Pengertian Media Promosi serta Tujuan, Fungsi, dan Contohnya di Sekitar Kita

Posted on

Memahami pengertian media promosi yang dilengkapi dengan tujuan, fungsinya untuk pemasaran, dan beberapa contoh media promosi yang dapat ditemukan di sekitar kita. Di jaman yang serba digital ini perkembangan bisnis / usaha mengalami pertumbuhan yang cukup cepat, terutama dalam membangun bisnis dengan cara pemasaran secara online menggunakan Internet. Tentu dalam menjalankan bisnis tidak dapat dipisahkan dari starategi marketing yang saat pemasarannya menggunakan berbagai media promosi supaya bisnisnya dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

A. Apa Pengertian Media Promosi ?

Yang dimaksud dengan media promosi adalah cara yang dilakukan oleh pembisnis dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli.  Sedangkan promosi bisa diartikan sebagai suatu bentuk dari komunikasi pemasaran, yang beratri segala aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi ataupun membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga meningkatkan pemasaran dan membuat pembeli loyal terhadap produk yang dibelinya.

Saat ini di era yang serba digital media promosi sering dibagi kedalam dua bagian yaitu media online dan offline, dengan kata lain promosi melalui internet dan tidak menggunakan internet. Media promosi dengan internet misalnya dengan menggunakan media sosial, market place, dll. Sedangkan untuk promosi secara offline kita sering mleihatnya menggunakan media famplet, spanduk, brosur, siaran radio, siaran televisi, dll. (Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat).

pengertian media promosi
sumber gambar: pxhere.com

B. Tujuan Media Promosi

Dari pengertian media promosi di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan tujuannya seperti:

  1. Untuk memberikan informasi yang tepat mengenai produk atau jasa yang dijual kepada pasar potensial.
  2. Meningkatkan penjualan sehingga laba perusahaan meningkat juga.
  3. Mendapatkan konsumen baru dan membuatnya menjadi loyal terhadap produk atau jaya yang dijual.
  4. Membangun citra yang baik mengenai produk dan nama perusahaan di mata konsumen.
  5. Mengunggulkan produk sendiri sehingga bisa tetap bersaing di pasar dengan produk lain.
  6. Untuk menjaga kestabilan penjulan.

C. Fungsi Media Promosi Untuk pemasaran Produk 

a. Pengenalan

Fungsi yang pertama tentunya untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan di jual ke pasar mulai dari kegunaannya, keunggulan, harganya dll., sehingga calon pembeli mengatahui informasi produk atau jasa tersebut. Dengan pengenalan produk yang baik maka calon pembeli biasanya akan membandingkan dengan produk saingan lalu akan mengambil kesimpulan produk mana yang lebih baik menurutnya.

b. Penawaran

Fungsi media promosi selanjutnya yaitu untuk menawarkan dan membujuk calon konsumen sehingga dapat memutuskan untuk membeli produk tersebut. Lakuakan penawaran yang baik dengan memberikan informasi yang jelas mengenai harga hingga keunggulan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu tawarkan kepada konsumen yang memang membutuhkan produk atau jasa tersebut sehingga banyak yang tertarik membelinya. Misal produsen properti membuat perumahan untuk kalangan menengah ke atas, maka harus di tawarkan juga kepada masyarakat dengan perekonomian menengah ke atas jangan ditawarkan ke menengah ke bawah.

c. Penjagaan Konsumen

Media promosi juga berfungsi untuk menjaga konsumen supaya tetap loyal terhadap produk yang di belinya sehingga melakukan pembelian secara berkelanjutan, tentunya hal ini harus dibarengi juga dengan pelayanan yang dilakukan perusahaan kepada konsumen tersebut. Misalnya kita sudah merasa puas dengan menggunakan Smartphone merek Samsung maka perusahaan harus memberikan service yang baik, dan melakukan promosi mengani produk-produk terbarunya kepada konsumen melalui media promosi yang ada.

d. Perbaikan

Fungsi media promosi yang terakhir yaitu untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan, jika produk yang sebelumnya dikeluarkan memiliki kekurangan sehingga membuat konsumen kecewa, maka dipromosi selanjutnya dapat di informasikan bahwa produk tersebut telah di sempurnakan sehingga lebih baik dari produk sebelumnya.

