Siklus Batuan dilengkapi: Pengertian, Tahapan Proses, dan Gambar Polanya Secara Umum

Berikut ini pembahasan tentang pengertian siklus batuan (rock cycle) lengkap dengan tahapan proses siklus dan polanya yang dapat kamu pelajari. Batu merupakan benda padat yang terbentuk dari mineral-mineral yang terdapat di dalam permukaan bumi, banyak sekali jenis batuan di bumi ini. Perlu di ketahui juga bahwa batu memiliki siklus juga, dimana penjelasannya dapat kamu pahami di bawah ini.

A. Penjelasan Rock Cycle

Pengertian siklus batuan adalah sebuah proses yang memberikan gambaran tentang perubahan magma yang mambeku akibat pengaruh penurunan suhu hingga mengeras menjadi batuan (Sedimen dan Metamorf), lalu batuan tersebut akhirnya mencair akibat pengaruh kenaikan suhu dan menjadi magma kembali.

Batuan beku disebut juga dengan batuan Gunung Berapi karena terbentuk dari magma yang mengalami pendinginan dan kristalisasi, setelah mengeras menjadi batu akan mendekat / bermigrasi ke permukaan bumi dengan berbagai macam cara, diantaranya dengan cara denudasi dan tektonik.

Saat magma mengalami proses mendinginan terjadi kristalisasi menjadi batuan beku lalu mengalami pelapukan menjadi butiran material halus dan terangkut oleh aliran air sungai, gletser, angin serta terendapkan disuatu tempat. Semakin lama endapan tersebut akan mengeras dan menjadi batuan sedimen, dan perlu diketahui sekitar 70% batuan di bumi merupakan jenis sedimen.

Sumber gambar: pxhere.com

Ada juga batuan beku yang mengalami perubahan bentuk akibat pengaruh tekanan dan temperatur suhu, batuan ini disebut metamorf. Proses geologis seperti pelipatan tektonik dan patahan akan menggerakan panas bumi maupun tekanan yang berpengaruh pada batuan beku, sehingga mengakibatkan perubahan terhadap batuan tersebut.

Batuan beku berasal dari magma yang dimana proses terbentuknya telah dijelaskan di atas, adapun jenis batuan beku menurut tempat pembekuannya antara lain:

a. Batuan Beku Dalam

Proses tempat pembekuannya terjadi di dalam permukaan bumi, karena dekat dengan magma maka proses pembekuannya tergolong lambat.

b. Batuan Beku Korok / Gang

Proses pembekuannya terjadi dekat kerak bumi, atau di celah-celah kerak bumi. Proses pembekuan dan pengkristalannya tergolong sangat cepat karena penurunan suhu yang terjadi mendekati permukaan bumi.

c. Batuan beku luar

Proses pembekuan magma terjadi di permukaan bumi. magma yang keluar sampai ke permukaan bumi akan mengalami pembekuan dan pengkristalan dengan cepat karena pengaruh penurunan suhu yang cepat di permukaan bumi.

B. Tahapan Pola Siklus Batuan

Berikut ini merupakan rangkuman tahapan pola siklus batuan, antara lain:

a. Tahap Kristalisasi / Pembekuan Magma

Magma yang berasal dalam bumi mengalami penurunan suhu, sehingga mengeras, mengkristal dan terbentuklah batuan pertama yang dikenal sebagai batuan beku.

b. Tahapan Pelapukan

Magma yang mengeras akan mengalami proses seperti terkena cahaya matahari, pengaruh cuaca, pengaruh suhu, dan pengaruh organisme sehingga terjadi pelapukan. (Baca Juga: Pengertian Pelapukan Dan Jenisnya Pada Batuan)

pola siklus batuan

Gambar Pola Siklus Batuan (Sumber gambar: dokumen pribadi)

c. Tahapan Erosi

Butiran-butiaran material dari pelapukan akan larut dan terbawa oleh berbagai media seperti aliran sungai, gletser, angin, dsb.

d. Tahapan Pengendapan

Butiran material halus yang terbawa oleh aliran sungai, gletser, angin, dll akan mengendap di suatu tempat. Semakin lama endapan tersebut akan semakin menumpuk, mengeras dan menjadi batuan Sedimen. (Baca Juga: Pengertian Batuan Sedimen)

e. Tahapan Perubahan Bentuk Pada Batuan (Metamorf)

Batu sedimen bisa saja masuk kedalam perut bumi akibat proses pelipatan, dan tektonik, lalu mendapatkan pengaruh dari tekanan dan temperatur suhu sehingga berubah bentuk menjadi batuan Metamorf. (Baca Juga: Pengertian Batuan Metamorf)

f. Tahapan Kembali Menjadi Magma

Batu yang masuk ke dalam perut bumi lalu terkena suhu panas yang tinggi akan kembali mencair dan kembali menjadi magma.

C. Kesimpulan Pembahasan

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertia siklus batuan yaitu proses yang menggambarkan perubahan batuan yang berasal dari magma yang mengalami pembekuan menjadi batu hingga menjadi magma kembali.

Semua jenis batuan yang terdapat pada uraian di atas dapat kembali ke dalam perut bumi yang disebabkan oleh gaya tektonik, batu sedimen dan metamorf yang sudah berada dibagian dalam bumi akan terkena tekanan dan mengalami peningkatan suhu yang ekstrim lalu mencairkan batu tersebut sehingga menjadi magma kembali.

Jika dirangkum tahapan siklus pada batuan seperti: Magma yang membeku dan mengkristal (menjadi batuan beku) > Lalu mengalami pelapukan dan erosi > Hasil pelapukan dan erosi terbawa oleh media seperti aliran air sungai, gletser, angin dsb. dan mengendap sehingga menjadi batuan sedimen > Batu sedimen yang terpengaruh oleh tekanan dan temperatur suhu tinggi akan berubah menajdi batuan Metamorf > Batu metamorf yang masuk kedalam perut bumi akan terkena suhu panas ekstrim lalu mencair dan menjadi magma kembali.

Akhir kata…, itulah pengertian siklus batuan yang dilengkapi dengan tahapan prosesnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih banyak.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Siklus Batuan dilengkapi: Pengertian, Tahapan Proses, dan Gambar Polanya Secara Umum"

Pengertian NPWP Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap
Hampir semua orang sudah pernah mendengar istilah
Pengertian PPN beserta: Kategori Barang Mewah dan Cara Menghitung Pajaknya
Bagi sebagian besar warga Indonesia harus mengetahui
Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi