Arti Ekspektasi Secara Umum: Manfaat, Tujuan, dan Contohnya

Posted on

Ketahui Arti ekspektasi dilengkapi dengan manfaat atau tujuan dan beberapa contohnya yang dapat terjadi pada diri kita. Apakah kamu pernah berharap akan sesuatu dan berusaha untuk mewujudkan harapan tersebut? Itulah ekspektasi, tentunya hal seperti itu sering dialami oleh setiap orang. Lalu untuk memahaminya secara lengkap baca penjelasannya di bawah ini:

A. Apa pengertian Ekspektasi?

Arti ekspektasi adalah suatu keyakinan yang diharapkan bisa menjadi kenyataan dan berdampak baik atau menguntungkan di masa yang akan datang. Atau pengertian ekspektasi yaitu Harapan yang dianggap akan menjadi suatu kenyataan yang baik di masa depan. Umumnya ekspektasi di buat dengan dasar perhitungan secara rasional tapi bisa juga hanya sekedar angan –angan saja. Tentu untuk mewujudkan Harapan dierlukan usaha keras, yang dimana akan menghasilkan realita (kenyataan) sesuai dengan Harapan atau hasilnya bisa saja berbeda dengan harapan yang di inginkan.

Jadi singkatnya pengertian Ekspektasi yaitu Harapan, Prediksi ataupun perhitungan seseorang terhadap masa depan yang diharapkan bisa menjadi kenyataan, tentunya setiap orang pernah mengalami hal seperti ini mulai dari harapan yang mungkin terwujud hingga tidak mungkin terwujud.

Memiliki ekspektasi tidaklah salah tapi tentu harus yang realistis dan juga harus menyadari kondisi diri sendiri. Jika ekspektasi yang diharapkan tidak menjadi Kenyataan meskipun sudah berusaha keras dan mengerahkan segala cara, kita tidak akan terlalu kecewa jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Pengertian Karir Dan Contohnya.

arti ekspektasi
sumber gambar: pxhere.com

B. Manfaat BerEskspetasi Bagi Diri Kita

Berikut ini merupakan manfaat ekspektasi bagi diri kita, misalnya:

a. Ekspektasi adalah hal yang wajar dan penting

Wajar jika setiap org memiliki harapan, dalam kehidupannya seperti menginginkan karir yang bagus di masa depan, memiliki kendaraan dan rumah sesuai dengan angan-angan di masa depan, dsb.

b. Belajar untuk berharap dan percaya pada diri sendiri

Orang yang berharap akan sesuatu maka harus berusaha keras mewujudkannya, tentu selain dengan berusaha dalam mewujudkan harapannya orang tersebut juga harus percaya pada diri sendiri dan kemampuannya.

c. Tanpa ekspektasi Tidak ada tujuan

Kalau tidak memiliki ekspektasi tentu kita tidak akan memiliki tujuan untuk masa depan kita. Karena yang namanya harapan berguna untuk menimbulkan rasa semangat dalam diri kita dalam mewujudkan harapan tersebut di masa yang akan datang.

Catatah: Perlu diketahui juga bahwa kita harus memiliki ekspektasi atau harapan yang realistis, sehingga kita dapat mengerahkan segala upaya untuk mewujudkannya.

C. Contoh Paragraf Ekspektasi

Setekah mengetahui arti ekspektasi, berikut ini kami berikan beberapa contohnya antara lain:

Contoh Ekspektasi Pertama:

Manager Perusahaan Distributor A memiliki ekspektasi / harapan pertumbuhan margin perusahaannnya dari 5% menjadi 7% saat akhir tahun 2019. Tapi pada kenyataannya harapan tersebut tidak terlaksana, margin hanya mencapai 6% saja, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti konsumen yang membeli produk sedikit, sedikitnya pertambahan konsumen baru di bulan Desember, dan stok produk yang dipesan oleh konsumen kurang lengkap / kosong karena belum ada kiriman untuk pasokan stock. Meski tidak sesuai harapan yang diinginkan tapi hal ini patut di syukuri karena bertambah 1% dari margi sebelumnya.

sumber gambar: radarpekalongan.co.id

Contoh Ekspektasi Kedua:

Seorang anak laki-laki yang baru saja lulus kuliah di usia menjelang 24 tahun, dia berekspektasi setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan swasta. Tapi Hal tersebut tidak dapat terlaksana, dia mendapatkan kerja saat usianya 25 tahun. Lalu dia memiliki harapan saat dia bekerja beberapa tahun jenjang karirnya di perusahaan tersebut bisa semakin membaik dan memiliki jabatan yang cukup tinggi tapi harapannya tidak terlaksana, malah dia keluar dari perusahaan tersebut, lalu dia berharap kembali dan mencoba peruntungan untuk memulai sebuah usahanya sendiri.

Contoh Ekspektasi Ketiga:

Sebuah kesebelasan tim sepakbola pada musim selanjutnya tidak memasang target untuk menjadi juara liga dan hanya menargetkan masuk kedalam 5 besar, dikarenakan berbagai alasan seperti tim baru terbentuk dan pemain baru masih perlu adaptasi. Tapi tak disangka tim tersebut mampu memainkan setiap laga pertandingan dengan hasil yang hampir sempurna, bahkan sering meraih poin penuh baik itu dilaga kandang maupun tandang. Di akhir musim tim tersebut mampu menjuarai liga, dengan hasil tersebut tentu melebihi ekspektasi yang diinginkan sebelumnya.

Baca Juga: Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter.

D. Kesimpulan

Jadi Arti ekspektasi yaitu Harapan yang diinginkan supaya menjadi kenyataan dan untuk mewujudkannya diprlukan usaha. Tapi tidak semua Ekspektasi dapat terwujud sesuai dengan keinginan meski kita sudah berusahan, oleh karena itu boleh saja kita berharap tetapi harus realistis dan jangan terbebani dengan harapan kita sehingga jika tidak menjadi kenyataan kita tidak terlalu kecewa. Manfaat ekspektasi yang realistis yaitu supaya diri kita memiliki tujuan hidup, melatih diri kita untuk selalu berusaha dalam mencapai sesuatu, dan kita bisa percaya pada kemampuan diri kita sendiri.

Itulah penjelasan mengenai pengertian ekspektasi, semoga tulisan singkat ini dapat memberiakan manfaat terutama dalam menambah wawasan. Jika di temukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.