Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, dan Contohnya Secara Umum

Memahami pengertian geopolitik dilengkapi dengan konsep, peranan, dan contohnya yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia – Setiap negara pasti menjalankan atau menerapkan teori tertentu dalam menjalankan politik Internasionalnya, hal ini sangat penting untuk politik internasional. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan memahami bersama-sama tentang Geopolitik, yang penjelasannya dapat kamu baca di awah ini.

A. Penjelasan Utama

Kata Geopolitik berasal dari dua kata yaitu “Geo” dan “Politik”, jika diartikan “Geo” artinya “bumi” dan kata “Politik” berasal dari bahasa Yunani yaitu “Politeia” yang dapat di artikan sebagai rangkaian asas, keadaan, cara-cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Jika dalam artian luas Geopolitik memfokuskan hubungan antara politik dan teritori wilayah dalam skala lokal maupun skala internasional, atau mencangkup segala pemakaian kekuatan politik terhadap suatu wilayah. Di dalamnya terdapat kebijakan-kebijakan luar negri yang berupa memahami, menjelaskan, dan memperkirakan segala prilaku politik internasional dalam variabel geografi. Greografi disini umumnya merujuk kepada lokasi suatu negara secara geografis, dan meliputi segala kepentingan politik internasional.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Pengertian Geopolitik adalah hubungan antara politik dan teritori wilayah baik itu dalam skala lokal maupun Internasional. Atau arti geopolitik yaitu sistem politik dan segala peraturan yang wujudnya berupa kebijaksanaan maupun strategi nasional dimana kepentingannya memfokuskan pada pertimbangan geografi, wilayah atau teritorial suatu negara.

B. Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Cara pandang suatu bangsa dalam memandang tanah air dan lingkungannya akan mewujudkan wawasan nasional. Selanjutnya wawasan nasional tersebut akan menjadi visi bagi bangsa tersebut dalam mencapai tujuan utamanya.

Pengertian geopolitik

sumber gambar: freepiker.com

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya maupun lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah, mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi ataupun kelompok dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia yang didefinisikan sebagai cara pandangdang maupun sikap bangsa Indonesia mengenai dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan Falsafah Pancasila dan UUD 1945. Lebih Lengkapnya Baca: Wawasan Nusantara dilengkapi Pengertian, Tujuan, Unsur, Fungsi, Kedudukan, Aspeknya dan Implementasinya.

C. Konsep Geopolitik Indonesia

Sudah dijelaskan di atas bahwa konsep dasar geopolitik bangsa Indonesia yaitu Wawasan Nusantara yang didalamnya memuat visi nasional untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam berbagai bidang. Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional yang berdasarkan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, merupakan cara pandang maupun sikap dari bangsa Indonesia terhadap dirinya maupun lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Cara pandang tersebut diantaranya mencangkup politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan nasional.

Dari pengertian geopolitik dan wawasan nusantara maka dapat disimpulkan bahwa Bangsa Indonesia menyatakan bahwa Pancasila dan Undang-Undnag Dasar 1945 sebagai dasar dalam menentukan pandangan politik saat dihadapkan dengan berbagai kondisi kedudukan wilayah geografis negara Indonesia, artinya bangsa Indonesia ingin menjamin bahwa kepentingan bangsa dan negara menjadi yang paling utama dalam perkembangan politik Internasional.

D. Peranan Geopolitik

Berikut ini peranan geopolitik secara umum bagi suatu negara, diantaranya:

  1. Berusaha untuk menghubungkan kekuasaan suatu negara dengan potensi sumber daya alam yang tersedia.
  2. Untuk menghubungkan segala kebijakan pemerintahan dengan situasi maupun kondisi alam.
  3. Untuk menentukan bentuk & corak politik Internasional maupun dalam negri.
  4. Menentukan pokok-pokok arah tujuan negara, misalnya seperti memfokuskan pada pembangunan.
  5. Sebagai upaya dalam meningkatkan kedudukan suatu negara di mata internasional.
  6. Untuk menghindari dan menyelesaikan masalah sengketa wilayah dengan negara tetangga.