Jika produk atau jasa yang dijual dapat diterima dengan baik oleh konsumen tentunya nama perusahaan juga akan semakin terangkat dan terkenal, hal ini akan berguna untuk perkembangan perusahaan.

contoh media promosi
sumber gambar: pxhere.com

D. Contoh Media Promosi

Berikut ini beberapa contoh media promosi yang mudah kita temui, antara lain:

a. Internet

Internet dapat menjadi media promosi yang paling gampang digunakan di era serba digital saat ini. Selain tidak terlalu membutuhkan biaya untuk melakukan promosi Internet juga mudah di akses oleh semua orang. Misalnya promosi secara gratis cukup mengunakan akun sosial media yang dimiliki seperti facebook, twitter, instagram, dll. lalu memasang foto produk yang akan di jual dan disertai caption mengenai produk tersebut. Tapi biasanya menggunakan sosial media ada juga dengan cara / fitur yang berbayar tentunya cara ini memiliki jangkauan calon konsumen yang lebih banyak, ada juga dengan memasarkannya dengan marketplace, atau bisa juga menggunakan jasa promosi yang berbayar di internet.

b. Siaran Televisi

Acara televisi tentunya dapat menarik banyak orang sehingga dapat digunakan sebagai media promosi melalui iklan yang ditayangkan di sela-sela acara. Siaran televisi banyak dilihat oleh banyak orang itulah kenapa untuk melakukan promosi di siaran televisi membutuhkan banyak biaya.

c. Siaran Radio

Contoh media promosi selanjutnya yaitu dengan siaran radio. Dalam melakukan promosi melalui siaran radio menggunakan suara yang dibuat semenarik mungkin atau menggunakan kata-kata yang lucu sehingga orang yang mendengarnya tertarik dengan produk atau jasa yang di jual.

d. Brosur

Contoh media promosi selanjutnya brosur, merupakan media promosi yang dilakukan dengan membagikan kertas yang telah di cetak dalam jumlah banyak kepada orang-orang. Dalam membuat brosur harus semenarik mungkin dan sertakan informasi mengenai produk atau jasa yang di jual secara jelas supaya terlihat menarik. Brosur juga berguna untuk mempromosikan suatu acara yang akan dilaksanakan, sehingga membuat orang-orang tertarik untuk mengunjungi acara tersebut. (Lebih lengkapnya baca: Pengertian Brosur Dan Fungsinya).

e. Poster

Selain brosur, contoh media promosi selanjutnya yaitu poster yang banyak di temukan di tempat-tempat umum yang dilalui banyak orang. Poster biasanya berbentuk kertas yang berukuran cukup besar, didalamnya terdapat gambar dan tulisan yang di buat semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian orang-orang untuk melihat dan membacanya. (Lebih lengkap baca: Pengertian Poster: Jenisnya Serta Tujuannya).

f. Papan Reklame

Papan reklame / billboard merupakan bentuk promosi menggunakan layar berukuran besar yang ditempatkan di luar ruangan. Bisa dikatakan juga papan reklame berupa poster dalam bentuk besar yang diletakan cukup tinggi di tempat stategis yang dilalui banyak orang. Papan reklame saat ini terbuat dari logam, fiberglass, plastik, dll.

g. Spanduk

Bisanya spanduk digunakan oleh perusahaan untuk mengenalkan produk maupun jasa yang dijualnya dengan cara ditempatkan pada tepi-tepi jalan raya atau toko pinggir jalan. Spanduk banyak sekali diminati karena pembuatannya lebih cepat, harganya cukup murah dan lebih efektif dalam memasarkan produk. Spanduk umumnya terbuat dari kain yang disablon sedemikian rupa, tapi saat ini banyak yang dibuat dengan menggunakan teknik digital printing karena lebih cepat penyelesaiannya. (Lebih lengkap baca: Pengertian Spanduk Dan Baliho).

Itulah pengertian media promosi beserta tujuan, Fungsi ayau manfaat, sera beberapa contohnya yang dapat kita temukan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan jika ditemukan kesalahan mohon maaf.