Pengertian Teks Deskripsi adalah: Ciri-Ciri, Manfaat, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Posted on

Inilah pengertian teks deskripsi beserta ciri, manfaat, struktur jenis dan beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kamu pahami. Pernahkah kamu membaca suatu teks atau kalimat yang menerangkan sesuatu secara detail? itulah yang disebut deskripsi. Kalimat atau teks seperti ini bisa kita temukan di media cetak, toko online hingga informasi dari orang lain. Untuk lebih memahaminya berikut ini penjelasannya secara detail:

A. Apa itu Teks Deskripsi?

Pengertian teks deskripsi adalah suatu paragraf yang berisi kalimat untuk menggambarkan sesuatu, bisa objek, keadaan, tempat dan peristiwa kepada orang lain secara rinci. Dengan teks deskripsi maka pembaca dapat merasakan apa yang dialami oleh penulis. Tesk deskripsi juga bisa didefenisikan sebagai gambaran mengenai suatu hal yang ditulis secara jelas, dimana gagasan pokoknya disampaikan kepada pembaca melalui cara menggambarkan suatu objek atau keadaan dengan kalimat secara jelas sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan apa yang dialami oleh penulis. Teks deskripsi termasuk kedalam tulisan non-fiksi karena sifatnya aktual/nyata. (Baca Juga: Pengertian Karya Tulis Ilmiah Dan Jenis-Jenisnya).

pengertian teks deskripsi
Sumber gambar: www.pixabay.com

B. Ciri-Ciri Teks Deskripsi Secara Umum

Adapun ciri-ciri teks deskripsi yang bisa kamu ketahui antara lain:

  • Teks deskripsi menggambarkan sesuatu dengan cara menguraikan dengan kalimat bisa itu menggambarkan suatu objek, tempat ataupun keadaan.
  • Salah satu tujuannya untuk menimbulkan kesan terutama pada panca indra pembaca, jadi seolah olah pembaca merasakan apa yang dialami penulis deskripsi.
  • Tesk deskripsi mengutamakan observasi untuk menulis kalimatnya.
  • Dalam penulisannya membutuhkan data yang nyata yang bisa digunakan sebagai gambaran.

C. Manfaat Teks Deskripsi

Bermanfaat untuk memberitahu suatu keadaan atau peristiwa saecara lebih rinci dan detail. Karena pengertian teks deskripsi untuk memberitahukan sesuatu secara rinci, maka manfaat utama yang kita dapatkan yaitu memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai suatu peristiwa, jadi pembaca seolah-olah merasakan keadaan yang dialami penulis saat itu.

Adapun manfaat teks deskripsi dalam menjelaskan objek, penulis bisa menjelaskan objek secara detail sampai hal-hal yang paling kecil sehingga pembaca bisa membayangkan bentuk dan kegunaan objek tersebut. (Baca Juga: Pengertian Karangan dan Jenisnya).

D. Struktur Teks Deskripsi

Pada dasarnya struktur teks deskripsi dibagi menjadi empat bagian, antara lain:

  • Judul: Memberitahukan apa yang akan di deskripsikan kepada pembaca
  • Identifikasi: merupakan kalimat pembuka mengenai apa yang akan di deskripsikan.
  • Kalimat Deskripsi: penjelasan rinci dan detail mengenai suatu objek, keadaan, peristiwa, dll.
  • Keimpulan: biasanya berupa opini penulis dari kalimat deskripsi yang dibuatnya.
contoh teks deskripsi
Sumber gambar: pixabay.com

E. Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat dikembangkan menjadi 3 jenis teks, yakni teks deskripsi subjektif, spasial, dan objektif.

a. Teks deskripsi subjektif

Merupakan deskripsi yang menggambarkan suatu keadaan ataupun objek berdasarkan pandangan dan kesan yang dirasakan oleh penulis. Contohnya sebagai berikut:

Agus memiliki memelihara kucing jenis persia berwarna hitam dan putih di rumahnya. Kata agus umurnya sudah 3 tahun dan beratnya hampir 5 kg. Aku melihat saat agus memandikan kucingnya dengan air hangat dan shampo khusus kucing, samponya-pun sampo terbaik, maka tak heran jika bulu kucingnya lebat dan bagus. Untuk Pakannya menggunakan merek ProPlan dan sesekali diberi makanan basah. Agus juga suka membawa kucingnya ke dokter hewan langganannya untuk di vaksin secara rutin setaun sekali, maka tak heran kucingnya sehat dan berbulu indah.

b. Teks deskripsi spasial

Merupakan penggambaran suatu objek yang ditulis secara detail dan biasanya disertai opini penulis pada bagain akhir. Pada umumnya mumnya merupakan deskripsi mengenai ruangan, tempat, dan benda. (Baca Juga: Pengertian Opini Dan Contoh Kalimatnya).

Keadaan permukaan bumi semakin panas, akibat lapisan ozon yang semakin menipis, udara dan lingkungan semakin tercemar, hutan-hutan semakin gundul, iklim tidak menentu. Maka tak heran jika banyak bencana yang terjadi. Keadaan ini  yang harus bertanggung jawab adalah manusia, karena manusialah yang banyak menimbulkan kerusakan di muka bumi.

Agus memberi kucingnya dengan pakan merek Proplan yang tergolong kelas premium dan kaya akan nutrisi. Pakan ini mengandung protein, lemak, serat, vitamin E, zink, hingga omega 3 dan 6 yang bagus untuk kucing dan harganya-pun sekitar Rp. 200.000 per bungkusnya, maka tak heran jika agus mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk memeli pakan kucing. Menurutku masih ada merek yang bagus dengan harga sedikit lebih murah, misalnya merek Equilibrio untuk kucing persia.

c. Teks deskripsi objektif

Dan jenis teks deskripsi yang terakhir yaitu berupa penjelasan mengenai objek yang di tulis dengan apa adanya, sehigga dapat memberikan penggambaran kepada para pembaca seolah-olah merasakan apa yang dilihat ataupun yang alami penulis, jadi tidak ditambahkan opini penulis. Contohnya sebagai berikut:

Dulu dia memiliki seorang pacar tapi dia khianati, pacarnya dulu berparas lumayan tampan, berkulit sawo matang, tidak terlalu tinggi, berambut lurus, sikapnya ramah kepada orang lain, jujur, dan baik hati.

Ayahku menjual motor Satria Fu, kondisi fisiknya masih sangat bagus, berwarna hitam, semua sparepatnya masih original bawaan pabrik belum pernah ada yang diganti, jarak tempuh di spidometernya hanya 5000 kilometer, dan motornya terwat baik.

Akhir kata, jadi pengertian teks deskripsi yaitu paragraf atau kalimat yang menjelaskan suatu objek, keadaan, dan peristiwa secara detail. Tujuannya supaya orang lain dapat membayangkan objek ataupun merasakan peristiwa yang dialami penulis. Adapun jenisnya seperti teks deskripsi sumbjektif, spasial, dan objektif. Itulah penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat, jika ada kesalhaan mohon maaf cukup sekian dan terimakasih.