E. Contoh Geopolitik

Berikut ini beberapa contoh geopolitik yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, diantaranya:

a. Blok Ambalat

Letak wilayah Blok ambalat yaitu di selat makasar dan laut sulawesi, luas wilayah blok ambalat sekitar 15.235 km2. Wilayahnya berupa lautan tapi terdapat potensi Sumber Daya Alam yang besar sekali, yaitu melimpahnya kandungan minyak bumi. Indonesia dan Mayalsia kerap mengalami sengketa mengenai wilayah ini, Malaysia ingin mendapatkan Blok Ambalat karena kandungan minyak buminya yang melimpah, mereka manganggap bahwa itu merupakan wilayah miliknya padahal milik Indonesia. Tapi pemerintah Indonesia dengan segala cara akan terus mempertahankan wilayah Blok Ambalat, salah satunya dengan cara melakukan penjagaan dan operasi penyisiran supaya pihak Malaysia tidak membuat ulah kembali.

b. Kepulauan Natuna

Indonesia melakukan protes saat wilayah Natuna yang menjadi kepulauan Riau mendadak muncul di peta terbaru Laut China. Saat ini Natuna merupakan wilayah kabupaten di Indonesia yang berdiri tahun 1999. Klaim sepihak oleh China membuat Indonesia naik pitam, apalagi beberapa saat yang lalu China melakukan klaim sepihak juga terhadap kepulauan Spratly dan Paracel yang merupakan bagian dari wilayah negara Filipina. Lalu pemerintah Indonesia melakukan protes dan terus mengusahakan segala upaya termasuk perundingan terhadap klaim sepihak yang dilakukan China terhadap kepulauan Natuna.

c. Batik Indonesia Yang Di Klaim Negara Lain

Contoh lainnya seperti saat sengketa kebudayaan Indonesia yaitu kain Batik yang di klaim oleh Malaysia. Tentu saja Pemerintah Indonesia tidak diam saja dengan klaim yang dilakukan oleh Malaysia, pemerintah Indonesia -pun segera mendaftarkan Batik ke dalam jajaran Representative List of Intangible Cultural. Heritage UNESCO. Lalu UNESCO –pun menetapkan bahwa Batik merupakan budaya Indonesia dan warisan dunia. Sejak tahun 2009 tepatnya pada tanggal 02 Oktober ditetapkan menjadi hari Batik Nasional. Baca Juga: Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya.

F. Kesimpulan

Jadi pengertian geopolitik yaitu sistem politik yang berwujud berupa kebijaksanaan maupun strategi nasional dimana kepentingannya memfokuskan pada pertimbangan geografi, wilayah, atau territorial suatu negara.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia yaitu merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan-kesatuan bangsa beserta wilayah, mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi ataupun kelompok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila & UUD 1945.

Wilayah negara Indonesia terdiri dari darat, laut dan udara dipandang sebagai ruang hidup yang satu dan utuh. Wawasan nusantara dipandang sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan lingkungannya, sehingga menjadi teori geopolitik bagi Indonesia.
Contoh geopolitik yang pernah dilakukan pemerintah Indonesia misalnya saat berupaya menyelesaikan sengketaa wilayah dengan negara lain seperti sengketa Pulau Sipadan, Pulau Ligitan, Blok Ambalat, dan Kepulauan Natuna.

Akhir Kata . . . Saat ini geopolitik sangat penting sekali terutama bagi suatu bangsa dan negara. Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus mempelajari dan memahami betapa pentingnya Wawasan Nusantara, dengan begitu kita dapat memahami dan menanggapi secara bijak dalam melihat fenomena politik luar negri yang dilakukan oleh Pemerintah, misalnya seperti dalam menyelesaikan sengketa dengan negara lain. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, dan Contohnya Secara Umum"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang
Keseimbangan Lingkungan dilengkapi: Pengertian, Suksesi, dan Segala Upaya Pelestariannya
Berikut pengertian keseimbangan lingkungan dilengkapi dengan pengertian,