Pengertian Teks Eksplanasi serta Ciri, Struktur, Manfaat, dan Contoh Singkatnya

Posted on

Berikut ini pengertian teks eksplanasi adalah: ciri-ciri, struktur, manfaat yang didapat, dan beberapa contohnya secara singkat. Dalam kehidupan banyak sekali fonomena yang terjadi salah satunya fenomena yang terjadi di alam. Tentunya ada fenomena alam yang belum kamu ketahui, lalu kamu mencari-cari informasinya mengapa fenomena tersebut bisa terjadi. Mungkin saja sumber informasi itu termasuk kedalam kalimat atau teks Eksplanasi.

A. Apa itu Teks Eksplanasi?

Pengertian teks Eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan terjadinya suatu proses peristiwa atau fenomena, didalamnya juga terdapat pernyataan yang menjadi sebab-akibat yang menjelaskan timbulnya fenomena tersebut bisa terjadi. Atau bisa di definisikan juga sebagai teks yang isinya berupa penjelasan secara rinci mengenai berbagai macam objek atau fenomena yang terjadi di sekitar kita. Pada teks Eksplanasi biasanya berkaitan dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sosial dan alam.

Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi yang detail kepada orang lain, tentunya informasi tersebut harus mudah di pahami. Lalu isinya harus berupa fakta yang memang benar adanya jadi bukan opini penulis, lebih baik lagi jika fakta tersebut dijelaskan secara ilmiah, jadi teks Eksplanasi berupa karya ilmiah sehingga isinya bisa dipercaya. Maka dengan teks ekplasi maka penulis dapat memaparkan atau menjelaskan secara lebih panjang kepada para pembaca mengenai suatu objek maupun fenomena yang terjadi.

teks eksplanasi adalah
sumber gambar: www.pixabay.com

B. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ini cici-ciri teks Eksplanasi yang bisa kamu cermati, antara lain:

a. Isinya Faktual / Benar adanya

Isi teksnya bersifat benar adanya sesuai dengan kenyataan atau apa adanya, jadi tidak berdasarkan opini penulis.

b. Bersifat Ilmiah

Menjelaskan objek atau peristiwa yang dapat dipelajari menggunakan ilmu pengetahuan atau isinya termasuk karya ilmiah.

c. Bersifat informatif

Isinya berupa informasi mengenai objek atau fenomena yang diberikan kepada orang lain atau pembaca.

d. Temannya Memuat hal umum

Sebagian besar pembahasannya memuat fenomena umum, ssosial dan objek lain, lalu dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti.

e. Terdapat Sequence Makers

Ciri-ciri teks eksplanasi selanjutnya terdapat sequence makers meski tidak semunya memiliki ciri ini. Pada pembahasannya terdapat urutan seperti pertama, kedua, ketiga, dst. atau pertama, selanjutnya, berikutnya, dst.

Baca Juga: Pengertian Karya Tulis Ilmiah dan Jenisnya.

Baca Juga: Pengertian Teks Deskripsi: Ciri-Ciri, Manfaat, Struktur, Jenis, dan Contohnya.

C. Struktur Teks Eksplanasi

Setelah memahami pengertian teks eksplanasi dan cirinya, maka berikut ini kami berikan struktur teks eksplanasi yang umumnya dibagi kedalam tiga bagian, antara lain:

a. Pembukaan / Pernyataan umum

Merupakan paragraf yang menjelaskan objek atau fenomena yang akan di bahas, pada umumnya berisikan pengenalan bojek atau fenomena yang akan dibahas secara detail atau bisa juga berupa penjelasan yang memuat tentang kenapa, mengapa, bagimana fenomena tersebut bisa terjadi. Sehingga pada bagian ini harus diabuat semenarik mungkin supaya menarik minat pembaca.

b. Isi / Deretan Pembahasan

Merupakan bagian pokok dari teks eksplanisi, biasanya berisikan penjelasan mengenai proses terjadina suatu penomena secara detai atau berisikan pembahasan secara detail tentang suatu objek dan harus bersifat ilmiah. Bagian ini juga memuat jawaban atas pertanyaan yang timbul pada bagian pembuka.

c. Penutup

Struktur teks eksplanasi selanjutnya yaitu penutup, biasanya bagian ini berupa kesimpulan atau bisa juga rangkuman inti dari bagian isi pembahasan. Tapi bagian ini bisa juga disertakan bisa juga tidak, sesuai dengan keinginan penulis.

struktur teks eksplanasi
sumber gambar: www.pixabay.com

D. 3 Contoh Teks Eksplanasi Singkat

a. Contoh Teks Eksplanasi tentang fenomena alam: Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan fenomena alam dimana permukaan bulan terlihat agak gelap, fenomena ini cukup sering terjadi dan terlihat saat malam hari.

