Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Untuk Berbisnis

Posted on

Berikut pengertian strategi pemasaran 4p serta tujuan dan manfaatnya untuk pelaku bisnis. Meningkatnya perekonomian tentunya sangat berkaitan dengan pertumbuhan pasar, jadi setiap orang yang ingin membuka usaha harus memiliki inovasi dan kreatif dalam menjual produk atau jasanya. Dalam ilmu manajeman yang ada kaitanya dengan bisnis terdapat istilah dalam menjual produk yang disebut dengan strategi pemasaran 4P, strategi ini diperlukan guna untuk meningkatkan dan menjaga nilai jual suatu produk supaya tetap tinggi.

A. Jelaskan Pengertian Strategi Pemasaran 4P !

Yang dimaksud dengan Strategi Pemasaran 4P adalah strategi pemasaran yang berguna untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa, sehingga nilai jual produk dan jasa tersebut menjadi tinggi di pasaran dan menghasilkan laba, 4P sendiri merupakan singkatan dari Product, Price, Place, dan Promotion. Berikut penjelasan lengkapnya:

a. Product (Produk)

Setiap pengusaha dan pelaku UKM tentu harus membuat, mengelola, dan mengembangkan produk andalannya yang akan di pasarkan. Sebelum produk di pasarkan maka harus di uji terlebih dahulu dari berbagai aspek seperti dari ukuran, warna, kualitas, data tahan, rasa, dan sebagainya. Jika sudah di uji kelayakannya maka harus di pastikan lagi bahwa produk itu siap untuk masuk pasar. Baca Juga: Pengertian Produk dan Contohnya.

pengertian strategi marketing 4p
sumber gambar: pixabay.com

b. Price (Harga)

Harga menjadi faktor yang penting dalam meningkatkan penjualan, maka sangat berpengaruh untuk mendapatkan keuntungan. Pastika konsumen yang membeli dengan uangnya suapaya mendapatkan produk atau jasa yang benar-benar mereka inginkan baik itu dari kualitas maupun cara pelayanannya. Dalam penentuan harga juga harus masuk akal dengan kualitas produk tersebut, jadi jangan sampai membuat para konsumen kecewa. Baca Juga: Pengertian Harga dan Fungsinya.

c. Place (Tempat)

Strategi pemasaran 4P selanjutnya yaitu mengenai tempat, dalam memulai usaha tentu kita harus memilih tempat strategis karena hal ini sangat penting juga untuk kesuksesan pemasaran produk. Misalnya kita akan menjual produk makanan atau fashion, tentu pilihlah tempat yang ramai dilalui oleh orang, dengan begitu akan banyak konsumen yang tertarik mengunjungi tempat usaha kita. Jika kita hanya melakukan penjualan secara online maka pilihlah media yang tepat untu pemasaran tersebut misalnay di mediasosial seperti Instagram dan Fcebook.

d. Promotion (Promosi)

Yang terakhir yaitu promosi yang menjadi strategi pemasaran yang penting juga. Terutama terhadap produk-produk baru yang hendak di pasarkan, supaya konsumen mengenal produk tersebut lakukanlah promosi dengan begitu jumlah permintaan barang akan meningkat. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memasang iklan dalam di spanduk, surat kabar, internet, dan televisi. Tentunya promosi dapat dilakukan secara gratis misalnya menggunakan sosial media yang kita miliki, tapi biasnya supaya lebih dikenal maka harus mengeluarkan biaya dalam melakukan. Baca Juga: Pengertian Promosi dan Tujuannya.

Saat ini pemasaran secara digital / online sedang marak-maraknya sehingga banyak produsen yang tidak memiliki toko fisik dan hanya menjual produknya secara online dan di kirim melalui jasa pengeriman sehingga sampai ke tangan konsumen. Pemasaran secara online atau dikenal juga dengan digital marketing saat ini menjadi sebuah bisnis yang sukup menjanjikan karena tidak perlu banyak mengeluarkan biaya.

B. Kesimpulan

Dari pengertian starategi pemasaran 4P maka kita dapat mengetahui cara melakukan pemasaran produk ataupun jasa secara tepat, dengan begitu diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan konsumen. Disebut dengan strategi 4P dalam pemasaran karena mencangkup Product, Place, Price, dan Promotion, strategi ini sangat di perlukan agar usaha bisnis lebih tepat sasaran dan target tercapai.

Tujuan tuama pemasran atau marketing yaitu untuk memastikan supaya produk atau jasa yang dijual perusahaan dikenal oleh masyarakat, dan dibeli sehingga perusahaaan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut, oleh karena itu saat ini banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan strategi marketing supaya bisnisnya sukses. Strategi pemasaran 4P ini tidak hanya untuk usaha besar tapi bisa juga di terapkan oleh UKM yang semakin hari semakin banyak jumlahnya.

Dari penjelasan di atas maka dapat diambil beberapa manfaat strategi pemasaran 4P bagi dunia Bisnis, antara lain:

  1. Pelaku usaha dapat menentukan produk apa yang dibutuhkan pasar.
  2. Mengetahui biaya dan cara mengenalkan produk yang tepat kepada masyarakat.
  3. Dapat Menentukan tempat strategis untuk menjual dan cara yang tepat menyalurkan/ menjual produk.
  4. Menghindari kerugian besar dalam usaha bisnis.
  5. Mengetahui daya beli masyarakat sehingga produk dan jasa tepat sasaran, misalnya produk yang dikeluarkan ditujukan untuk golongan masyarakat menengah kebawah atau menengah ke atas dan keduanya

Demikian pembahasan tentang pengertian strategi pemasaran 4p serta tujuan dan manfaatnya untuk pelaku bisnis, semoga dapat bermanfaat, sukup sekian dan terimakasih.