Pengertian Ekonomi Kreatif dilengkapi Karakteristik, Ciri, Manfaat, Contoh dan Pentingnya Bagi Indonesia

Inilah pengertian ekonomi kreatif yang dilengkapi dengan karakteristik, ciri-cirinya, manfaat, contoh dan betapa pentingnya bagi Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bersama-sama mengenai ekonomi kreatif yang menjadi salah satu faktor penting sebagai penggerak perekonomian suatu negara, berikut ini penjelasannya.

A. Apa Pengertian Ekonomi Kreatif?

Asal mula dikenalnya Ekonomi Kreatif secara universal yaitu saat terbitnya sebuah buku pada tahun 2001 yang berjudul “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas” oleh John Howkins. Howkins menulis sebuah buku ketika melihat gelombang ekonomi terbaru yang berbasis kreativitas pada tahun 1997 di Amerika Serikat, dimana kreativitas tersebut menghasilkan berbagai produk HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang nilainya mencapai 141 Milliar Dollar sehingga menjadikan HKI menjadi ekspor nomer 1 negara Amerika Serikat.

Pengertian ekonomi kreatif adalah konsep yang mengutamakan pengetahuan, ide, dan kreativitas dalam menggerakan perekonomian. Saat ini ekonomi kreatif menjadi suatu konsep yang dapat menarik bagi negara di seluruh dunia, maka tak heran jika banyak ahli melakukan banyak kajian mengenai ekonomi kreatif untuk mengembangkan dan memajukan suatu ekonomi negara. Sumber Daya Manusia yang unggul merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi ini. Perkembanagan ekonomi dunia juga tak lepas dari pengaruh semakin majunya teknologi. Biasanya penggerak perekonomian suatu negara sebagian besar mengandalkan Sumber Daya Alam, tapi semakin berkembangnya jaman saat ini mengandalkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas.

ekonomi kreatif

Sumber gambar: pixabay.com

B. Karakteristik Ekonomi Kreatif

Berikut ini karakteristik Ekonomi Kreatif, diantaranya:

  1. Ide, gagasan, dan kreativitas merupakan unsur yang paling utama.
  2. Dapat dikembangkan di berbagai bidang usaha dan tidak memiliki batasan.
  3. Konsep yang dibuat dan dikembangkan merupakan konsep relatif.
  4. Merupakan kolaborasi antar cendikiawan di dunia usaha sebagai pencetus ide dan gagasan dengan pemerintahan.

C. Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Berikut ini beberapa ciri ekonomi kreatif, diantaranya:

  1. Hasilnya merupakan produk-produk yang menampilkan keunggulan ide dan kreatifitas, seperti desain dan bentuk produknya menampilkan kreativitas yang khas. Sehingga keunggulan ide tersebut menjadi nilai tambah pada produk yang dihasilkan.
  2. Pengembangan ekonomi yang berdasarkan pada ketermpilan, kreativitas maupun bakat yang dimiliki setiap individu yang membuat suatu produk menjadi bernilai ekonomis.
  3. Ekonomi kreatif memiliki siklus hidupnya singkat, margin tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan relatif mudah untuk di tiru.

D. Manfaat Ekonomi Kreatif

Setelah mengetahui pengertian ekonomi kreatif dan cirinya, silahkan pahami juga manfaatnya sebagai berikut ini:

1. Cepat Berkembangnya Inovasi Baru

Karena mengndalkan ide dan kreativitas di bidang ekonomi, maka tidak akan memberikan batasan kepada seseorang untuk menjalankan bisnisnya. Banyaknya ide baru yang muncul tentu saja membuat masyarakat mudah untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya.

2. Terbukanya Lapangan Kerja Baru

Karena banyaknya inovasi baru yang muncul dalam dunia bisnis, maka akan menciptakan banyak produk baru tentu hal ini akan semakim membuka lapangan kerja baru dan menyerap banyak tenaga kerja sehingga angka pengangguran semakin berkurang.

3. Manusia Semakin Kreatif dan Inovatif

Perkembangan perekonomian semakin maju, hal ini akan semakin menuntut manusia terus berfikir semakin kreatif dan inovatif. Dengan adanya ekonomi kreatif maka manusia akan berusaha keras untuk menemukan beragam ide dan gagasan baru yang berbeda dengan yang lain.

4. Persaingan Semakin Kompetitif

Karena berkembangnya perekonomian maka akan banyak pembisnis baru yang bermunculan dalam dunia ekonomi, mereka akan bersaing untuk menciptakan bisnis yang berpotensi untuk mencapai kesuksesan. Hal ini akan membuat persaingan semakin ketat / lebih kompetitif.

5. Semakin Meningkatnya Kualitas Produk

Kualitas produk juga akan semakin membaik, karena efek persaingan yang kompetitif. Setiap pembisnis tentu akan meningkatkan produknya supaya lebih baik dari pembisnis lain. Karena masyarakat juga semakin sadar bagaimana memilih produk yang aman dengan kualitas yang baik serta dengan harga yang terjangkau.

E. Contoh Ekonomi Kreatif

Berikut ini beberapa contoh ekonomi kreatif yang dapat kita temui secara mudah, misalnya:

1. Arsitektur

Hasilnya kreatifitas arsitektur seperti bentuk / desain bangunan dan gedung-gedung yang unik. Misalnya di luar negri seperti gedung Burj Khalifa, Sydney opera house, dll. Hal ini membuat para arsitek semakin bersaing membuat rancangan banguna dengan bebagai inovasi baru dengan bentuk yang unik.