Pertama-tama karena bumi berada tepat sejajar di antara bulan dan matahari maka bayangan bumi akan menghalangi bulan, sehingga cahaya matahari tidak sampai ke permukaan bulan.

Selanjutnya saat bayangan bumi tepat menutupi permukaan bulan secara penuh, saat itulah terjadi fenomena alam yang disebut gerhana bulan. Sebenarnya fenomena alam ini bulan masih bisa terlihat, hal ini disebabkan karena adanya sedikit cahaya matahari yang dibelokan oleh atmosfer bumi ke bulan.

Terakhir karena sebagian besar cahaya matahari yang dibelokan oleh atmosfer bumi bersektrum merah, itulah sebabnya saat terjadi gerhana, warna bulan bisa saja berwarna merah, kecoklat-coklatan hingga berwarna gelap.

b. Contoh Teks Eksplanasi tentang fenomena alam: Terbentuknya Awan

Awan yaitu kumpulan titik-titik air atau kristal es yang berada langit dan dapat mencair menjadi air hujan atau salju. Di langit terdapat berbagai jenis awan mulai dari yang memiliki ketinggian rendah hingga paling tinggi dari permukaan bumi

Pertama-tama air yang berada di permukaan bumi seperti air laut, danau, sungai, dll. mengalami proses penguapan karena panas yang dihasilkan cahaya matahari.

Selanjutnya uap tersebut naik ke udara dan semakin lama terkumpul jadilah awan, tentunya awan memiliki berat karena didalamnya merupakan titi-titik air atau kristal es.

Terakhir jika awan semakin berat maka akan mencair, menjadi air ataupun salju dan turun ke permukaan bumi. Banyak sekali jenis awan misalnya awan cumulus, startus, sirus, dll.

contoh teks eksplanasi
sumber gambar: www.pixabay.com

c. Contoh teks Eksplanasi Sosial: Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak-Anak

Dapat dikatakan saat ini Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua kalangan karena memiliki banyak manfaat jika digunkan dengan bijak, tapi disamping itu ada juga dampak negatif dari smartphone khususnya bagi anak-anak yang masih di bawah umur. Karena Jika anak di bawah umur menggunakannya secara berlebihan dan tidak dibatasi dapat memberikan dampak negatif bagi anak itu sendiri.

Beberapa Informasi menyebutkan dampak negatif yang ditimbulkan misalnya berdapak pada mental anak itu sendiri, jika anak-anak membuka hal-hal negatif di internet dengan smartphone maka akan meningkakan depresi, kecemasan, hingga mengurangi konsenterasi terhadap mentalnya.

Selanjutnya menimbulkan gangguan tidur akibat kurang istirahat akibat dari sinar biru yang dihasilkan smartphone dapat mengganggu waktu istirahat anak. Cahaya biru bisa membuat bingung otak dan tubuh, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur malah terganggu. Kurangnya tidur berdampak terhadap tingkat konsenterasi anak terutama saat belajar.

Beberapa dampak buruk lainnya seperti menyebabkan gangguan pada mata, ketergantungan terhadap gadget, hingga timbulnya rasa malas belajar.

Maka disini diperlukan peranan orang tua, terutama dengan sikap yang tegas dalam membatasi penggunaan smartphone atau gatget untuk anaknya, supaya anak dapat terhindar dari dampak negatifnya.

Baca Juga: Pengertian Metode Ilmiah Dan Langkah-Langkahnya Jelas.

Baca Juga: Pengertian Makalah: Sistematika dan Manfaatnya.

E. Penutup

Akhir kata, dari penjelasan diatas maka pengertian Teks Eksplanasi adalah teks yang berisikan penjelasan terjadinya suatu fenomena atau menjelaskan suatu objek dan didalamnya terdapat pernyataan yang menjadi sebab-akibat. Ciri-ciri teks Eksplanasi yang paling utama yaitu menjelaskan objek / fenomena yang ada di sekitar kita dan dijelaskan dengan ilmiah serta bersifat informatif.

Jika hendak membuat teks eksplanasi maka harus dilakukan observasi terlebih dahulu, cari sumber ilmu yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti, jangan lupa perhatikan ciri dan strukturnya. Itulah penjelasan yang dapat kami berikan, jika ada kekurangan mohon maaf, sekian dan terimakasih.