Pengertian Game Online serta Jenis, Grafis, dan Cara Bayarnya

Posted on

Ulasan tentang pengertian game online beserta jenis atau kategori, grafis, dan cara pembayaran saat membeli item di dalamnya. Saat ini marak sekali game online yang bisa dimainkan, hal tersebut didukung dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan semakin mudahnya dalam mendapatkan perangkat-perangkat teknologi seperti Personal Komputer, Smartphone, Tablet, hingga Konsol game yang tersambung ke jaringan Internet. Bahkan saat ini bermain game sudah menjadi profesi bagi seseorang dan banyak sekali Kompetisi untuk memeriahkan game tersebut. Dalam dunia video game kompetisi yang diselenggarakan bagi para pemain profesional disebut Esports (Electronic Sports). Jadi tidak hanya menjadi hiburan semata, game juga bisa menjadi ladang untuk menghasilkan pundi-pundi uang, orang yang menjadikan game sebagai profesi disebut dengan Gamer. Seorang gamers professional tentu mereka dapat menghasilkan uang dari Esports, sponsor, bayaran dari tim, dll. tidak sembarangan penghasilannya bisa jutaan hingga milliaran rupiah.

A. Pengertian Game Online

Game dapat diartikan sebagai hiburan, tapi istilah game saat ini sering diartikan dengan video game hal ini Karena semakin pesatnya perkembangan teknologi. Dalam game seorang pemain menggunakan kelincahan intelektualnya pada arena permainan untuk membuat keputusan dan menunjukan aksi permainannya, tentu pemain memiliki target yang ingin dicapai dalam video game yang dimainkannya.

Sementara itu pengertian game online adalah video game yang dapat dimainkan jika perangkat (Komputer, smartphone, tablet, dan konsol game) terhubung ke jaringan Internet. Jadi jika seseorang ingin bermain game maka perangkatnya harus terhubung ke internet kalu tidak kemungkinan besar tidak bisa bermain. Tujuan dibuatnya game online tentunya untuk menghasilkan uang bagi pengembangnya, dan sebagai kepuasan tersendiri bagi para pemain karena bisa bermain dengan banyak orang di seluruh dunia. Dengan bermain video game secara online maka seorang pemain dapat bermain dan terhubung dengan pemain lain dengan begiitu mereka saling berinteraksi dalam bentuk video game. (Baca Juga: Pengertian Online dan Offline).

pengertian game onlien
Sumber gambar: pxhere.com

B. Kategori / Jenis Game Online

Setelah kita mengetahui pengertian game online, berikut ini beberapa jenisnya yang berdasarkan permainannya antara lain:

a. MMOFPS (Massively Multiplayer Online First – Person Shooter Games)

MMOFPS yaitu jenis Video game yang dimainkan secara online dimana seorang player memainkan karakter didalamnya, tentu setiap karakter memiliki skill yang berbeda-beda. Seorang player akan merasakan bahwa dirinya menjadi karakter game tersebut dan berasa sedang di dalam video game. Jenis game MMOFPS biasanya berupa peperangan saling tembak-menembak misalnya seperti Call of Duty, The Ark of Horizon, Counter Strike, Point Blank, dan lain-lain.

Sumber gambar: www.ggwp.id

b. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games)

Seorang player akan memainkan suatu karakter yang berada di dunia fiksi, lalu memerankan peran sesuai alur cerita hingga mengambil keputusan dalam seriap tantangannya. Karakter yang dimainkan bisa terus di kembangkan hingga level tertentu. Selain itu seorang player akan bertemu dengan pemain lain secara online sehingga dapat bermain bersama-sama. Beberapa contohnya seperti Blade & Soul, Liniage, Ach Age, Daragon Nest, World of Warcraft, dan lain-lain. (Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya).

Sumber gambar: www.indogamers.id

c. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

Jenis game online MOBA merupakan jenis video game multiplayer online yang bertema pertarungan di sebuah arena, pada umumnya permainan jenis MOBA memiliki sistem pertarungan 5 vs 5 sehingga diperlukan kerjasama dan strategi untuk memenangkan permainan. Pada MOBA terdapat role yang berbeda-beda pada setiap karakternya, seperti role Marksman yang menggunakan senjata jarak jauh, Fighter untuk pertarungan jarak dekat, yang bertahan melindungin tim disebut Tanker, yang memberi dukungan / menyuplai tim disebut Support, dan yang melakukan penyelinapan untuk mengalahkan musuh secara diam-diam disebut dengan Assasin. Saat ini MOBA sangat diminati banyak Gamers, hingga sering sekali turnament diselengarakan mulai dari tingkat lokal hingga internasional. Contoh game MOBA misalnya: Vainglory, Mobile Legends Bang bang, League of Legend, Dota 2, dan lain-lain.