3. Kuliner

Kreatifitas di dunia kuliner sangat potensialnya, saat ini banyak sekali bermunculan jenis kuliner baru di Indonesia. Hal seperti ini dapat mengunda wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Contoh kuliner Indonesia yang go internasional seperti Rendang dan Sate.

3. Kerajinan

Merupakan produk dari ekonomi kreatif yang sering di temui di mana saja, kerajinan tangan yang berkualitas dan terlihat professional dapat menghasilkan devisa bagi negara. Seperti beberapa kerajinan yang terbuat dari kayu, rotan, batu, tanah liat, dan logam. Hasil kerajina seperti patung, meja, kursi, ukiran kaligrafi, peralatan rumah tangga, tas anyaman, topi anyaman, dll.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum.

Baca Juga: Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya.

4. Film dan Fotografi

Saat ini dunia perfilman negara Indonesia semakin maju, buktinya banyak film Indonesia yang di apresiasi masyarakat luar negri misalnya The Raid, Pengabdi Setan, dsb. Beberapa aktor Indonesia -pun banyak yang bermain di film-film Hollywood, karena hal tesebut nama Indonesia semakin terkenal di perfilman Internasional. Tentu saja hal ini bisa menjadi lahan bisnis untuk meningkatkan perekonomian negara. Selain film, saat ini profesi fotografi juga sudah di tekuni banyak orang khususnya anak muda. Hasil fotografi bisa di jual, di jadikan untuk pameran, untuk foto di media seperti Koran dan majalah.

5. Software Komputer dan Video Games

Produk digital seperti softwere komputer dan web memiliki peranan penting dalam dunia perekonomian, misalnya game online, took online, aplikasi layanan online seperti Ruang Guru, Gojek dan uber.

Baca Juga: Pengertian Perangkat Lunak Atau Software Komputer.

Banyak sekali develover yang mengembangkan video game, mulai dari berbasis game offline maupon online. Industri game saat ini semakin berkembang, banyak sekali kompetisi profesionalnya. Perlu di ketahui juga saat ini Games (pemain game) sudah menjadi profesi yang banyak di tekuni.

6. Fashion

Fashion merupakan salah satu ekonomi kreatif yang paling banyak di tekuni saat ini. Banyak bermunculan perancang busana baik itu dari dalam negri maupun luar negri bersaing untuk menciptakan busana yang bagus, inovatif, unik dan biasanya selalu dipertunjukan dalam acara fashion show.
Banyak juga yang menjual hasil dari ekonomi kreatif jenis fashion ini, sudah tak terhitung jumlahnya. Pakaian yang beragam bentuk, perpaduan corak, perpaduan warna, dll. sehingga menarik para pembeli.

Baca Juga: Pengertian Fashion Secara Umum Terlengkap.

7. Musik

Musik salah satu ekonomi kreatif yang mudah di temui, banyak musisi yang bersaing membuat musik yang berkualitas sehingga bisa di terima masyarakat. Genre musik misalnya seperti Dangdut, Pop, Rock, Reggae, Musik tekno, dan lain-lain. Seniman yang terjun ke dunia permusikan mendapatkan penghasilan dari pertunjukan di televisi, siaran radio, unduhan secara online yang legal, penjualan kaset cd, atau tour konser ke berbagai wilayah. Dengan musik pun devisa negara dapat meningkat, misalnya musik yang terkenal dan fenomenal seperti Despacito yang menurut beberapa informasi membuat parawisata negara Puerto Rico meningkat sebanyak 45%.

8. Penerbitan dan percetakan

Buku seperti novel yang terkenal dan menjadi best seller akan meningkatkan perekonomian maupun mengangkat industri percetakan. Majalah dan buku lainnya juga penting bagi percetakan karena jika penjualannya meningkat akan semakin mendatangkan keuntungan.

F. Apa Pentingnya Ekonomi Kreatif Bagi Indonesia?

Berikut ini seberapa pentingnya ekonomi kreatif bagi negara Indonesia, misalnya:

  1. Berkontribusi terhadap perekonomian nasional, jika produk-produknya di ekspor maka akan meningkatkan devisa negara
  2. Dengan produk yang berkualitas maka citra bangsa Indonesi semakin meningkat di dunia Internasional.
  3. Merupakan sumber daya yang terbarukan, maksudnya karena ide kreatif terus bermunculan maka produk baru-pun akan semakin bermunculan.
  4. Dapat mengembangkan bisnis UKM, karena bisnis ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki ide kreatif.
  5. Dengan banyaknya pembisnis tentu akan meningkatkan produksi suatu produk, maka dibutuhkan tenaga kerja yang banyak, dengan begitu angka pengangguran dan kemiskinan semakin berkurang.

Akhir kata… itulah penjelasan tentang pengertian ekonomi kreatif dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Cukup sekian dan terimakasih telah membacanya.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Ekonomi Kreatif dilengkapi Karakteristik, Ciri, Manfaat, Contoh dan Pentingnya Bagi Indonesia"

Awan Cumulus dilengkapi: Pengertian, Ciri, Proses Terbentuk, dan Jenisnya
Berikut ini pengertian awan cumulus yang dilengkapi
Awan Nimbostratus dilengkapi: Pengertian, Dampak, Ciri-Ciri, dan Jenisnya
Inilah pengertian awan nimbostratus yang dilengkapi dengan