang, berukuran kecil, berbulu, dan pemakan tumbuhan. Kelinci termasuk hewan vivipar, yang tersebar hampir di seluruh dunia. Sebagian orang memanfaatkan kelinci sebagai hewan ternak untuk diambil dagingnya, tapi hanya jenis kelinci tertentu saja. Ada juga yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan karena ada beberapa jenis kelinci yang memiliki bulu dan bentuk yang indah. Jenis kelinci misalnya: Holland Lop, Mini Lop, Rex, Kelinci anggora, Kelinci pedaging, dll.

contoh hewan vivipar kelinci
Kelinci (Sumber gambar: pixabay.com)

d. Kambing

Merupakan hewan pemakan rumput yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Kambing sering dijadikan sebagai hewan ternak untuk diambil daging dan susunya, tapi tidak semua kambing dapat menghasilkan air susu yang bisa di konsumsi oleh manusia.

Kambing (Sumber gambar: pixabay.com)

e. Rusa

Contoh hewan vivipar selanjutnya yaitu Rusa yang termasuk hewan pemakan rumput, biji-bijian, dan di alam bebas sering menjadi santapan bagi hewan karnivora seperti harimau, singa, srigala, dll. Keberadaan rusa hampir tersebar di seluruh penjuru dunia. Ciri khas rusa yang paling mudah dikenali yaitu tanduknya yang bercabang yang terus tumbuh karena merupakan tulang padat, ciri ini hanya dimiliki oleh rusa jantan. Terdapat beragam jenis rusa saat ini hanya sekitar 34 jenis yang diketahu banyak orang.

Rusa (Sumber gambar: pixabay.com)

f. Paus

Paus merupakan mamalia terbesar yang hidup saat ini. Meski hidupnya di laut, paus bukan termasuk ikan tapi merupakan mamalia. Paus memiliki kelenjar air susu dan bernafas menggunakan paru-paru, saat sedang di laut paus akan naik ke permukaan untuk mengambil oksigen lalu kembali lagi ke dalam laut. Paus memiliki beragam jenis seperti: paus biru, paus sirip, paus bungkuk, paus sikat atlantik utara, paus beluga, dll. Saat ini yang terbesar adalah paus biru yang memiliki kulit berwarna biru keabu-abuan dengan panjang hingga mencapai 100 kaki dan berat 100-150 ton.

Paus (Sumber gambar: pixabay.com)

g. Harimau

Harimau termasuk hewan karnivora / pemakan daging yang buas dan berbahaya, termasuk kedalam jenis kucing berukuran besar, memiliki pergerakan yang cepat, dan bergigi tajam. Harimau sering berburu rusa, kancil, kijang, dan hewan herbivora lain untuk makanannya. Saat ini harimau termasuk kedalam hewan yang dilindungi karena terancam punah.

Harimau (Sumber gambar: pixabay.com)

Baca Juga: Reptil adalah: Pengertian, Ciri Umum, Pembagian Ordo, dan Contohnya.

Baca Juga: Pengertian Konservasi Dan Tujuannya Serta Manfaatnya.

h. Singa

Sama seperti harimau singa termasuk kedalam jenis kucing berukuran besar, dan termasuk hewan buas pemakan daging. Biasanya hewan ini hidup berkelompok, singa betina berburu untuk mencari makanan sedangkan singa jantan hanya bersikap santai saja dan meminta bagian dari hasil buruan. Singa jantan memiliki rambut yang panjang di bagian leher, dada hingga kepalanya sedangkan singa betina tidak. Meskipun termasuk kedalam spesies kucing, singa tidak dapat memanjat pohon.

Singa (Sumber gambar: pixabay.com)

i. Kucing

Meski kucing termasuk hewan karnivora, tapi tidak membahayakan manusia. Kucing bertubuh kecil, badanya ditutupi oleh bulu, dan termasuk hewan yang lucu. Oleh sebab itu sebagian orang menjadikannya sebagi hewan peliharaan di rumah atau lingkungannya, dan banyak kucing liar yang hidup membaur dengan manusia. Kucing juga memiliki berbagi jenis seperti: kucing domestik (kucing kampung), persia, anggora, sphynx, maincoon, dll.

Kucing (Sumber gambar: pixabay.com)

j. Anjing

Selain kucing, Anjing merupakan hewan mamalia yang sering dipelihara oleh manusia. Anjing sama seperti kucing termasuk hewan karivora juga. Karena hewan ini termasuk hewan yang bisa di latih sehingga sebagian orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa anjing termasuk hewan yang setia pada majikannya. Banyak sekali jenis anjing mulai yang berukuran kecil hingga berukuran besar, di pelihara hanya untuk dijadikan sebagai teman, penjaga rumah, hingga untuk berburu. Jenis anjing yang populer seperti: Pomerania, Pudel, Cihuahua, Beagle, Dalmatian, Siberian Husky, Buldog, dll.

Anjing (Sumber Gambar: pixabay.com)

Akhir kata, jadi pengertian hewan vivipar adalah jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan, ciri utamanya yaitu berdaun telinga dan induknya memiliki kelenjar air susu. Beberapa contohnya yang ada di sekitar kita yaitu sapi, kambing, domba, kuda, kelinci, kucing, anjing, dll. Demikian penjelasan yang dapat kita sampaikan, semoga bermanfaat, jika ditemukan kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.