Sumber gambar: www.wallpapercave.com

d. MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-time strategy games)

Jenis game online MMORTS seorang player harus memiliki strategi yang hebat setiap saat, dimana setiap player harus mengelola dan mengembangkan suatu dunia fiksi misalnya seperti kerajaan. Contohnya seperti game: Age of Empire Online, Warcraft, stormfall age of war, dan lain-lain.

Sumber gambar: www.indogamers.com

e. Battle Royale

Battle royale merupakan video game yang biasanya bertema FPS tapi dipadukan dengan bertahan hidup Survival. Di dalam permainan ini setiap player akan dihadapkan dengan lusinan hingga ratusan player lain pada sebuah arena menyerupai pulau dan lalu saling bertarung satu sama lain hingga tersisa satu player atau satu tim untuk menjadi pemenang. Setiap player memainkan suatu karakter, lalu mencari perbekalan seperti senjata, perlengkapan medis, dan peralatan lain untuk berthan hidup. Disebut dengan Battle Royale karena diambil dari nama Film Jepang tahun 2000 yang bertema sama. Contoh video game Battle Royale misalnya: PUBG, Fortnite, Apex Legends, dan lain-lain.

Sumber gambar: www.indozone.id

F. Cross – Platform Online Play

Saat ini consol game seperti Xbox, playstation, dll. semakin berkembang dan dilengkapi dengan jaringan open source dan memiliki fungsi online sehingga dapat bermain dengan player lain yang menggunakan perangkat berbeda. Game Cross – Platform Online Play yang dapat dimainkan misalnya: Need for speed, Miniecraft, Final Fantasy XIV, Hearthstone, Paladins, dan lain-lain.

Sumber gambar: www.kincir.com

C. Berdasarkan Cara Bayar

Di dalam game online tedapat item yang bisa di dapat secara gratis dengan cara menyelesaikan misi yang telah diberikan, tapi ada juga item yang dapat dibeli menggunakan gold, diamond atau apapun itu yang sudah di tentukan di dalamnya. Berikut jenis pembayaran untuk mendapatkan item dalam game, antara lain:

a. Pay to Play

Jenis game dimana player harus mengeluarkan uang untuk bermain beberapa video game, atau bisa juga dalam hal membeli item tertentu dalam game yang biasanya itu termasuk item langka / premium sehingga level karakter semakin meningkat atau untuk mempercantik tampilan suatu karekter misalnya dengan membeli skin langka / premium yang ada dalam game.

b. Free to Play

Kalau ini sebaliknya dari Pay To Play, pada Free to Play setiap pemain dapat memainkan game secara gratis tapi bisanya selalu di selingi iklan pop up.

Perlu diketahui biasanya suatu game online akan memberikan dua pilihan kepada para player untuk mendapatkan suatu item tertentu yaitu dengan cara gratis misalnya menyelesaikan misi yang sudah di berikan dan dengan cara membayar melakukan Top Up.

D. Berdasarkan Grafis

a. 2 Dimensi (2D)

Biasanya game yang memiliki grafis 2D termasuk game yang ringan sehingga tidak memelukan sistem dengan spek tinggi untuk menjalankannya. Tapi kualitas gambarnya kurang enak dipandang, sehingga sekarang menjadi 2.5D yang dimana karakter yang dibentuk meski 2D tapi memiliki lingkungan yang sudah mengadopsi 3D. Contohnya seperti game: Relic Hunters Legend, Battle Champs, Tree of Savior, Conquer Online, dan lain lain.

c. 3 Dimensi (3D)

Game yang memiliki grafik 3D tentunya memiliki tampilan lebih baik dari 2D, tampilan 3D gambarannya seperti realita dan memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga seluruh arena permainan dapat terlihat, tapi biasanya game yang memiliki grafik tinggi membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi juga untuk menjalankannya, bebrapa contohnya seperti game: PUBG, Counter Strike, Call of Duty, DOTA 2, League of Legends, dan lain-lain. (Baca Juga: Pengertian Grafik dan Contohnya dilengkapi Jenisnya)

Perlu diketahui juga bahwa Grafis suatu game sebenarnya tidak menentukan seru atau tidaknya suatu permainan, kadang grafis 2D / 2.5D pun memiliki game play yang lebih seru.

Demikian pengertian game online dilengkapi dengan jenisnya, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan di atas mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.