Tanah Regosol dilengkapi Pengertian, Persebaran, Ciri-Ciri, Jenis, dan Pemanfaatannya Oleh Petani

Inilah pengertian tanah regosol yang dilengkapi persebaran, ciri-ciri, jenis, dan manfaatnya. Banyak sekali ragam tanah di bumi ini salah satunya yang dinamakan Regosol yang bisa ditemukan di lereng gunung berapi. Lalu pada kesempatan kali ini kami alan memeberikan penjelasannya secara lengkap, yang dimana dapat kamu baca di bawah ini.

A. Apa Pengertian Tanah Regosol?

Yang dimaksud dengan Tanah Regosol adalah tanah berupa butiran kasar yang bersumber dari erupsi gunung berapi. Regosol termasuk salah satu jenis tanah vulkanik, karena Material pembentuknya bersumber dari erupsi gunung berapi yaitu berupa abu dan pasir vulkanik. Kita dapat menemukannya di sekitar lereng gunung berapi. Karena memiliki unsur hara yang bagus maka sering digunakan sebagaian petani untuk bercocok tanam. Sebenarnya Persebaran Tanah Regasol terdapat di setiap pulau yang memiliki gunung api, di Indonesia tersebar di beberapa pulau seperti di pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Pantai Sumatra Barat, dsb.

Karena unsur hara yang dimilikinya bagus maka tingkat kesuburannya pun bagus juga, maka tanah ini cocok digunakan sebagai lahan pertanian khususnya untuk bercocok tanam kelapa, palawija, tebu, tembakau, dsb. Itulah sebabnya kenapa tanah di sekitar lereng gunung berapi sangat subur dan sering digunakan untuk lahan pertanian. Baca Juga: Tanah Vulkanik dilengkapi Pengertian, Ciri, Jenis, dan Manfaatnya.

tanah regosol

Sumber gambar: 8villages.com

B. Ciri-Ciri Tanah Regasol

Berikut ini ciri tanah regasol yang dapat kita ketahui, diantaranya:

  1. Materialnya pembentuknya berasal dari erupsi gunung berapi, berupa abu, pasir, kerikil, dll.
  2. Secara umum warnanya bisa bervariasi mulai dari kemerahan, kekuning-kuningan, hingga keabu-abuan.
  3. Sebagain besar teksturnya kasar / memiliki butiran yang kasar.
  4. Memiliki unsur hara dan tingkat kesuburan yang bagus.
  5. Umumnya kandungan bahan organiknya Rendah.
  6. Memiliki daya serap air yang baik.
  7. Terdapat di lereng gunung berapi.
  8. Peka terhadap erosi.

C. Jenis-Jenis Tanah Regosol

Berdasarkan bahan induk pembentuknya jenis tanah regosol dibagi kedalam 2 (dua) macam, diantaranya:

a. Regosol Abu Vulkanik

Bahan pembentuknya sebagian besar berupa abu vulkanik yang dikeluarkan gunung berpi saat terjadi erupsi. Berikut ciri-cirinya:

  1. Tanah ini berupa materi vulkanik dari erupsi gunung api yang sebagain besarnya berupa abu.
  2. Banyak mengandung unsur hara yang bermanfaat untuk tanaman, tapi masih kurang unsur N sehingga diperlukan pupuk organik untuk membuatnya lebih subur.
  3. Umumnya material kasar berada di tengah-tengah wilayah, sedangkan bahan halus berada di tepi wilayah.
  4. Jika bentuknya semakin halus maka akan semakin produktif.

b. Regosol Bukit Pasir

Sebagian besar bahahan pembentuknya berupa pasir yang dikeluarkan gunung berapi saat mengalami erupsi. Berikut ciri-cirinya:

  1. Umunya terdapat di sepanjang pantai.
  2. Mudah diolah karena bentuknya berupa pasir kasar.
  3. Jika teksturnya semakin halus maka usianya semakin tua.
  4. Tekstur Pasirnya semakin jauh dari garis pantai akan semakin Halus, jika semakin dekat dengan garis pantai terksturnya akan semakin kasar.

D. Pemanfaatan Tanah Regosol

Banyak sekali di bumi ini jenis-jenis tanah yang memiliki karakteristik atau sifatnya masing-masing. Ada tanah yang cocok digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan, tapi ada juga yang cocok untuk dibagun bangunan seperti gedung, infrastruktur, dll. Salah satu jenis tanah yaitu Regosol yang memiliki kelebihan dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman, meski tidak semuah jenis tanaman cocok di tanam di tanah regosol. Karena kesuburan dan kandungan unsur hara yang dimilikinya bagus maka banyak petani mengolah regosol untuk dijadikan lahan atau media untuk bercocok tanam, adapun tanaman yang sering ditanam misalnya palawija, tebu, tembakau, kelapa, dll. Baca Juga: Tanah Aluvial dilengkapi Pengertian, Ciri, Pemanfaatan, dan Persebarannya.

E. Kesimpualan Pembahasan

Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian tanah regosol adalah tanah yang berupa butiran kasar bersumber dari erupsi gunung berapi. Regosol termasuk salah satu jenis tanah vulkanik, karena Material pembentuknya bersumber dari erupsi gunung berapi.

Cirinya seperti: 1). Materialnya pembentuknya dari erupsi gunung berapi, berupa abu, pasir, kerikil, dll. 2). Memiliki butiran yang kasar. 3). Memiliki tingkat kesuburan yang bagus. 4) Daya serap air yang baik, 5) Mudah erosi.

Adapun jenisnya dibagi menjadi 2 (dua) macam yaitu regasol abu vulkanik yang sebagain besar pembentuknya berupa abu vulkanik. Dan regasol pasir yang sebagain besar pembentuknya berupa pasir.

Dan manfaat tanah regosol yaitu dapat digunakan sebagai lahan atau media untuk bercocok tanam, seperti untuk menanam palawija, kelapa, tebu, tembakau, dll.

Akhir kata…, Itulah tulisan yang menjelaskan tentang pengertian tanah regosol, semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Jika di temukan beberapa kesalahan mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Tanah Regosol dilengkapi Pengertian, Persebaran, Ciri-Ciri, Jenis, dan Pemanfaatannya Oleh Petani"