Ovovivipar adalah: Pengertian, Ciri Umum, dan Contoh hewannya

Posted on

Memahami pengertian hewan ovovivipar adalah: disertai ciri-cirinya secara umum dan beberapa contoh hewan ovovivipar yang bisa kamu ketahui. Ada tiga cara hewan melakukan kembangbiak anatara lain bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan. Dengan cara bertelur-melahirkan ini dikenal dengan istilah Ovovivipar. Tentunya hewan yang berkembang biak dengan cara tersebut cukup sulit kita temukan jadi hanya ada di tempat-tempat tertentu saja. Nah, untuk memahaminya berikut kami berikan penjelasannya:

A. Apa Pengertian Hewan Ovovivipar?

Hewan Ovovivipar adalah jenis perkembangbiakan pada hewan dengan cara bertelur-melahirkan atau kombinasi antara bertelur dan melahirkan. Hewan jenis ini tersebar di darat dan di air, tentunya jenis hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar cukup langka untuk di temukan di sekitar kita. Biasanya induk hewan ovovivipar akan mengalami pembuahan dalam tubuhnya lalu menjadi telur, telur bisa saja menetas dalam tubuh sang induk lalu melahirkan anaknya.

B. Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar

Adapun beberapa ciri hewan ovovivipar yang bisa kamu ketahui antara lain:

  • Pembuahan terjadi di dalam tubuh induknya.
  • Setelah terjadi pembuahan maka jadilah telur.
  • Zigot di dalam telur menjadi embrio dan mendapatkan suplai makanan dari dalam telur.
  • Setelah telur mencapai usia tertentu, telur akan menetas dalam tubuh sang induk dan anakpun keluar dari dalam tubuh sang induk.
  • Atau bisa juga Telur yang dikeluarkan induk langsung menetas.
    Sang induk tidak menyusui anaknya.

Dari ciri diatas maka dapat disimpulkan hewan ovovivivar adalah hewan yang melakukan kembangbiak dengan terjadinya pembuahan di dalam tubuh induknya lalu menjadi telur, telur tersebut akan menetas dan sang induk melahirkan spesies baru yang sejenis. Baca Juga: Pengertian Hewan Ovipar: Bagian Telur, Ciri, dan Contohnya.

C. Contoh Hewan Ovovivipar

Berikut ini beberapa contoh hewan ovovivipar yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Ikan hiu

Ikan hiu merupakan karnivora yang ganas di lautan, ikan hiu dapat menyimpan telur dalam tubuhnya lalu melahirkan anaknya jika embrio sudah matang. Dalam sekali kehamilan ikan hiu dapat menghasilkan anak antara 5 hingga 20, tapi sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa lama ikan hiu mengandung hingga melahirkan anak-anaknya.

contoh hewan ovovivipar -ikan hiu
Ikan Hiu (Sumber gambar: Pixabay.com)

2. Kuda Laut

Kuda laut merupakan hewan yang unik karena biasanya hewan yang mengandung anak berjenis kelamin betina, tapi kuda laut yang mengandung berjenis kelamin jantan. Menrut informasi kuda laut jantan memiliki kantung pada tubuhnya yang digunakan untuk menyimpan dan mengerami telur. Saat terjadi pembuahan pada betina, sang betina akan mentransfer telur kepada kantung sang jantan. Sang jantan mengerami telur dalam tubuhnya hanya 10 hingga 14 hari saja lalu menetas menjadi individu baru yang sejenis.

Kuda Laut (Sumber gambar: kompasiana.com)

3. Ikan Guppy

Ikan guppy berkembang biak seperti ikan hiu, meski berukuran kecil ikan ini dapat mengandung hingga 80 calon bayi, dan mengandung selama 21 hingga 30 hari, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh keadaan suhu air tempat habitatnya. Ikan guppy sering dijadikan ikan hias, karena keindahan bentuk dan warna yang dimilikinya.

contoh hewan ovovivipar
Ikan Guppy (Sumber gambar: Pixabay.com)

4. Salamender

Contoh hewan ovovivipar selanjutnya yaitu Salamender yang merupakan jenis hewan amfibia, bentuknya seperti kadal tapi bertubuh agak ramping, berekor panjang dan memiliki kemampuan mengembalikan bagian tubuh yang terpotong. Salamender hidup di habitat yang berair dan lembab serta berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan, sehingga dikategorikan hewan ovovivipar. Beberapa informasi menyebutkan bahwa Salamender mengalami metamorfosis, setelah menetas dari telur lalu menjadi larva yang disebut Eft, larva tersebut akan menumbuhkan kaki hingga menjadi salamender dewasa. Slamender juga terdiri dari berbagai macam jenis dan memiliki alat pernapasan yang beragam, ada yang menggunakan paru-paru, insang, dan kulit. Baca Juga: Pengertian Metamorfosis Dan Contohnya.

Red Salamender (Sumber gambar: www.idntimes.com)

5. Kadal

Secara umum kadal akan berkembang biak dengan cara bertelut (ovivar). Tapi ada bjuga jenis tertentu yang berkembang biak dengan cara bertelur-merlahirkan. Kadal menyimpan hasil pembuhan di dalam tubuhnya, embrio kadal akan tumbuh dan berkembang di dalam tubuh sang induk dengan memanfaatkan suplai makanan dari kuning telur, setelah usia embrionya matang dan sempurna, berkembanglah menjadi spesies yang sama dengan induknya, lalu sang induk melahirkan spesies baru yang sejenis.

Kadal (Sumber gambar: id.wikipedia.org)

Baca Juga: Pengertian Hewan Vivipar: Ciri-Ciri Umum, dan Contohnya.

Kahir kata, jadi dari penjelasan diatas yang dimaksud hewan ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan, cirinya pembuahan terjadi dalam tubuh sang induk lalu setelah menjadi telur embrio berkembang, setelah mencapai waktunya akan menetas dan sang induk melahirkan anaknya. Beberapa contohnya seperti kadal, ikan guppy, slamender, ikan hiu, kuda laut, dll. Bagaimana sudah mengertikan apa itu hewan ovovivipar? semoga penjelasan ini dapat kamu pahami, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.